Perbedaan Quick Format dan Format, Mana yang Lebih Bagus ?

 Admin |  Update 11 April 2017 |   0 Comment
Perbedaan Quick Format dan Format, Mana yang Lebih Bagus ?

Sebelum melakukan format pada Hard Disk atau Flash Disk, Anda akan diberikan dua pilihan yaitu Quick Format (Format Cepat) dan Format (Format Penuh). Saat dihadapkan dengan dua pilihan ini, seringkali pengguna kebingungan karena tidak tahu apa perbedaan quick format dan format, mereka tidak tahu yang mana yang mereka harus pilih pada saat itu.

Dalam keadaan bingung, akhirnya mereka asal pilih, sebagian orang memilih Quick Format, dan sebagian lagi memilih Format. Padahal ada perbedaan mendasar antara Quick Format dan Format. Pada artikel ini, Jejak Waktu akan menjelaskan perbedaan Quick Format dan Format, dan mana yang lebih bagus diantara keduanya.

File System dan Cara Kerjanya

Sebelaum masuk ke pembahasan perbedaan Quick Format dan Format, Jejak Waktu akan membahas sedikit tentang apa itu file system dan bagaimana cara kerjanya.

File System adalah metode bagaimana file diberi nama dan dimana mereka ditempatkan secara logis untuk penyimpanan dan pengambilan. Dengan kata lain, File System merupakan metode untuk mengatur file pada perangkat penyimpanan.

Bagaimana cara kerja File System ? Ketika sebuah file dihapus dari perangkat penyimpanan seperti Hard Disk atau Flash Disk, sebenarnya file tersebut belum terhapus sepenuhnya (file masih ada di perangkat penyimpanan, hanya saja tersembunyi sehingga tidak terlihat oleh pengguna). Lalu ketika anda menambahkan sebuah file baru, barulah file yang lama akan diganti dengan file yang baru.

Perbedaan Quick Format dan Format

Bila Anda memilih untuk melakukan Format (Format Penuh) pada Drive (atau Partisi), file akan dihapus sepenuhnya dari Drive yang Anda format dan perangkat penyimpanan akan di scan untuk memeriksa bad sector. Bad sector adalah suatu tanda yang menyatakan bahwa ada bagian tertentu pada perangkat penyimpanan yang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa digunakan.

Proses scan bad sector inilah yang membuat proses Format lebih lama bila dibandingkan dengan Quick Format.

Bagaimana dengan Quick Format ? Bila Anda memilih untuk melakukan Quick Format pada Drive (atau Partisi), file akan dihapus dari partisi, tetapi tidak melakukan scan pada perangkat penyimpanan untuk memeriksa bad sector.

Lalu mana yang lebih bagus, Quick Format atau Format ? Sebenarnya ini tergantung apa tujuan Anda melakukan format. Lakukan Quick Format jika hard disk Anda telah diformat (format penuh) sebelumnya dan Anda yakin bahwa hard disk Anda tidak rusak. Lakukan Format penuh jika Anda merasa bahwa hard disk atau flash disk anda mengalami kerusakan.

Catatan

Penting untuk diketahui bahwa ketika Anda ingin menjual hard disk atau flash disk, dan anda memiliki data penting atau rahasia didalamnya, sangat disarankan untuk melakukan Format penuh terlebih dahulu untuk menghancurkan data tersebut. Karena bila Anda hanya menghapus data anda dengan cara biasa, maka data tersebut bisa dikembalikan dengan software tertentu.


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.