Pengertian Komputer Secara Umum dan Menurut Para Ahli (Lengkap)

 zhuL Note |  Updated 2 September 2020 |   0 Comment
pengertian komputer

Memahani Pengertian Komputer secara lengkap (umum dan menurut para ahli), serta Sejarah, Jenis, Fungsi, Hardware (Komponen), Software, dll.

Apabila googling di internet atau membaca buku, Anda akan menemukan beberapa pengertian komputer yang pernah dijelaskan oleh para ahli dan lembaga tertentu.

Sejak diciptakan pertama kali pada tahun 1946 hingga saat ini, komputer telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan, baik dari segi bentuk maupun fungsi. Dari perubahan dan perkembangan inilah, beberapa ahli dan lembaga tertentu memiliki pendapat sendiri dalam mengartikan istilah “komputer”.

Dan mungkin saja, seiring dengan perkembangan teknologi komputer di masa depan, istilah “komputer” yang saat ini dipahami akan mengalami perubahan arti suatu saat nanti.

Namun untuk saat ini, definisi komputer yang digunakan secara resmi dan dipahami kebanyakan orang di seluruh dunia adalah sebagai berikut:

Pengertian Komputer

Menurut USLegal (Computer Law and Legal Definition), Komputer adalah perangkat yang menghitung, biasanya sebuah mesin yang dapat diprogram, yang dapat melakukan daftar instruksi (perintah) yang telah diprogram dan merespon instruksi-instruksi baru yang diberikan padanya. Komputer elektronik menerima data, memanipulasi data, memberikan hasil, dan menyimpan hasil.

Istilah “komputer” paling sering digunakan untuk mengacu pada komputer desktop dan laptop yang digunakan kebanyakan orang. Ketika mengacu pada model desktop, istilah “komputer” secara teknis hanya mengacu pada kotak yang mengimpan komputer (Case/Casing) dan bukan monitor, keyboard, dan mouse. Namun, semuanya bersama-sama dapat disebut sebagai komputer.

Definisi/Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Sejauh ini, inilah definisi komputer yang pernah dijelaskan oleh para ahli:

1. Pengertian Komputer menurut Robert H. Blissmer (Computer Annual, 1985)

Komputer adalah perangkat elektronik yang memiliki kemampuan untuk melakukan beberapa telekomunikasi seperti menerima input, pemrosesan input, menyimpan perintah, dan menyediakan output.

2. Pengertian Komputer menurut V.C. Hamacher et al (Computer Organization, 1982)

Komputer adalah mesin penghitung elektronik cepat yang dapat menerima informasi input digital kemudian memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilakn output informasi.

3. Pengertian Komputer menurut Donald H. Sanderes (Computer Today, 1985)

Komputer adalah sistem elektronik yang memiliki kemampuan untuk memanipulasi data dengan cepat dan akurat dan juga dirancang dan diorganisir agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program (Operating System) yang tersimpan di memori (stored program).

4. Pengertian Komputer menurut William M. Fuori (Introduction to the Computer: The Tool of Business, 1977)

Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan penghitungan yang besar dan cepat, termasuk penghitungan aritmatika yang besar dan pengerjaan logika, tanpa campur tangan dari manusia.

5. Pengertian Komputer menurut Gordon B. Davis (Introduction to Electronic Computers, 1971)

Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

6. Pengertian Komputer Menurut Elias M Awad (Introduction to Computers, 1983)

Komputer sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

7. Pengertian Komputer menurut Larry Long dan Nancy Long (Computers: An Introduction, 1990)

Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan dan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan pekerjaan-pekerjaan logis.

8. Pengertian Komputer menurut Brian Williams dan Stacey Sawyer (Using Information Technology, 2012)

Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan.

9. Menurut Wikipedia (versi Bahasa Inggris)

Komputer adalah perangkat yang dapat diperintahkan untuk melakukan kumpulan aritmatika yang berubah-ubah atau pekerjaan logis secara otomatis.

10. Menurut Google Translate

Komputer adalah sebuah perangkat elektronik untuk menyimpan dan mengolah data, biasanya dalam bentuk biner, sesuai dengan instruksi yang diberikan padanya dalam program variabel.

11. Menurut Kamus Cambridge University

Komputer adalah mesin elektronik yang digunakan untuk menyimpan, mengorganisir, dan menemukan kata-kata, angka, dan gambar, untuk melakukan perhitungan, dan untuk mengendalikan mesin lain.

12. Menurut Kamus Oxford University

Komputer adalah perangkat elektronik yang mampu menerima informasi (data) dalam bentuk tertentu dan melakukan serangkaian pekerjaan sesuai dengan pengaturan variabel instruksi prosedural (program) yang telah ditentukan untuk menghasilkan hasil dalam bentuk informasi atau sinyal.

13. Menurut Kamus Webster

Komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang biasanya diprogram agar dapat menyimpan, mengambil, dan mengolah data.

Jika Anda mencari definisi/pengertian komputer baik itu secara online atau offline seperti membaca buku, anda mungkin akan menemukan beberapa definisi yang berbeda dari yang telah disebutkan diatas. Namun, definisi komputer diatas merupakan yang paling umum digunakan sebagai referensi.

Sejarah Komputer

Komputer digital pertama yang kebanyakan orang saat ini pikirkan sebagai komputer disebut ENIAC. Komputer ini dibuat selama Perang Dunia II (1943-1946) dan dirancang untuk membantu mengotomatiskan perhitungan yang dilakukan oleh manusia. Dengan melakukan perhitungan menggunakan komputer, mereka dapat mencapai hasil yang lebih cepat dan dengan lebih sedikit kesalahan.

Komputer generasi pertama seperti ENIAC menggunakan tabung vakum dan berukuran besar (terkadang seukuran kamar) dan hanya bisa ditemukan di Perusahaan, Universitas, atau Gedung Pemerintah. Kemudian seiring dengan perkembangannya, komputer mulai menggunakan transistor serta komponen yang lebih kecil dan lebih murah yang memungkinkan orang biasa pun bisa memiliki komputer.

Baca Sejarah Komputer yang lebih lengkap disini

Hardware Dan Software Komputer

Sebelum membahas jenis-jenis komputer, mari kita bahas tentang dua hal yang semua jenis komputer pasti miliki, yaitu Hardware dan Software.

1. Hardware Komputer

Hardware (Perangkat Keras) adalah kumpulan bagian-bagian fisik sebuah komputer, termasuk Casing (Case), Monitor, Keyboard, dan Mouse. Hardware juga mencakup semua bagian dalam komputer, seperti hard disk drive, motherboard, video card, dan lain-lain.

Baca Hardware Komputer yang lebih lengkap disini

2. Software Komputer

Software (Perangkat lunak) adalah serangkaian instruksi (berupa kode pemrograman) yang memberi tahu hardware apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Contoh software diantaranya Web Browser, Game, dan Microsoft Word.

Baca Software Komputer yang lebih lengkap disini

Semua hal yang Anda lakukan di komputer akan mengandalkan Hardware dan Software. Misalnya, Anda mungkin membaca artikel ini di Web Browser (Software) dan menggunakan Mouse (Hardware) untuk mengklik dari satu halaman ke halaman yang lain.

Jenis-Jenis Komputer

Ketika kebanyakan orang mendengar kata komputer, mereka biasanya akan berpikir tentang komputer pribadi seperti komputer Desktop atau Laptop. Namun, komputer hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan dapat melakukan berbagai fungsi dalam kehidupan kita sehari-hari. Ketika Anda menarik uang tunai dari ATM, menggunakan kartu kredit untuk membayar barang belanjaan di toko, atau menggunakan kalkulator, Anda sebenarnya sedang menggunakan komputer.

Berikut beberapa jenis komputer yang akan sering anda temui di kehidupan sehari-hari:

1. Komputer Desktop

pengertian komputer secara lengkap, secara umum, menurut para ahli

Banyak orang yang menggunakan komputer desktop di tempat kerja, rumah, dan sekolah. Komputer desktop dirancang agar bisa ditempatkan di atas meja, dan biasanya terdiri dari beberapa bagian, termasuk casing komputer, monitor, keyboard, dan mouse.

2. Komputer Laptop

pengertian komputer secara lengkap, secara umum, menurut para ahli

Jenis komputer yang kedua adalah komputer laptop, biasa disebut laptop. Laptop adalah komputer bertenaga baterai yang lebih portabel daripada komputer desktop yang memungkinkan pengguna untuk menggunakannya hampir di mana saja.

