Manfaat Telur Ayam Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

 zhuL  October 2, 2022  0
Manfaat Telur Ayam yang Luar Biasa bagi Kesehatan

Telur adalah makanan pokok yang telah dikonsumsi oleh manusia di seluruh dunia sejak ribuan tahun yang lalu. Telur dihasilkan oleh hewan betina dari banyak spesies yang berbeda, tapi sejauh ini yang paling umum dikonsumsi adalah telur ayam. Namun makanan ini telah lama dikonsimsi bukanlah tanpa alasan, tapi karena telur ayam memiliki rasa yang sangat lezat dan tekstur yang lembut, dan alasan yang paling kuat adalah karena manfaat telur ayam bagi kesehatan sangatlah luar biasa.

Nilai Gizi Telur Ayam

Telur merupakan makanan super yang mengandung banyak gizi penting untuk menjaga kesehatan. Berikut daftar gizi yang dapat ditemukan di dalam telur ayam dan ringkasan manfaatnya:

  • Vitamin A : Memelihara kulit, mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan penglihatan yang normal.
  • Vitamin B2 (riboflavin) : Membantu metabolisme energi, sel-sel darah merah, penglihatan dan sistem saraf.
  • Vitamin B12 : Membantu metabolisme energi, sel-sel darah merah, sistem kekebalan tubuh dan sistem saraf.
  • Vitamin B5 (asam pantotenat) : Membantu metabolisme energi dan fungsi mental.
  • Vitamin D : Menjaga tulang dan gigi dan membantu penyerapan kalsium.
  • Vitamin E : Menjaga kesehatan sistem reproduksi, sistem saraf dan otot.
  • Biotin : Membantu metabolisme energi, menjaga kulit, rambut dan sistem kekebalan tubuh.
  • Kolin : Membantu metabolisme lemak dan fungsi hati.
  • Asam Folat : Membantu pembentukan darah dan pertumbuhan jaringan selama kehamilan.
  • Yodium : Membantu fungsi kelenjar tiroid, memelihara kulit dan sistem saraf.
  • Zat Besi : Membantu produksi darah merah dan transportasi oksigen ke seluruh tubuh.
  • Lutein dan Zeaxanthin : Mempertahankan penglihatan yang normal dan melindungi dari penyakit mata yang berkaitan dengan usia.
  • Fosfor : Memelihara tulang dan gigi dan membantu metabolisme energi.
  • Protein : Dibutuhkan untuk membangun dan mempertahankan otot, organ, kulit dan jaringan, dan memproduksi antibodi, enzim dan hormon.
  • Selenium : Melindungi sel dari kerusakan oksidatif, menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu fungsi kelenjar tiroid.

Telur ayam dianggap sebagai salah satu sumber protein terbaik, satu butir telur ayam ukuran sedang dengan berat 44 g biasanya mengandung 5,53 g protein. Ahli gizi sering menggunakan telur ayam sebagai bahan perbandingan ketika mengkaji apakah makanan lain yang sedang dikaji merupakan sumber protein yang baik atau tidak. Sekitar 12,6% dari bagian telur ayam yang dapat dimakan adalah protein.

Sekitar 9% dari kandungan telur ayam adalah lemak, dan hampir seluruhnya ditemukan dalam kuning telur. Sebagian besar lemak dalam telur ayam adalah yang biasanya dianggap sebagai yang paling sehat, sekitar 38% adalah lemak tak jenuh tunggal dan 16% adalah lemak tak jenuh jamak, dan hanya 28% lemak jenuh.

Telur ayam juga kaya akan asam lemak omega-3, sebagian besar dalam bentuk asam docosahexaenoic (DHA) yang membantu dalam pemeliharaan fungsi otak dan penglihatan yang normal. Asam lemak ini paling sering ditemukan pada ikan berminyak, sedangkan telur ayam menyediakan sumber alternatif bagi orang-orang yang tidak dapat atau tidak suka mengkonsumsi ikan.

Manfaat Telur Ayam

Berikut beberapa manfaat telur ayam yang luar biasa bagi kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Otot yang Kuat

Kandungan protein pada telur ayam akan membantu menjaga otot-otot bekerja dengan baik sambil memperlambat tingkat hilangnya otot-otot.

2. Otak yang Sehat

Manfaat telur ayam untuk kesehatan otak. makanan lezat ini mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan untuk fungsi rutin sel-sel, termasuk otak, sistem saraf, daya ingat dan metabolisme.

3. Produksi Energi yang Baik

Telur ayam mengandung semua vitamin harian dan mineral yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi di semua sel-sel tubuh.

4. Sistem Kekebalan Tubuh yang Sehat

Vitamin A, vitamin B12 dan selenium, yang terkandung dalam telur ayam, semuanya merupakan kunci untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

5. Perkembangan Bayi yang Sehat Selama Kehamilan

Kandungan gizi telur ayam akan membantu mencegah cacat lahir seperti spina bifida.

6. Mata yang Sehat

Manfaat telur ayam bagi kesehatan mata. Kandungan Lutein dan zeaxanthin di dalam telur ayam dapat membantu dalam mencegah degenerasi makula, kondisi mata yang merupakan penyebab utama terjadinya kebutaan yang berkaitan dengan usia.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Para peneliti telah menemukan protein berkualitas tinggi di dalam telur ayam, yang bermanfaat untuk menambah energi dan memberi rasa kenyang lebih lama. Dengan rasa kenyang yang lebih lama akan mencegah ngemil yang tidak sehat dan mengurangi asupan kalori.

8. Telur Ayam Kaya akan Kolesterol HDL (Kolesterol Baik)

HDL merupakan singkatan dari High Density Lipoprotein. Kolesterol ini dikenal sebagai kolesterol “baik”. Orang yang memiliki tingkat HDL yang lebih tinggi biasanya memiliki resiko yang lebih rendah dari penyakit jantung, stroke, dan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Mengkonsumsi telur merupakan cara yang baik untuk meningkatkan HDL. Dalam sebuah pemenitian ditemukan bahwa mengkonsumsi 2 butir telur per hari selama 6 minggu dapat meningkatkan kadar HDL sebesar 10%.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *