Mi Notebook Air, Laptop Pertama Xiaomi yang Mirip MacBook Air

 Admin |  Update 24 February 2017 |   0 Comment
mi notebook air

Xiaomi yang dikenal melalui produk Smart Phone-nya akhirnya memperkenalkan laptop pertamanya yang diberi nama Mi Notebook Air, dan sepertinya, perusahaan startaup asal China yang bernilai $60 Milyar ini ingin bertempur melawan MacBook Air milik Apple. Mi Notebook Air lebih tipis, lebih ringan, dan beberapa spesifikasinya lebih tinggi dari mesin apple. Selain itu, Laptop pertama Xiaomi ini juga lebih ramah bagi dompet Anda apabila dibandingkan dengan MacBook Air.

Meskipun namanya agak konyol (mirip dengan nama produk Apple, MacBook Air), Mi Notebook Air adalah laptop yang cukup istimewa dan dirancang cukup portabel agar bisa dibawa kemana-mana.

Produk terbaru Xiaomi ini tidak menggunakan teknologi terbaru seperti Hoverboard atau Drone yang sedang populer saat ini, namun Mi Notebook Air memiliki satu hal yang hampir semua laptop ultraportable lain tidak miliki, yaitu kartu grafis terpisah, Nvidia GeForce 940MX. Dengan adanya Nvidia GeForce 940MX, akan membuat perangkat ini cukup kuat untuk menangani aplikasi berat seperti aplikasi Game dan pengolah Gambar atau Video.

Mi Notebook Air hadir dalam dua varian ukuran layar, yaitu 13,3 inci dan 12,5 inci. Keduanya menggunakan layar Full HD 1080p.

Varian 13,3 inci memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, yaitu Prosesor Intel Core i5-6200U, RAM 8 GB LPDDR4, SSD 256 GB, kartu grafis NVIDIA GeForce 940MX 1 GB, dan baterai 40W yang diklaim mampu bertahan hingga 9,5 jam sekali charge. Tebal varian 13,3 inci ini hanya 1,48 cm dan berat 1,28 kg.

Di sisi lain, Varian 12,5 inci memiliki bobot yang lebih ringan, sekitar 1,07 kg. Namun sayangnya dibalik bobotnnya yang lebih ringan, spesifikasi varian 12,5 inci ini juga lebih rendah. Misal, Prosesor yang dimiliki hanya Intel Core M3, RAM 4GB, dan SSD 128 GB. Kartu grafis NVIDIA khusus juga tidak terintegrasi pada varian ini.

Apabila Mi Notebook Air 13,3 inci memiliki dua port USB 3.0 dan USB-C, maka varian 12,5 inci memiliki satu port USB 3.0 dan satu USB-C. Namun Xiaomi mengatakan bahwa umur baterai Mi Notebook Air 12,5 inci lebih panjang 2 jam dibanding varian 13,3 inci.

Dibalut dari alumunium, kedua varian Mi Notebook Air ini tidak memiliki logo apapun di bagian luar sehingga terlihat sangat bersih, dan ketika anda membuka perangkat ini maka anda akan menemukan logo Mi.

Untuk harga, Mi Notebook Air varian 12,5 inci bisa Anda miliki dengan harga Rp 6,8 juta, sedangkan varian 13,3 inci dengan harga Rp 9,8 juta.

Meskipun Xiaomi menjual Mi Notebook Air menggunakan merek sendiri, namun sebenarnya perangkat ini dibuat oleh mitra bisnisnya yang disebut Tian Mi.

Mi Notebook Air diluncurkan di China pada tanggal 2 Agustus 2016. Namun sayangnya belum ada informasi mengenai ketersediaan perangkat ini secara global, seperti dikutip dari Engadget.com.

Reference

  • Image: Xiaomi

Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.