Manfaat Madu yang Ajaib untuk Kesehatan

 zhuL  November 7, 2022  0
manfaat madu untuk kesehatan tubuh

Madu adalah cairan kental manis yang dibuat oleh lebah menggunakan nektar bunga. Dibalik rasanya yang manis, tersembunyi manfaat madu yang sangat ajaib untuk kesehatan. Untuk mendapatkan madu, mula-mula lebah mengubah nektar bunga menjadi madu dengan proses regurgitasi dan penguapan, lalu menyimpannya sebagai sumber makanan utama di dalam sarangnya, setelah itu madu kemudian dapat dipanen dari sarang lebah untuk dikonsumsi manusia.

Madu merupakan “Peti Harta Karun” yang berisi berbagai macam Gizi dan Obat yang telah ada selama berabad-abad. Cairan kental berwarna emas dengan rasa yang manis ini merupakan kebutuhan pokok dapur yang sangat populer di seluruh belahan dunia.

Tapi apa yang membuat madu begitu populer ? Kemungkinan besar, karena madu sangat mudah dikonsumsi dan memiliki manfaat yang ajaib untuk kesehatan. Orang dapat mengkonsumsi madu secara langsung, meletakkannya di roti, mencampurnya dengan jus atau minuman lainnya sebagai pengganti gula, mencapurnya dengan air hangat, perasan jeruk nipis, kayu manis dan rempah-rempah lainnya untuk membuat obat.

Nilai Gizi Madu

Kandungan gizi dalam madu tergantung dari jenis madu itu sendiri. Namun umumnya, satu sendok makan madu mentah mengandung 64 kalori, bebas lemak, bebas kolesterol, dan bebas sodium. Komposisi madu kira-kira 80% karbohidrat, 18% air dan 2% vitamin, mineral dan asam amino.

Madu mengandung senyawa monosakarida, fruktosa dan glukosa yang tinggi, kira-kira 70% – 80% gula yang memberinya rasa manis, lalu sisa komposisinya adalah air dan mineral.

Madu juga memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang dapat membantu dalam mengobati luka kronis.

Manfaat Madu yang Ajaib untuk Kesehatan

Ada banyak bukti yang menunjukkan jika manfaat madu untuk kesehatan sangat ajaib, seperti yang telah disebutkan dalam kitab suci Al-Qur’an.

Dalam kitab suci Al-Qur’an dijelaskan :

Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. QS. An-Nahl: 69.

Dan juga Rasulullah SAW bersabda :

Hendaklah kalian menggunakan dua obat yaitu madu dan Al Qur’an. (lihat Sunan Ibnu Majah, j.II, h.1142, hadist no.3452, bab Madu).

Selain Disebutkan dalam ajaran Islam melalui kitab suci Al-Qur’an dan Hadits, manfaat madu juga disebutkan dalam beberapa kitab suci agama lain seperti Bible dan Weda (kitab suci agama Hindu).

Tidak hanya dalam ajaran agama, manfaat madu yang ajaib dalam pengobatan juga disebutkan dalam sejarah, seperti dokumentasi awal Yunani dan Romawi dan juga disebutkan oleh ahli filsafat dan ilmuan sepanjang sejarah, seperti Aristoteles (384-322 SM ) dan Aristoxenus (320 SM).

Berikut beberapa manfaat madu yang ajaib untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Mencegah GERD (Gastro-Esophageal Reflux Disease)

Manfaat madu yang pertama adalam mencegah GERD (Gastro-Esophageal Reflux Disease). Profesor Mahantayya V Math, dari MGM Medical College, Kamothe, Navi Mumbai, India, menjelaskan dalam BMJ (British Medical Journal) bahwa karena madu 125,9 lebih kental daripada air suling pada 37 celsius (suhu tubuh), madu bermanfaat dalam mencegah GERD.

2. Melawan Infeksi

Pada tahun 2010, Ilmuwan dari Academic Medical Center di University of Amsterdam melaporkan dalam Journal FASEB bahwa kemampuan madu dalam membunuh bakteri terletak pada protein yang disebut defensin-1.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Microbiology mengungkapkan bahwa manfaat madu Manuka efektif untuk mengobati luka infeksi yang kronis dan bahkan dapat mencegah luka agar tidak berkembang.

Dr. Rowena Jenkins dan rekan-rekannya, dari University of Wales Institute juga melaporkan bahwa madu Manuka membunuh bakteri dengan cara menghancurkan protein penting bakteri.

Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa madu jenis tertentu, yang disebut “madu Manuka”, bahkan efektif untuk pengobatan infeksi MRSA (Methicillin Resistant Staphylococcus Aureus).

Madu manuka bahkan dapat membantu membalikkan kekebalan bakteri terhadap antibiotik, menurut penelitian yang disampaikan di the Society for General Microbiology’s Spring Conference di Harrogate, UK.

3. Meredakan Batuk

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan American Academy of Pediatrics merekomendasikan madu sebagai obat batuk alami. Bila anda menderita batuk yang tidak kunjung sembuh, penelitian menunjukkan bahwa madu bekerja dengan baik atau lebih baik dari kebanyakan obat batuk yang ada. Kekentalan madu yang melapisi tenggorokan dan rasa manis diduga memicu saraf tertentu yang membuat tenggorokan menjadi kurang sensitif terhadap impuls batuk.

4. Meringankan Luka Bakar

Mengoleskan Madu ke luka bakar dapat membantu mengatasi rasa pedas dan memberi pengaruh anti-inflamasi. Antibakteri madu juga dapat mencegah luka bakar dari infeksi sehingga dapat membantu dalam mempercepat waktu penyembuhan luka.

5. Membantu Menyembuhkan Luka

Mengoleskan madu pada luka ringan sangat membantu dalam mensterilkan luka dan membatu meyembuhkan luka lebih baik. Mengoleskan madu ke luka akan membantu luka tetap lembab dan pencahayaan oksigen membantu untuk mengaktifkan enzim dalam madu yang membentuk hidrogen peroksida yang memiliki kemampuan anti-bakteri.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

madu juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Fitonutrien dalam madu mentah memiliki khasiat anti-bakteri dan anti-virus yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit.

7. Membantu Dalam Tidur

Manfaat madu juga dapat digunakan untuk membatu dalam tidur. Madu dapat membantu memperlancar kerja triptofan, sehingga akan membuat anda merasa ngantuk. Selain itu, apabila anda menderita batuk yang menyebabkan anda bangun di malam hari, satu sendok teh madu bisa membantu dalam meredakan tenggorokan anda saat tidur.

8. Sumber Vitamin dan Mineral

Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral. Jenis vitamin dan mineral serta kuantitas madu tergantung pada jenis bunga yang digunakan untuk pemeliharaan lebah. Umumnya, madu mengandung vitamin C, kalsium dan zat besi.

9. Membersihkan Kulit

Karena manfaat anti-mikroba dan anti-jamur madu, madu dapat dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kulit organik pokok. Gunakan setetes madu murni langsung ke noda, dan biarkan kulit menyerap manfaat obatnya semalaman. Cuci di pagi hari, dan setelah menggunakannya dengan teratur maka anda akan mempeloreh kulit yang cerah.

Madu juga bermanfaat dalam perawatan yang efektif untuk kondisi kulit lainnya seperti eksim, kadas dan kurap, dan psoriasis. Meskipun madu tidak menyembuhkan kondisi-kondisi kulit ini, tapi madu dapat meringankan peradangan dan meredakan kekeringan kulit.

Menurut sejarah, madu telah digunakan sebagai obat untuk mengobati dan mencegah berbagai macam gangguan kesehatan, serta meningkatkan kesehatan tubuh selama lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Manfaat madu untuk kesehatan juga telah disebutkan dalam kitab suci Al-Qur’an, Bible, Weda (kitab suci agama Hindu), dokumentasi awal Yunani dan Romawi, dan telah dibuktikan oleh ilmu pengetahuan modern. Minumlahlah satu sendok madu dengan teratur setiap hari untuk menjaga kesehatan anda.

Peringatan

Madu mungkin mengandung spora botulinum, meskipun tidak berbahaya untuk orang dewasa dan anak-anak, tetapi dapat menyebabkan penyakit botulisme pada bayi, meskipun hal ini sebenarnya jarang terjadi. Untuk alasan inilah, dianjurkan agar bayi di bawah 1 tahun tidak mengkonsumsi madu.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *