Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin untuk Kesehatan

 zhuL  October 13, 2022  0
manfaat mandi pagi

Setelah bangun dari tidur panjang di malam hari, mandi pagi merupakan salah satu kegiatan yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Mandi pagi mungkin sudah terbiasa dilakukan oleh beberapa orang, namun tidak sedikit dari kita yang mengabaikan kegiatan mandi pagi dengan berbagai alasan.

Jadi pada artike ini, saya akan membahas tentang manfaat mandi pagi dengan air dingin untuk kesehatan, mudah mudahan setelah membaca artikel ini, teman-teman bisa mendapatkan motivasi serta berusaha membiasakan diri untuk mandi pagi.

Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin untuk Kesehatan

Ada 3 gaya hidup sehat yang bisa dilakukan setiap orang sebelum jam 6 pagi, Olahraga, Minum air putih dan Mandi dengan air dingin. khususnya untuk mandi di pagi hari merupakan salah satu kegiatan yang sangat susah dilakukan untuk beberapa orang.

Dinginnya air di pagi hari akan membuat orang merasa malas untuk mandi, tapi ada kabar baik bagi anda yang membiasakan mandi dengan air dingin di pagi hari. Berikut beberapa penjelasan tentang manfaat mandi pagi dengan air dingin untuk kesehatan.

1. Mandi Pagi dengan Air Dingin untuk Membakar Lemak

Ada dua jenis lemak dalam tubuh, lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih adalah lemak jahat sedangkan lemak coklat adalah lemak baik, Lemak putih adalah lemak tubuh yang kita semua ketahui dan berusaha untuk kita singkirkan, saat kita mengkonsumsi lebih banyak kalori, maka tubuh kita butuh pekerjaan/aktivitas untuk membakar kalori dan apabila kita tidak membakar kalori-kalori itu sebagai energi maka mereka akan disimpan sebagai lemak putih yang cenderung menumpuk di pinggang, punggung bawah, leher dan paha anda.

Lemak Coklat adalah lemak baik yang mungkin anda belum pernah dengar sebelumnya, fungsinya adalah menghasilkan panas untuk menjaga tubuh anda tetap hangat. Ketika lemak coklat diaktifkan karena dingin yang ekstrim, ia membakar kalori untuk menjaga tubuh anda tetap hangat, dengan ini bisa membantu dalam menurunkan berat badan. seberapa banyak membantu ? Peneliti Scandinavian menemukan bahwa paparan suhu dingin meningkatkan tingkat metabolisme lemak coklat dengan lima belas kali lipat, yang dapat membantu seseorang menurunkan 9 Pon dalam setahun.

2. Mandi Pagi dengan Air Dingin untuk Mendorong Pemulihan setelah Olahraga

Atlet sering mandi dengan air es setelah latihan keras untuk mengurangi rasa sakit. anda tidak harus melakukan sejau itu, tapi anda dapat memperoleh manfaat yang sama dengan segera mandi dengan air dingin setelah olahraga.

3. Mandi Pagi dengan Air Dingin untuk Meningkatkan Suasana Hati

Siapa yang tidak malas ketika pertamakali melangkahkan kaki dari tempat tidur di pagi hari ? ini adalah hal yang dialami oleh hampir setiap orang. Tapi, apabila anda ingin memberi semangat pada langkah pertama anda di pagi hari maka mandilah dengan air dingin sebelum berangkat kerja.

Ketika air dingin membasahi seluruh tubuh anda, pernapasan anda akan memperdalam untuk merespon terhadap kejutan dingin (hal ini dilakukan tubuh untuk membuat anda tetap hangat dengan cara meningkatkan asupan oksigen). Denyut jantung anda juga akan meningkat, sehingga aliran darah melalui tubuh anda akan membantu mendapatkan energi.

4. Mandi Pagi dengan Air Dingin untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mandi pagi dengan air dingin secara teratur dapat mingkatkan sistem kekebalan tubuh. Rangsangan yang terjadi saat mandi akan menghasilkan sel darah putih yang lebih banyak. Seperti yang kita ketahui bahwa sel darah putih berperan dalam melawan berbagai bibit penyakit yang menyerang tubuh.

5. Mandi Pagi dengan Air Dingin untuk Membuat Rambut dan Kulit Terlihat Menarik

Apabila anda ingin mengurangi munculnya jerawat, maka mandi pagi dengan air dingin merupakan solusi yang tepat. Air panas dapat mengeringkan kulit anda sementara air dingin dapat mengencangkan kulit luar dan pori-pori, serta mencegahnya dari penyumbatan, anda juga dapat melakukannya untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah, rambut lebih menarik. air dingin akan menutup kulit luar anda sehingga memperkecil kemungkinan kotoran dapat menimbun di kulit kepala.

6. Mendi Pagi dengan Air Dingin untuk Meningkatkan Kesuburan

Pemicu produksi hormon testoteron/hormon pria dan estrogen/hormon wanita salah satunya adalah dengan mandi pagi dengan air dingin. Produksi hormon yang baik dapat meningkatkan kesuburan reproduksi pria dan wanita.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *