Tes Kecepatan Internet: Ketahui Secepat Apa Koneksi Internet Anda yang Sebernarnya

 Zhul Al Gray |  Update 4 March 2017 |   0 Comment
tes kecepatan internet

Tes kecepatan internet anda ! karena seringkali kecepatan internet tinggi yang di tawarkan ISP (Internet Service Provider) melalui iklan-iklan mereka jauh berbeda dengan apa yang sebenarnya kita dapatkan.

Seringkali perusahaan penyedia layanan internet menawarkan kecepatan internet yang sangat tinggi memalui iklan produk mereka untuk menarik perhatian calon pelanggan. Namun pada kenyataannya, tidak sedikit dari pelanggan yang merasa kecewa dan mengeluh setelah menggunakan produk tersebut karena apa yang pelanggan dapatkan tidak sesuai dengan apa yang ISP tawarkan sebelumnya.

Misalnya saja produk yang ditawarkan beberapa ISP seperti Smartfren, XL, Three, Esia, Telkomsel dan beberapa provider internet baru-baru ini. Kecepatan Internet yang tinggi dan Kuota Unlimited yang mereka tawarkan terdengar sangat menggiurkan, namun tidak sedikit dari pelanggan jaringan GSM dan CDMA ini yang mengeluh dengan kecepatan internet mereka yang sangat-sangat lambat dan jauh dari iklan yang pernah di janjikan masing-masing operator.

Tidak hanya pada pengguna modem berbasis GSM dan CDMA saja, pengguna modem Dial-Up seperti (Speedy) juga sering mengalami hal yang sama.

Sebenarnya, ada banyak hal yang dapat mempengaruhi kecepatan internet, seperti spesifikasi Komputer/Smartphone yang kita gunakan, kualitas Modem, Sinyal yang lemah (posisi jauh dari BTS atau berada di dalam ruangan yang memiliki dinding tebal), dan beberapa hal lainya.

Namun banyak juga kasus dimana pelanggan sudah memiliki perangkat komputer atau smartphone yang bagus dan mengeluarkan banyak uang untuk membeli modem yang canggih tetapi kecepatan internet yang mereka dapatkan masih jauh dari apa yang telah dijanjikan ISP.

Apakah anda pelanggan baru atau pelanggan lama pada ISP, sebaiknya melakukan tes kecepatan internet, Tes ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah kecepatan internet yang kita gunakan di rumah, di kantor atau dimanapun kita menggunakan akses internet, sudah sesuai dengan kecepatan internet yang di tawarkan oleh provider internet kepada kita karena kadangkala apa yang di tawarkan di iklan jauh berbeda dengan apa yang sebenarnya kita dapatkan.

Dengan mengetahui kecepatan internet yang kita dapatkan dari suatu ISP (Internet Service Provider), kita bisa membandikangnya dengan kecepatan internet yang telah di tawarkarkan oleh ISP sebelumnya, dan apabila tidak sesuai dengan yang diharapkan maka kita bisa mengambil tindakan, misalnya melaporka ke ISP yang berangkutan terkait keluhan tersebut atau beralih ke ISP lain yang mungkin lebih baik.

Step by Step Tes Kecepatan Internet

Untuk melakukan tes kecepatan internet, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Speedtest.net lalu klik tombol “BEGIN TEST”.

tes kecepatan internet

2. Setelah proses tes selesai maka akan muncul hasil kecepatan Download, Upload dan PING seperti pada gambar dibawah.

tes kecepatan internet

Saya sarankan untuk melakukan tes beberapa kali dan mencoba beberapa server yang berbeda dengan cara meng-klik tanda “Titik” pada Peta.

Selain Speedtest.net, ada beberapa website lain yang bisa anda gunakan untuk mengetahui kecepatan internet anda seperti Fast.com, Speedof.me dan Speedof.me.


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.