Pengertian Peripheral Komputer, Fungsi dan Hal Penting Lainnya

 Zhul Al Gray |  Update 4 March 2017 |   1 Comment
pengertian peripheral komputer fungsi dan hal penting lainnya

Peripheral (lengkapnya Peripheral Device) adalah perangkat tambahan yang digunakan untuk memasukkan dan mendapatkan informasi ke/dari komputer. Katakanlah Anda baru saja membeli sebuah komputer baru, dan dengan penuh semangat Anda membongkar dan mengatur semuanya. Hal pertama yang Anda ingin lakukan adalah mencetak beberapa foto keluarga. Jadi Anda kembali ke toko untuk membeli Printer. Printer tersebut dikenal sebagai Peripheral.

Peripheral komputer merupakan sebuah perangkat yang terhubung ke komputer tetapi bukan bagian dari inti arsitektur komputer. Adapun elemen inti sebuah komputer adalah CPU (central processing unit), power supply, motherboard dan Case komputer. Secara teknis, segala sesuatu selain ketiga komponen inti ini dianggap sebagai perangkat peripheral. Namun hal ini merupakan pandangan yang agak terbatas karena beberapa elemen lainnya juga diperlukan agar komputer benar-benar berfungsi, seperti hard drive dan RAM (random-access memory).

Kebanyakan orang menggunakan istilah peripheral yang lebih umum untuk merujuk ke perangkat yang ada diluar case komputer. Anda menghubungkan perangkat ke komputer untuk memperluas fungsi sistem. Misalnya sebuah printer, setelah printer terhubung ke komputer maka Anda akan bisa mencetak dokumen.

Cara lain untuk memahami apa itu perangkat peripheral adalah bahwa mereka tergantung pada sistem komputer. Misalnya, sebagian besar printer tidak bisa berbuat banyak secara sendiri, mereka hanya dapat berfungsi ketika terhubung ke sistem komputer.

Jenis-Jenis Perangkat Peripheral

Ada banyak perangkat peripheral yang berbeda, tetapi dapat dibagi ke dalam tiga kategori umum sebagai berikut:

  1. Perangkat Input, seperti mouse dan keyboard.
  2. Perangkat Output, seperti monitor dan printer.
  3. Perangkat Penyimpanan, seperti hard drive atau flash drive.

Beberapa perangkat tergolong ke dalam lebih dari satu kategori. Misalnya drive DVD-ROM, Anda dapat menggunakannya untuk membaca data atau musik (input), dan Anda juga dapat menggunakannya untuk menulis data ke DVD (output).

Perangkat peripheral dapat berupa Eksternal atau Internal. Misalnya, printer merupakan perangkat eksternal yang terhubung menggunakan kabel, sedangkan optical disc drive biasanya terletak di dalam case komputer.

Oleh karena itu, konsep tentang apa itu “peripheral” yang sebenarnya tidak begitu pasti. Untuk komputer desktop, keyboard dan monitor dianggap sebagai peripheral karena Anda dapat dengan mudah menghubungkan dan melepaskan-nya dan bahkan menggantinya jika diperlukan. Namun untuk komputer laptop, komponen-komponen ini dibangun di dalam sistem komputer dan tidak dapat dilepaskan dengan mudah.

Istilah “peripheral” juga tidak berarti bahwa itu tidak penting untuk fungsi komputer. Beberapa perangkat seperti printer dapat dilepaskan dan komputer akan tetap bekerja dengan baik. Namun, melepaskan monitor sebuah komputer desktop akan membuatnya menjadi tidak bisa digunakan.

Contoh Perangkat Peripheral

CPU (The central processing unit), motherboard dan power supply merupakan inti sistem komputer. Expansion slot (slot ekspansi) pada motherboard membuat komputer dapat terhubung ke peripheral internal seperti video card dan sound card. Beberapa peripheral internal penting lainnya adalah hard disk drive dan optical disk drive. Peripheral input eksternal adalah scanner, monitor layar sentuh, keyboard dan mouse. Peripheral output eksternal adalah speaker, dan printer.

Ada banyak contoh peripheral seperti microphone, webcam, headphone, hard disk drive eksternal dan flash drive. sebagian besar komputer menggunakan setidaknya beberapa perangkat peripheral ini. Peripheral internal terhubung ke motherboard secara langsung menggunakan beberapa jenis slot pada motherboard.

Perangkat eksternal dapat dihubungkan dengan komputer menggunakan koneksi wired (kabel) atau wireless (nirkabel). Seperti namanya, koneksi wired menggunakan kabel yang perlu dicolokkan ke komputer menggunakan konektor. Konektor yang paling banyak digunakan secara luas adalah USB (Universal Serial Bus), tetapi beberapa jenis lainnya juga digunakan, tergantung pada sistem komputer dan jenis peripheral.

Koneksi wireless tidak memerlukan sebuah kabel. Koneksi wireless yang paling banyak digunakan adalah Bluetooth dan Wifi. Bluetooth sangat baik digunakan untuk jarak yang sangat pendek, jadi peripheral seperti mouse dan keyboard wireless biasanya menggunakan koneksi bluetooth, sedangkan Wifi baik untuk jarak yang lebih jauh. Jika anda memiliki jaringan wireless di rumah atau kantor, anda bisa mencetak secara wireless dengan printer jika printer juga terhubung ke jaringan.

KESIMPULAN

Peripheral komputer dapat memperluas fungsi komputer, beberapa peripheral sangat penting untuk komputer agar berfungsi dengan benar seperti monitor dan keyboard, sedangkan peripheral lainnya memiliki tujuan yang lebih khusus tetapi memungkinkan Anda untuk melakukan lebih banyak hal dengan komputer anda.

 

KEMBALI KE ARTIKEL UTAMA

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.