Perbedaan Sistem Operasi Windows 32 Bit dan 64 Bit, Pilih Mana ?

 Zhul Al Gray |  Update 4 March 2017 |   0 Comment
perbedaan sistem operasi windows 32 bit dan 64 bit

Dalam dunia komputer, ada 2 versi Bit pada Sistem Operasi Komputer yang pastinya anda sering dengar, yaitu 32 Bit (juga dikenal dengan istilah x86) dan 64 Bit (juga dikenal dengan istilah x64). Bila disuruh untuk memilih diantara keduanya, Anda mungkin akan lebih memilih untuk menginstal versi 64 bit karena melihat angka 64 yang lebih tinggi dari 32, namun selain berpegang pada filosofi “Lebih besar lebih baik”, akan lebih baik dan bijak jika anda juga tahu perbedaan sistem operasi windows 32 bit dan 64 bit. Pertanyaannya adalah, “yang mana yang sebaiknya saya gunakan ?, dan mengapa ?”. (Artikel ini akan fokus pada sistem operasi Windows)

Banyak pengguna komputer yang memilih untuk menginstal sistem operasi windows 64 bit dibandingkan dengan 32 bit pada komputer mereka, namun mereka tidak benar-benar pahan perbedaan diantara keduannya. Maka pada artikel ini, saya akan membahas perbedaan sistem operasi windows 64 bit dan 64 bit sehingga anda bisa memahami apa yang bisa dilakukan sistem opesisi yang terinstal di komputer anda.

Versi Apa yang Terinstal di Komputer Saya ?

Untuk mengetahui versi apa yang terinstal di komputer anda, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan:

1. Cara yang paling mudah adalah dengan menekan tombol Windows + Pause pada keyword, atau

2. Klik kanan pada icon Windows lalu pilih System, atau

3. Masuk ke Control Panel > System and Security > System.

Pada jendela System, disamping kanan System Type akan tercantum “32-bit Operating System” untuk versi 32 bit, dan “64-bit Operating System” jika komputer anda menjalankan versi 64 bit. Berikut contoh jendela System yang akan menunjukkan versi bit dari system operasi anda.

Jendela System Windows 10

 

Note: Perlu diingat bahwa untuk menjalankan sistem operasi 64 bit, CPU anda harus mendukung 64 bit.

Perbedaan Sistem Operasi Windows 32 Bit dan 64 Bit

Berikut perbedaan sistem operasi windows 32 bit dan 64 bit yang sangat penting dan sebaiknya anda ketahui.

Berapa Batas Memory 32 Bit ?

Pada sistem operasi windows versi 32 bit, pemasangan RAM (Random Access Memory) terbatas hingga 4096 MB (kira-kira 4 GB), hal ini disebabkan karena ruang 32 bit tidak akan mengizinkan lebih dari itu.

Selain itu, perangkat anda seperti kartu video, BIOS motherboard, juga akan mengambil ruang yang sama di RAM 4 GB, yang berarti sistem operasi windows bahkan akan mendapatkan ruang penyimpanan yang kurang dari 4 GB.

Ahli windows Mark Russinovich menemukan bahwa Komputer Desktop yang menggunakan sistem operasi windows 32 bit dengan 4 GB RAM dan 2 kartu Video 1 GB hanya memiliki 2,2 GB RAM yang tersisa untuk sistem operasi windows itu sendiri, jadi semakin besar dan baik kartu video (VGA) anda, maka akan semakin sedikit ruang RAM yang tersisa untuk sistem operasi komputer anda.

Bagaimana dengan 64 Bit ?

Bila sistem operasi windows 32 bit hanya dapat mengakses 4 GB RAM, Mesin 64 bit dapat mengakses hingga 17,2 MILIAR GB memory sistem. Hal ini juga berarti bahwa kartu video Anda dan perangkat lainnya tidak akan mencuri ruang Memory yang dapat digunakan Sistem Operasi Komputer.

Windows 10 64-bit edisi Home masih terbatas hingga 128 GB RAM karena alasan perizinan, namun Windows 10 versi Professional dan Enterprise dapat menggunakan hingga 512 GB RAM.

Apakah Aplikasi 32 bit bisa berjalan pada 64 bit ?

Meskipun ada perbedaan antara sistem operasi windows 32 bit dan 64 bit, namun sebagian besar aplikasi 32 bit anda akan berjalan dengan baik pada windiows 64 bit. Tetapi ada beberapa pengecualian, seperti driver perangkat 32 bit dan sistem aplikasi tingkat rendah seperti Antivirus, ekstensi shell yang ditancapkan ke windows, dan beberapa aplikasi media tidak akan berjalan bila tidak mendukung 64 bit.

Versi mana yang harus saya gunakan ?

Jika anda ingin menjalankan Software/aplikasi yang membutuhkan RAM tinggi, kartu video/VGA tinggi seperti aplikasi untuk mengolah gambar, video atau game yang berat, maka anda akan membutuhkan windows versi 64 bit. Namun jika anda hanya akan menggunakan aplikasi ringan seperti aplikasi untuk mengolah dokumen, maka versi 32 bit sudah cukup.

 

Demikian penjelasan tentang perbedaan sistem operasi windows 32 bit dan 64 bit, Jika anda menyukai artikel ini, jangan lupa di share, Thanks.

Related Post


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Related Post


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *