Menghapus File atau Folder dengan Segera Tanpa Melalui Trash di Mac OS X

 Zhul Al Gray |  Update 4 March 2017 |   0 Comment
Menghapus File atau Folder dengan Segera Tanpa Melalui Trash di Mac OS X

Mac OS X memiliki kemampuan untuk menghapus file atau folder dengan segera/cepat (“Delete immediately”) tanpa melalui Trash. Bagaimana fitur “Delete immediately” berfungsi adalah dengan melewati Trash dan tidak menunggu aksi pengguna untuk menghapus file, langsung menghapus file atau folder dengan seketika dari Mac OS X. Menggunakan fungsi “Delete immediately” untuk menghapus file atau folder lebih cepat dibandingkan dengan cara yang biasa dilakukan untuk menghapus file di Mac.

Delete immediately” merupakan fitur yang sangat berguna apabila anda ingin menghapus file atau folder dari Mac dengan segera tanpa harus mengosongkan Trash secara manual, fungsi ini melangkahi Trash dan langsung menghapus file. Fitur ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan fitur Secure Empty Trash dan juga tidak menyediakan fungsi Rewrite yang sama.

Menghapus File atau Folder dengan Segera Tanpa Melalui Trash di Mac OS X

Ada dua cara untuk mengakses dan menggunakan “Delete immediately” di Mac OS X, yaitu dengan akses keystroke dan menu File.

Tidak ada cara untuk membatalkan perintah ini, jadi gunakan “Delete immediately” hanya jika anda benar-benar yakin ingin menghapus file atau folder tersebut dari Mac anda.

Menghapus File atau Folder dengan Segera Menggunakan Shortcut Keyboard

Cara tercepat untuk menggunakan fungsi “Delete immediately” di Mac OS X adalah melalui Shortcut Keyboard :

  1. Pilih File atau Folder yang ingin anda hapus lalu tekan Option + Command + Delete.
  2. Akan muncul dialog box yang menanyakan apakah anda yakin ingin menghapus file atau folder tersebut. Pilih “Delete” untuk mengkonfirmasi bahwan anda yakin ingin menghapus file atau folder tersebut.

Menghapus File atau Folder dengan Segera Menggunakan Finder

Anda juga bisa menggunakan fungsi “Delete immediately” dengan menggunakan menu “File” pada Finder.

  1. Pilih File atau Folder yang ingin anda hapus lalu tekan dan tahan “Option” saat anda mengakses menu “File” di Finder.
  2. Pilih “Delete immediately” di menu “File” pada Finder.
  3. Akan muncul dialog box yang menanyakan apakah anda yakin ingin menghapus file atau folder tersebut. Pilih “Delete” untuk mengkonfirmasi bahwan anda yakin ingin menghapus file atau folder tersebut.

Jika anda mengalami error “item can’t be moved”, coba matikan Finder lalu hidupkan kembali.

Demikian artikel tentang menghapus file atau folder dengan segera tanpa melalui trash di Mac OS X, jika menurut anda artikel ini bermanfaat dan bisa membantu banyak orang, maka tolong di Share. Thanks.

Related Post


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Related Post


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *