Sistem Operasi (Operating System, OS) Komputer

 Zhul Notes |  Update 19 May 2017 |   2 Comments
pengertian sistem operasi os

Sistem Operasi (OS) adalah perangkat lunak (software) sistem yang mengelola sumber daya perangkat keras (hardware) komputer dan perangkat lunak, dan menyediakan layanan umum untuk program komputer. Semua program komputer, tidak termasuk firmware, memerlukan sistem operasi agar bisa berfungsi.

Pada komputer, sistem operasi merupakan perangkat lunak yang paling penting. Perangkat lunak ini berada di lapisan pertama pada memori komputer (memori yang dimaksud adalah hard disk, bukan RAM), sedangkan perangkat lunak lainnya seperti Program Aplikasi berjalan diatas sistem operasi.

Pada komputer desktop dan laptop, sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah Microsoft Windows dengan pangsa pasar sekitar 82%, OS X oleh Apple Inc di tempat kedua (9,8%), dan Linux berada di posisi ketiga (1,5%).

Fungsi Sistem Operasi

Setelah mengetahui pengertian sistem operasi komputer, sekarang mari kita lihat apa fungsinya.

Fungsi sistem operasi (OS) komputer adalah mengatur semua perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer. Sistem operasi melakukan tugas-tugas dasar, seperti mengenali input dari keyboard, mengirimkan output ke layar, melacak file dan direktori pada hard disk, dan mengendalikan perangkat periferal seperti printer.

Sering kali, ada beberapa program komputer yang berjalan pada saat yang bersamaan, dan program-program ini perlu mengakses Central Processing Unit komputer (CPU), memori, dan penyimpanan. Pada kasus seperti ini, sistem operasi akan mengkoordinasikan semua program untuk memastikan setiap program mendapatkan apa yang dibutuhkan.

Sistem operasi juga memungkinkan pengguna (user) untuk berkomunikasi dengan komputer tanpa harus mengerti bahasa komputer.

Jenis-jenis Sistem Operasi

Hal terakhir yang perlu anda tahu selain pengertian sistem operasi komputer dan fungsinya adalah jenis-jenis sistem operasi itu sendiri.

Biasanya, sistem operasi sudah ter-install di komputer yang anda beli, dan kebanyakan orang menggunakan sistem operasi bawaan saat komputer pertamakali di beli. Tetapi sistem operasi bawaan komputer dapat di upgrade atau bahkan diubah. Adapun sistem operasi yang paling umum digunakan pada komputer pribadi adalah Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux.

Sistem operasi modern seperti tiga sistem operasi diatas menggunakan sebuah Graphical User Interface (GUI). GUI memungkinkan user menggunakan mouse untuk mengklik icon, tombol dan menu, dan semuanya ditampilkan pada layar menggunakan kombinasi grafis dan teks dengan jelas.

Setiap GUI sistem operasi memiliki tampilan dan cara pemakaian yang berbeda, jadi jika Anda beralih ke sistem operasi yang berbeda maka pada awalnya mungkin akan terasa asing atau aneh. Bagaimanapun juga, sistem operasi modern dirancang agar mudah digunakan, dan sebagian besar prinsip-prinsip dasarnya juga sama.

Berikut tiga sistem operasi komputer yang paling populer dan paling umum digunakan oleh pengguna komputer:

Microsoft Windows

sistem operasi komputer windows

Microsoft menciptakan sistem operasi Windows pada pertengahan 1980-an. Selama beberapa tahun ini, ada banyak versi windows yang telah dikembangkan, dan yang terbaru adalah Windows 10 (dirilis pada tahun 2015), Windows 8 (2012), Windows 7 (2009), dan Windows Vista (2007). Windows biasanya diinstal atau disertakan pada kebanyakan komputer baru, sehingga membantu membuat windows menjadi sistem operasi terpopuler di dunia.

Mac OS X

sistem operasi komputer mac os x

Mac OS X merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple. Sistem operasi ini di-install pada semua komputer Macintosh baru. Semua versi terbaru dikenal sebagai OS X, dan versi tertentu diantaranya Sierra (dirilis pada tahun 2016) El Capitan (2015), Yosemite (2014), Mavericks (2013), Mountain Lion (2012), dan Lion (2011).

Menurut StatCounter Global Stats, pengguna Mac OS X diseluruh dunia kurang dari 10%, jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan pengguna Windows (lebih dari 80%). Salah satu alasannya adalah karena komputer Apple cenderung lebih mahal. Namun, banyak orang yang lebih suka tampilan dan nuansa Mac OS X bila dibandingkan dengan Windows.

Linux

sistem operasi komputer linux

Linux merupakan keluarga sistem operasi open-source, yang berarti bahwa mereka dapat dimodifikasi dan didistribusikan oleh siapa saja di seluruh dunia. Hal ini berbeda dengan software yang memiliki hak paten seperti Windows, yang hanya dapat dimodifikasi oleh perusahaan yang memilikinya. Kelebihan linux adalah karena sistem operasi ini gratis, dan ada banyak distribusi linux yang berbeda yang bisa anda pilih.

Menurut StatCounter Global Stats, pengguna Linux diseluruh dunia kurang dari 2%. Namun, sebagian besar komputer server menggunakan Linux karena relatif mudah diatur dan tangguh.


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait