10 Tips Aman Menggunakan Internet di Tempat Umum (Wi-Fi Umum)

 Admin |  Update 15 April 2017 |   0 Comment
Tips Aman Menggunakan Internet di Tempat Umum (Wi-Fi Umum)

Ketika Anda berada di tempat umum seperti Cafe atau Bandara, dan membutuhkan koneksi internet, tentunya fasilitas Wi-Fi gratis merupakan salah satu solusi terbaik. Namun sebelum menggunakannya, Anda harus tahu bahwa jaringan Wi-Fi gratis di tempat umum sangatlah beresiko.

Saat ini, Anda dapat menemukan jaringan Wi-Fi gratis di mana-mana, dan Anda bahkan dapat mencarinya dengan muda sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan aplikasi seperti Wi-Fi Finder. Namun perlu diingat bahwa hacker jahat memiliki beberapa cara untuk mendapatkan informasi sensifit anda ketika menggunakan jaringan Wi-Fi umum.

Nah, untuk menghindari hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi, sebaiknya para pengguna internet mengetahui bagaimana cara menggunakan internet dengan aman, terutama saat menggunakan jaringan Wi-Fi gratis di tempat umum. Berikut 10 tips aman menggunakan Internet di tempat umum.

1. Gunakan Internet dengan Bijak

Tips aman menggunakan Internet di tempat umum yang pertama dan paling dasar, di luar software yang menjanjikan untuk melindungi privasi dan data sensitif anda, adalah menggunakan internet dengan bijak. Jangan melakukan transaksi bank, belanja, membayar tagihan, atau kegiatan sensitif lainnya saat menggunakan Wi-Fi gratis di tempat umum.

Mungkin hari itu merupakan hari yang baik untuk membaca Berita, nonton Youtube, atau membaca Blog favorit Anda, tetapi mungkin bukan waktu yang terbaik untuk melakukan kegiatan yang sensitif seperti transaksi bank, belanja, membayar tagihan, atau kegiatan sensitif lainnya. Ingat baik-baik! jaringan Wi-Fi gratis di tempat umum, seperti layanan Wi-Fi gratis cafe atau bandara, sangat rentan disadap oleh hacker atau pihak-pihak tertentu.

Tentu saja, jika Anda memiliki metode khusus untuk mengamankan diri seperti yang akan Jejak Waktu sebutkan dibawah maka anda bisa merasa lebih tenang. Tapi ingat, Anda harus tetap hati-hati saat menggunakan Wi-Fi di tempat umum.

2. Gunakan VPN (Virtual Private Network)

Tips aman menggunakan Internet di tempat umum yang keduan adalam menggunakan VPN. Saat menggunakan internet, sangat disarankan untuk menggunakan VPN, apalagi saat Anda mengakses internet menggunakan jaringan Wi-Fi gratis di temapat umum.

Dengan menggunakan VPN saat mengakses internet, maka data sensitif dan privasi anda akan aman, meskipun Anda mengakses internet menggunakan Wi-Fi gratis di tempat umum.

Tetapi ingat, tidak ada sistem yang sempurna, begitu juga dengan sistem keamanan yang ditawarkan VPN, jadi Anda tetap harus berhati-hati.

Baca Apa itu VPN untuk lebih jelasnya.

3. Gunakan Password yang Kuat untuk Komputer dan Akun Anda

Tips aman menggunakan Internet di tempat umum selanjutnya adalah menggunakan password yang kuat untuk komputer dan akun. Pastikan Anda menggunakan password (kata kunci) yang kuat untuk komputer anda, begitu juga dengan akun-akun anda seperti email, social media, internet banking, dan akun-akun lainnya.

Selain itu, Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun anda. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan. Misalnya bila salah satu akun anda diretas maka akun yang lain akan tetap aman karena menggunakan password yang berbeda.

Jika Anda mempunyai akun yang banyak, dan takut jika anda akan lupa password-nya, maka anda bisa menulis dan menyimpannya di aplikasi Microsoft Office Word. Untuk amannya, gunakan password pada file Word sehingga hanya anda yang bisa membuka file tersebut. Jangan lupa, simpan file tersebut di tempat yang menurut anda paling aman.

