Perbedaan Antara HTTP dan HTTPS, Mana yang Lebih Baik ?

 Admin |  Update 15 April 2017 |   0 Comment
Perbedaan Antara HTTP dan HTTPS, Mana yang Lebih Baik ?

Sebagai pengguna Internet, tentunya kita tidak asing lagi dengan istilah HTTP dan HTTPS karena setiap kali kita membuka website maka salah satu istilah ini akan muncul (entah itu HTTP atau HTTPS) pada URL website. Tetapi apakah anda tahu apa perbedaan antara HTTP dan HTTPS ?

Pada artikel ini, Jejak Waktu akan membahas secara tuntas tentang apa itu HTTP dan HTTPS, dan apa perbedaan diantara keduanya.

Pengertian HTTP dan HTTPS

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan antara HTTP dan HTTPS, alangkah baiknya jika anda mengatahui terlebih dahulu apa pengertian dari kedua istilah tersebut.

Apa Itu HTTP ?

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol yang mengatur komunikasi data antara Client dan Server. Client yang dimaksud disini adalah Web Browser atau Perangkat yang digunakan untuk me-request, menerima, dan menampilkan konten website. Sedangkan Server adalah komputer khusus yang menyimpan data website dan merespon request dari client.

Misalnya, Anda mengakses website Google (google.com) menggunakan komputer, maka komputer anda (atau web browser yang digunakan komputer anda) yang me-request halaman website google adalah Client, sedangkan komputer Google yang merespon request anda dan mengirim data halaman website yang anda request ke komputer anda adalah Server.

Cara kerja komunikasi data antara client dan server adalah client melakukan request ke server, lalu server merespon request client. Respon server dapat berupa data HTML yang akan ditampilkan di web browser atau data lain yang di-request oleh client. Nah, semua kegiatan tersebut diatur oleh suatu protokol yang disebut HTTP.

Apa Itu HTTPS ?

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah versi aman (secure) dari protokol HTTP itu sendiri. HTTPS dikembangkan oleh Netscape Communications pada tahun 1993. Protokol HTTPS diimplementasikan dengan SSL (Secure Socket Layer), yang akhirnya mengalamai pembaruan menjadi TLS (Transpor Layer Security).

Saat ini, banyak website yang menggunakan protokol https karena alasan keamanan.

Perbedaan Antara HTTP dan HTTPS

Adapun perbedaan antara http dan https yang wajib anda ketahui adalah sebagai berikut.

1. Keamanan Data

Protokol HTTP tidak menjamin keamanan data yang dikirim antara client dan server. Sedangkan HTTPS menjamin keamanan data yang dikirim.

Berbicara keamanan data, setidaknya ada 3 aspek yang ditangani oleh HTTPS, yaitu:

  • Autentikasi Server, Dengan adanya autentikasi server maka client bisa memastikan bahwa ia sedang berkomunikasi dengan server yang sebenarnya.
  • Kerahasiaan Data, Data yang dikirim antara client dan server tidak akan bisa dipahami oleh pihak lain, karena data dienkripsi terlebih dahulu sebelum dikirim.
  • Integritas Data, Data yang sedang dikirim tidak dapat diubah oleh pihak lain, karena akan divalidasi oleh MAC (Message Authentication Code).

2. Port yang Digunakan

Untuk melakukan komunikasi data antara client dan server, secara default protokol HTTP menggunakan port 80 sedangkan HTTPS menggunakan port 443.

3. Layer yang Digunakan

Protokol HTTP beroperasi pada Application Layer (Lapisan Aplikasi), sedangkan HTTPS beroperasi pada Transport Layer (Lapisan Transpor).

4. Sertifikat SSL (SSL Certificate)

Tidak diperlukan sertifikat SSL untuk menggunakan HTTP. Sedangkan untuk menggunakan HTTPS maka diperlukan sertifikat SSL dan ditandatangani oleh CA (Certification Authority).

5. Tulisah pada address bar Browser

URL protokol HTTP di address bar browser Anda adalah http://, sedangkan URL HTTPS adalah https://.


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.