3. Komputer Tablet

pengertian komputer secara lengkap, secara umum, menurut para ahli

Komputer Tablet (biasa disebut Tablet) adalah komputer genggam yang bahkan lebih portabel daripada Laptop. Tidak seperti komputer Desktop dan Laptop yang menggunakan keyboard dan mouse, Tablet menggunakan layar sentuh (Touch Screen) untuk mengetik dan navigasi.

4. Komputer Server

pengertian komputer secara lengkap, secara umum, menurut para ahli

Komputer Server (biasa disebut Server) adalah komputer yang menyediakan layanan informasi ke komputer lain pada jaringan. Misalnya, ketika Anda menonton video di Internet, sebenarna Anda sedang menonton video yang disimpan di Server.

Banyak perusahaan yang juga menggunakan server lokal untuk menyimpan dan berbagi data secara internal.

Beberapa Jenis-Jenis Komputer Lainnya yang Mungkin Anda Tidak Sadari

Ada banyak barang elektronik saat ini yang pada dasarnya adalah komputer khusus, namun kebanyakan orang tidak menyadarinya.

  • Smartphone: Banyak ponsel yang dapat melakukan banyak hal seperti apa yang komputer dapat lakukan, termasuk mengakses Internet dan bermain Game. Ponsel jenis ini disebut smartphone.
  • Wearable (Produk elektronik yang dapat dikenakan/dipakai di tubuh): Teknologi Wearable adalah istilah umum untuk sekelompok perangkat, termasuk pelacak kebugaran (fitness tracker) dan jam tangan pintar (smartwatch), yang dirancang khusus untuk dipakai sepanjang hari.
  • Game console: game console adalah jenis komputer khusus yang di gunakan untuk bermain video game di TV.
  • Smart TV: Sekarang banyak TV yang disertai aplikasi sehingga memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai jenis konten secara online. Misalnya, Anda dapat menonton video streaming di Internet melalui TV Anda.
Baca Jenis-Jenis Komputer yang lebih lengkap disini

Fungsi Komputer

Pengertian Komputer - Gambar Fungsi Komputer secara lengkap

Mengambil data dan instruksi dari pengguna, memproses data sesuai instruksi, dan menampilkan atau menyimpan data yang diproses, adalah empat fungsi utama komputer. Fungsi-fungsi ini juga dikenal sebagai fungsi Input, fungsi Processing, fungsi Output, dan fungsi Storage.

Berikut penjelasan setiap fungsi komputer secara lengkap:

1. Input

Input merupakan data yang dimasukkan ke komputer dari perangkat input seperti Keyboard, Mouse, Scanner, dll. Data yang di input bisa berupa karakter, kata, gambar, dll. Ketika Anda memasukkan informasi (input) ke komputer maka sinyal akan dikirim ke CPU (Central Processing Unit).

2. Processing

Tugas untuk melakukan operasi seperti operasi logis dan aritmatika disebut Processing. CPU (Central Processing Unit) akan melakukan semua jenis perhitungan berdasarkan instruksi yang diberikan. kemudian setelah diproses akan dikirim ke unit penyimpanan (Storage).

3. Output

Proses menghasilkan informasi yang berguna bagi pengguna setelah memproses input data disebut output. Setelah melakukan perhitungan berdasarkan instruksi yang diberikan, data yang diproses dikirim ke perangkat output. Perangkat output kemudian menerjemahkan data yang diproses ke dalam bentuk (teks, gambar, dokumen, dll) yang dapat dimengerti oleh pengguna.

4. Storage

Storage (penyimpanan) memungkinkan pengguna untuk menyimpan data yang diproses untuk digunakan nanti. Untuk menyimpan data, komputer menggunakan dua jenis komponen penyimpanan, yaitu Penyimpanan Sementara dan Permanen.

Komponen Penyimpanan Sementara digunakan untuk menyimpan data sementara. Data yang disimpan dalam komponen ini akan dihapus ketika komputer dimatikan. Contoh penyimpanan sementara yang harus dimiliki komputer adalah RAM. Komputer menggunakan RAM untuk menyimpan aplikasi yang sedang berjalan beserta dengan data aplikasi tersebut.

Adapun komponen Penyimpanan Permanen digunakan untuk menyimpan data secara permanen. Data yang disimpan dalam komponen penyimpanan permanen tidak terhapus saat komputer dimatikan. Contoh penyimpanan permanen yang paling umum adalah Hard disk Drive.


KEMBALI KE ARTIKEL UTAMA

Dasar-Dasar Komputer (Panduan Lengkap)


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.