Lalu bagaimana password yang kuat ? Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan spesial karakter, serta panjang minimal 8 karakter. Misalnya pa$$w0rd4myC0MPUT3R.

4. Pastikan Tidak Ada yang Melihat Keyboard Komputer Anda Saat Memasukkan Password

Ketika anda ingin login dan memasukkan password, pastikan tidak ada orang yang melihat keyboard komputer anda, meskipun itu adalah teman dekat Anda. Ini untuk jaga-jaga karena suatu saat teman anda bisa saja menghianati anda. Kan terkadang ada teman makan teman.

5. Hati-Hati Saat Menerima E-Mail yang Tidak Dikenal, Jangan Sembarang Meng-Klik Link yang Ada Pada E-Mail

Tetap hati-hati terhadap setiap email yang masuk, terutama yang mencurigakan dan pengirimnya anda tidak tahu. Jangan meng-klik sembarang link yang ada pada email karena salah satu cara favorit hacker adalah mengirim link (berupa text atau gambar) yang menarik pembaca, dan saat anda meng-klik link tersebut maka komputer anda akan secara otomatis men-download dan menjalankan malware (program jahat seperti Virus, Trojan, Spyware, dll) tersebut.

6. Pastikan Sistem Operasi dan Software Keamanan Komputer Anda Up to Date

Lakukan update terhadap sistem operasi dan software keamanan komputer Anda secara teratur. Ada banyak ancaman baru (seperti celah keamanan pada sistem operasi, atau virus baru) yang ditemukan setiap menitnya, jadi sangat penting untuk meng-update sistem operasi dan software keamanan komputer Anda.

Selain itu, software keamanan saat ini telah tersedia untuk semua jenis perangkat, baik itu komputer, tablet, maupun smartphone. Jadi Anda tidak memiliki alasan untuk tidak menggunakan atau meng-update software keamanan perangkat anda.

7. Matikan Wireless Komputer Anda saat Tidak Digunakan

Saat Anda tidak membutuhkan koneksi jaringan Wi-Fi, sebaiknya matikan wireless komputer anda agar tidak mencari jaringan Wi-Fi secara otomatis dan acak. Langkah ini akan meminimalisir kemungkinan kebocoran data dan membantu untuk menghemat daya baterai perangkat anda.

8. Pilih Jaringan Secara Manual

Jika Anda menggunakan komputer berbasis Windows, maka setiap kali komputer akan terkoneksi ke jaringan Wi-Fi baru, Anda bisa memilih untuk terhubung secara otomatis ketika jaringan Wi-Fi tersedia atau memilih secara manual.

Nah, pastikan Anda memilih jaringan secara manual, begitu juga dengan smartphone Anda. Bila perlu, klik “forget” untuk memastikan bahwa perangkat anda tidak akan tersambung kembali secara otomatis.

9. Hanya Akses Website yang Menggunakan SSL (Secure Sockets Layer)

Website yang menggunakan SSL ditandai dengan adanya tulisan “https” pada URL website dan disamping kiri URL terdapat gambar gembok (biasanya berwarna hijau). SSL akan mengenkripsi data yang anda kirim dan terima ke/dari website yang anda akses.

Bila memungkinkan, gunakan Plugin tertentu. Misalnya untuk anda pengguna browser Google Chrome, Firefox dan Opera, gunakan ekstensi HTTPS Everywhere dari Electronic Frontier Foundation (EFF).

10. Bawa Wi-Fi Anda Sendiri

Cara terbaik agar terhindar dari bahaya penggunaan jaringan yang tidak aman seperti jaringan Wi-Fi gratis di tempat umum adalah tidak menggunakannya sama sekali. Tentu saja ini bukanlah cara yang sebenarnya untuk membuat Anda tetap aman saat menggunakan jaringan Wi-Fi umum, tetapi jika Anda ingin sepenuhnya terhindar dari bahaya Wi-Fi umum maka bawalah Wi-Fi anda sendiri.

Anda bisa menggunakan mobile hotspot seperti Mi-Fi yang saat ini sedang tren, tidak hanya di Indonesia tapi juga diseluruh dunia.


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.