Perbedaan FAT32, NTFS, dan exFAT, dan Mana yang Lebih Baik ?

 Zhul Al Gray |  Update 2 May 2017 |   0 Comment
Perbedaan FAT32, NTFS, dan exFAT, dan Mana yang Lebih Baik ?

Ketika Anda ingin mem-Format Hard Disk, SSD, Flash Disk, atau jenis media penyimpanan lainnya, biasanya Anda akan diberi tiga pilihan file system, yaitu FAT32, NTFS, dan exFAT. Pertanyaannya adalah, apakah Anda tahu perbedaan FAT32, NTFS, dan exFAT, dan mana yang sebaiknya Anda pilih ?

Perbedaan FAT32, NTFS, dan exFAT, dan Mana yang Lebih Baik diantara Ketiganya

Pada artikel ini, Jejak Waktu akan menjelaskan perbedaan FAT32, NTFS, dan exFAT, dan mana yang lebih baik diantara ketiganya.

1. FAT32 (File Allocation Table)

FAT32 merupakan file system yang sudah tua namun masih digunakan hingga saat ini. File System ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1995 untuk menggantikan FAT16 yang dinilai sudah tua dan memiliki banyak kekurangan. Karena umurnya yang juga sudah tua, FAT32 menjadi salah satu file system yang didukung oleh banyak sekali jenis perangkat di luar sana, terutama perangkat-perangkat lama.

Kelebihan FAT32 :

  • Mendukung berbagai jenis perangkat seperti komputer berbasis windows, Flash Disk, hingga SD Card.
  • Selain Komputer berbasis windows, FAT32 juga mendukung hampir seluruh sistem operasi, termasuk Linux dan Mac OS X.
  • Cocok digunakan untuk removable device seperti Flash Disk dan SD Card karena kompabilitasnya

Kekurangan FAT32 :

  • Maksimal ukuran satu file yang bisa di simpan hanya 4 Gigabyte.
  • Maksimal ukuran partisi yang bisa digunakan hanya 8 Terabyte.

2. NTFS (New Technology File System)

Karena file system FAT32 dianggap sudah tua, Microsoft kemudian mengembangkan file system baru untuk windows yang disebut NTFS. File System baru ini diperkenalkan bersamaan dengan munculnya Windows XP.

NTFS merupakan file sistem modern yang akan anda temui di setiap sistem Windows terbaru. Dalam segi batasan ukuran file dan ukuran partisi, file system NTFS jauh lebih unggul dibandingkan dengan FAT32.

Kelebihan NTFS :

  • Maksimum ukuran file adalah 16 Exabyte (16 miliar Gigabyte). Jauh lebih besar dari FAT32 yang hanya 4 Gigabyte.
  • Maksimum ukuran volume adalah 2 ^ 32 cluster. Jauh lebih besar dari FAT32 yang hanya 8 Terabyte.
  • Mendukung file permission untuk keamanan, mengganti journal untuk mempercepat recovery error, shadow copy untuk backup, enkripsi, disk quota limit, hard link dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Kekurangan NTFS :

  • Tidak banyak sistem operasi yang mendukung file system NTFS. Mac OS X walupun bisa membaca NTFS, namun tidak dapat menulis ke dalamnya.
  • Perangkat non-komputer seperti TV, Mp3 Player, Kamera, dan perangkat lainnya juga masih banyak yang belum mendukung file system NTFS.

3. exFAT (Extended File Allocation Table)

exFAT pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006. File System ini dirancang khusus agar rigan seperti FAT32 tanpa banyak fitur tambahan seperti NTFS. Sama halnya dengan file system NTFS, exFAT memiliki batas ukuran file dan ukuran partisi yang sangat besar.

Anda bisa menyimpan file dengan ukuran yang lebih besar dari 4 GB di Flash Disk atau Micro SD menggunakan exFAT. File System ini merupakan upgrade total dari FAT32, dan seharusnya menjadi pilihan terbaik untuk removable disk seperti Flash Disk atau Micro SD.

Kelebihan exFAT :

  • Maksimum ukuran file adalah 16 Exabyte (16 miliar Gigabyte). Jauh lebih besar dari FAT32 yang hanya 4 Gigabyte.
  • Maksimum ukuran volume adalah 128 Petabyte. Jauh lebih besar dari FAT32 yang hanya 8 Terabyte.
  • Cocok untuk removable disk seperti Flash Disk atau Micro SD.
  • Mendukung sistem operasi Mac OS X dan beberapa distro Linux.

Kekurangan exFAT :

  • Masih ada beberapa perangkat baru seperti Xbox 360 dan PlayStation 3 yang belum mendukung file system exFAT. Namun seiring dengan berjalannya waktu, tampaknya dukungan terhadap exFAT akan semakin besar.

Lalu Mana yang lebih Baik Diantara Ketiganya ?

NTFS sangat ideal digunakan untuk perangkat penyimpanan seperti Hard Disk atau SSD, sedangkan exFAT sangat ideal digunakan untuk removable disk seperti Flash Disk atau Micro SD, namun mungkin Anda juga akan membutuhkan FAT32 pada Flash Sisk jika exFAT tidak didukung pada perangkat yang Anda gunakan.


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.