10+ Situs Terbaik dan Terpercaya untuk Mencari Lowongan Kerja di Indonesia

 Zhul Al Gray |  Update 29 September 2017 |   0 Comment
Situs Terbaik dan Terpercaya untuk Mencari Lowongan Kerja di Indonesia

Apakah Anda sedang mencari lowongan kerja di media cetak? Jika YA, upaya itu baik. Namun akan lebih baik lagi jika Anda mencarinya juga di Internet. Mengapa? Karena banyak situs yang menyediakan informasi lowongan kerja. Dengan demikian, Anda akan memiliki banyak pilihan dan tidak akan ketinggalan informasi lowongan kerja terbaru yang sesuai dengan minat atau latar belakang pendidikan Anda.

Dari sekian banyak situs lowongan kerja yang ada di Internet, hanya ada beberapa situs yang memberikan informasi yang akurat dan terpercaya. Berdasarkan riset kecil yang penulis lakukan maka penulis menyarankan 10 situs terbaik dan terpercaya untuk mencari lowongan kerjar di Indonesia dibawah ini yang bisa Anda jadikan rujukan.

1. JobStreet (JobStreet.co.id)

Situs terbaik dan terpercaya untuk mencari lowongan kerja pertama adalah JobStreet.co.id. Situs ini sangat populer di kalangan para pencari kerja di Indonesia. Situs JobStreet.co.id adalah bagian dari JobStreet.com yang didirikan di Malaysia pada tahun 1995. Meskipun didirikan di Malaysia, JobStreet banyak menyediakan informasi lowongan kerja di negara-negara asia lainnya, seperti Indonesia, Singapura, Vietnam, Jepang, dan Filipina.

JobStreet yang saat ini telah berusia 10 tahun memiliki banyak sekali mitra di berbagai negara, mulai dari negara Australia hingga Afrika. Tak heran jika JobStreet mengklaim diri sebagai situs rekrutmen online terbaik dan terpercaya di Asia Pasifik karena mereka menyediakan banyak sekali informasi lowongan kerja yang berkualitas dan akurat dari mitra mereka.

Cara menggunakan situs JobStreet sangatlah mudah

  • Langkah pertama adalah mendaftar di situs JobStreet.co.id. Anda bisa mendaftarkan diri dengan menggunakan akun Facebook,
  • Langkapi data diri dan resume di akun JobStreet (nama lengkap, alamat, latar belakang pendidikan, dan lain-lain),
  • Mulai mencari informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan latar belakang pendidikan Anda.

2. JobsDB (id.jobsdb.com)

Situs terbaik dan terpercaya untuk mencari lowongan kerja ke-2 adalah JobsDB.com. Situs yang bermarkas di Hongkong ini didirikan pada tahun 1998 dan menjadi situs pencarian lowongan kerja terfavorit di Asia pada saat itu. JobsDB memberikan informasi lowongan kerja di beberapa negara di kawasan Asia, diantaranya Indonesia, Tiongkok, Singapura, Thailand, Filipina, dan Malaysia.

JobsDB memiliki fitur yang cukup canggih yang akan memudahkan penggunanya untuk mencari informasi tentang lowongan kerja. Pengguna bisa mencari lowongan pekerjaan berdasarkan lokasi, fungsi, dan industri bisnis sesuai dengan yang diinginkan.

Selain itu, Pengguna juga bisa mencari lowongan kerja berdasarkan gaji yang diinginkan. Misalnya Anda mencari pekerjaan dengan kisaran gaji Rp 5 juta hingga Rp 10 juta, maka situs ini akan menampilkan lowongan kerja dengan kisaran gaji tersebut.

Yang membuat situs JobsDB unik adalah adanya informasi lowongan kerja yang berhubungan dengan PNS (Pegawai Negeri Sipil). Selain itu, JobsDB juga menyediakan aplikasi mobile untuk memudahkan Anda yang terbiasa menggunakan smartphone.

3. Neuvoo (neuvoo.com)

Neuvoo merupakan mesin pencari lowongan kerja yang mengumpulkan lowongan kerja secara langsung dari sumber online dan membuatnya dapat diakses di satu situs (neuvoo.com) dengan mudah dan cepat. Bisa dikatakan, Neuvoo seperti mesin pencari Google tetapi situs ini khusus untuk mencari lowongan kerja.

Di Neuvoo, Anda dapat mencari sekitar 20 juta lowongan pekerjaan di lebih dari 60 negara, menggunakan Kalkulator Gaji, yang memungkinkan pengguna menghitung Gaji bersih mereka; serta Tool Gaji, yang memungkinkan pengguna mencari gaji rata-rata untuk pekerjaan apa pun.

Jika Anda ingin mempersempit pencarian lowongan kerja, misalnya hanya di Indonesia atau bahkan hanya di kota tertentu misalnya Jakarta, maka anda hanya perlu memasukkan kata kunci berupa nama negara atau nama kota dimana anda ingin mencari lowongan kerja. Selain itu Anda juga bisa melakukan pencarian berdasarkan Date, Field, Company, Source, dan Radius.

Meskipun memiliki fitur-fitur canggih yang jarang ditemukan di situs pencari kerja lainnya, Neuvoo memiliki tampilan yang sangat sederhana sehingga memudahkan para pencari lowongan kerja untuk menggunakannya.

4. Karir (karir.com)

Situs terbaik dan terpercaya untuk mencari lowongan kerja ke-4 adalah Karir.com. Situs ini didirikan pada tahun 1998 oleh PT. Karir Komunika Pratama yang berlookasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Situs yang dipimpin oleh Dino Martin (mantan Vice President Sales and Marketing BMW Indonesia) ini sangat populer di kalangan pencari kerja di Indonesia.

Sama seperti situs lowongan kerja lainnya, Karir.com menawarkan fitur pencarian lowongan kerja berdasarkan kota (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makasar, Medan), industri (banking, retail, manufacturing, etc), nama perusahaan, dan kata kunci tertentu yang diketikkan oleh pengguna. Situs ini juga bisa menemukan lowongan kerja berdasarkan posisi, dan juga gaji.

Situs Karir.com telah diakuisisi oleh EMTEK Group dan dikembangkan lebih profesional. Saat ini Karir.com telah bekerjasama dengan banyak perusahaan besar penyedia lowongan kerja, dan juga bekerjasama dengan beberapa universitas ternama di Indonesia.

5. Jobs (jobs.id)

Situs terbaik untuk mencari lowongan kerja ke-5 adalah Jobs.id. Halaman depan situs ini memiliki tampilan yang sederhana, namun bila kita masuk ke dalamnya maka akan menemukan informasi lapangan pekerjaan yang lengkap dan disusun berdasarkan industri bisnisnya.

Para pencari kerja bisa mencari lowongan pekerjaan berdasarkan lokasi (misalnya Medan, Bali, Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Batam, Balikpapan, dan kota besar lainnya), berdasarkan industri, berdasarkan posisi, berdasarkan perusahaan, dan berdasarkan bidang.

Selain itu, pencarian lowongan kerja di Jobs.id bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur pencarian. Anda bisa mengetikkan nama pekerjaan yang sedang dicari dan kota di kotak pencarian, lalu klik enter. Nanti akan muncul banyak lowongan pekerjaan berdasarkan kata kunci. Situs Jobs.id bisa digunakan dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Inggris.

6. Loker (loker.id)

Situs terbaik untuk mencari lowongan kerja ke-6 adalah loker.id. Berada di bawah naungan CV. Jemari, situs Loker.id yang berdiri sejak tahun 2007 ini pernah mengklaim diri sebagai pionir lokal di ranah informasi lowongan kerja di Indonesia.

Di loker.id, kita bisa menemukan ratusan lowongan kerja terbaru dan terpercaya yang masuk setiap harinya. Semua lowongan kerja tersebut sudah melalui proses screening dan diperiksa secara manual oleh tim redaksi Loker, sehingga keabsahan dan keakuratannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Di situs ini Anda bisa mencari lowongan pekerjaan dengan mengetikkan kata kunci (posisi/nama perusahaan) di bagian kotak pencarian, lalu memilih Lokasi. Selain itu, para pencari kerja bisa langsung mengirimkan resume-nya di situs Loker.id. Ini menjadi keuntungan bagi pencari kerja dan juga perusahaan pencari tenaga kerja karena perusahaan pencari tenaga kerja bisa langsung melihat resume Anda melalui situs Loker.

7. Kompas Karier (kompaskarier.com)

Situs terbaik untuk mencari lowongan kerja ke-7 adalah kompaskarier.com. Pertamakali membaca situs Kompas Karier, mungkin yang terlintas di pikiran kita adalah lowongan kerja dan pengembangan karir di perusahaan Kompas. Tapi sayangnya bukan seperti itu. Perusahaan besar di bidang media ini ternyata merambah dunia lowongan pekerjaan dengan mendirikan Kompas Karier.

Di situs Kompaskarier.com kita bisa menemukan banyak informasi lowongan pekerjaan terbaru, lowongan kerja pilihan, dan juga berbagai artikel tips pengembangan karier. Di situs ini juga kita bisa melihat lowongan kerja yang paling banyak dilihat dan paling banyak diminati oleh para pencari kerja.

Situs ini bisa digunakan secara gratis oleh perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja dan juga para pencari kerja. Uniknya ketika kita ingin memasang lowongan kerja, akan diarahkan ke situs Urbanhire.com.

8. Jobindo (JobIndo.com)

Situs terbaik untuk mencari lowongan kerja ke-8 adalah JobIndo.com. Situs Jobindo.com mulai beroperasi sejak tahun 2005 silam. Dengan tagline “Cara cepat cari kerja”, Jobindo menjadi salah satu situs lowongan kerja yang sangat banyak dikunjungi oleh para pencari kerja di Indonesia.

Di bawah naungan PT. Jobindo Indonesia, situs Jobindo.com menawarkan fitur pencarian info lowongan kerja yang bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja. Pada halaman utama situs ini, kita bisa melihat informasi lowongan pekerjaan terbaru serta lowongan kerja berdasarkan lokasi dan kategori industri.

Selain itu, situs Jobindo.com juga memiliki fitur “Lowongan Kerja Premium”. Fitur ini menampilkan lowongan pekerjaan untuk posisi-posisi tertentu pada perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia.

9. Urbanhire (Urbanhire.com)

Situs terbaik untuk mencari lowongan kerja ke-9 adalah Urbanhire.com. Startup ini didirikan dan dikembangkan oleh 3 orang profesional yang ahli di bidang masing-masing. Mereka adalah Hengki sebagai CTO, Benson Kawengina sebagai CEO, dan Jepri Sinaga sebagai SVP Produk & Engineering.

Awalnya situs Urbanhire hanya menampilkan informasi lowongan kerja dari beberapa perusahaan yang merupakan rekanan mereka. Namun pada perkembangannya, startup teknologi yang menghadirkan layanan rekrutmen pegawai berbasis software dan aplikasi ini berkembang menjadi salah satu perusahaan yang bergerak di bidang aplikasi penyedia informasi lowongan kerja ternama di Indonesia.

Di situs Urbanhire.com kita bisa melihat banyak info lowongan pekerjaan terbaru yang selalu uptodate. Selain itu, situs ini juga memberikan berbagai tips bermanfaat yang berhubungan dengan pekerjaan dan pengembangan karir. Tidak selesai sampai di sana, Urbanhire juga telah meluncurkan Urbanhire Search, yaitu produk agregator untuk lowongan kerja yang ditawarkan secara online.

10. Indeed (Indeed.com)

Situs terbaik untuk mencari lowongan kerja ke-10 adalah Indeed.com. Situs Situs ini merupakan mesin pencari lowongan kerja global. Kabarnya situs ini sudah beroperasi di enam puluh negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Tampilan situs ini sangat sederhana dan sangat mudah digunakan. Pada halaman utama situs ini perhatian kita akan tertuju pada dua kotak pencarian yaitu kotak untuk memasukkan jabatan, kata kunci, atau nama perusahaan, kotak untuk memilih lokasi. Fitur ini akan sangat membantu para pencari kerja untuk menemukan informasi lowongan pekerjaan yang mereka butuhkan.

Di situs ini kita akan bisa menemukan lowongan kerja dari partner Indeed.com. Selain itu, disebutkan juga bahwa Indeed memiliki fitur agregator yang memungkinkan situs ini untuk melakukan pencarian informasi lowongan kerja dari tempat lain, misalnya laman karir di situs perusahaan, surat kabar, dan lain-lain.

11. JobPlanet (jobplanet.com)

Situs terbaik dan terpercaya untuk mencari lowongan kerja terakhir adalah JobPlanet.com. Situs ini merupakan platform sosial bagi para pencari kerja dan juga karyawan perusahaan. JobPlanet.com digunakan untuk saling berbagi informasi yang berhubungan dengan dunia kerja. Informasi yang bisa didapatkan di situs ini adalah seputar gaji, kisi-kisi wawancara, informasi umum tentang perusahaan, hingga budaya kerja yang ada di sebuah perusahaan.

Layanan Jobplanet pertamakali dikembangkan di Korea, yaitu pada tahun 2014 lalu. Perusahaan yang memiliki jaringan internasional ini terus berkembang menjdai salah satu situs terpercaya bagi mereka yang mencari lowongan pekerjaan.

Salah satu kelebihan dan menjadi kekuatan situs Jobplanet adalah adanya kombinasi input data yang bisa dilakukan oleh para pegawai/karyawan dari berbagai perusahaan. Selain itu, para karyawan yang berhasil masuk ke sebuah perusahaan bisa memberikan review terhadap lowongan kerja yang dilamarnya. Tentu saja hal ini bisa memberikan informasi tambahan bagi para pencari lowongan kerja lainnya, dan bisa menjadi tolak ukur tim HRD dalam memantau tingkat kepuasan para karyawan yang mereka rekrut.


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.