Manfaat Kentang untuk Kesehatan

 zhuL  October 13, 2022  0
manfaat kentang untuk kesehatan

Manfaat kentang sudah lama digunakan untuk menjada kesehatan bubuh. Kentang adalah tanaman umbi-umbian yang bisa dimakan, tanaman ini berasal dari wilayah pegunungan Andes di Amerika Selatan.

Para peneliti memperkirakan bahwa kentang telah dibudidayakan oleh orang-orang Indian yang tinggal di daerah ini antara 4.000 dan 7.000 tahun dan telah menjadi makanan pokok bagi merela. Seiring dengan perkembangan zaman, kentang dibudidayakan dan dikembangkan di beberapa negara termasuk di indonesia. Di indonesia, kentang telah menjadi salah-satu makana favorit, hal ini terbukti dengan adanya berbagi olahan makanan yang dibuat dari kentang.

Entah digoreng, direbus, dibakar atau dipanggang, kentang tetap menjadi makanan yang lezat dan favorit. Selain itu, kentang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sehingga baik dan aman dikonsumsi setiap hari.

Nilai Gizi Kentang

Satu kentang ukuran sedang mengandung 164 kalori, 0,2 gram lemak, 0 gram kolesterol, 37 gram karbohidrat, 4,7 gram serat makanan dan 4,3 gram protein. Kentang dengan porsi yang sama juga memenuhi 2% dari kebutuhan kalsium harian, 51% vitamin C, 9% zat besi, 30% vitamin B-6, 12% magnesium dan 25% dari kebutuhan kalium. Kentang juga menyediakan fosfor, niacin, asam folat, kolin dan seng.

Selain itu, Kentang mengandung senyawa yang dikenal sebagai asam alpha-lipoic yang bermanfaat dalam membantu tubuh untuk mengubah glukosa menjadi energi. Beberapa bukti menunjukkan bahwa asam alpha-lipoic bermanfaat dalam membantu mengontrol glukosa darah, meningkatkan vasodilatasi dan melindungi terhadap retinopati pada pasien diabetes dan membantu menjaga jaringan otak dan saraf.

Quercetin, flavonoid yang ditemukan dalam kulit kentang memilik sifat anti-inflamasi kuat dan kemampuan antioksidan yang bermanfaat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Manfaat Kentang untuk Kesehatan

Mengkonsumsi semua jenis buah-buahan dan sayur-sayuran dipercaya dapat menurunan risiko berbagai gangguan kesehatan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi makanan nabati seperti kentang dapat menurunkan resiko obesitas, diabetes, penyakit jantung dan juga meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, energi dan menurunkan berat badan.
Berikut beberapa manfaat kentang untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kentang pertama adalah mejaga kesehatan tulang. Kandungan Zat Besi, fosfor, kalsium, magnesium dan seng dalam kentang bermanfaat untuk membangun dan mempertahankan struktur dan kekuatan tulang, zat besi dan seng memegang peran penting dalam produksi dan pematangan kolagen.

Fosfor dan kalsium penting dalam struktur tulang, keseimbangan dari kedua mineral ini diperlukan untuk mineralisasi tulang yang tepat. Konsumsi fosfor yang berlebihan dengan kurangnya asupan kalsiumdapat akan mengakibatkan tulang keropos.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Menjaga asupan sodium yang rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium mungkin sama pentingnya karena efek vasodilatasi itu sendiri.

Selain itu, kalium, kalsium dan magnesium (yang ada dalam kentang) telah ditemukan/diketahui dapat menurunkan tekanan darah secara alami.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat kentang, kalium, vitamin C dan vitamin B-6, ditambah dengan kurangnya kolesterol, Semua bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung.

Kentang mengandung banyak serat yang membantu dalam menurunkan jumlah kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi resiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian, mereka yang mengkonsumsi 4069 mg kalium per hari memiliki resiko kematian akibat penyakit jantung 49% lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi kurang kalium (sekitar 1000 mg per hari).

Vitamin B-6 mencegah penumpukan senyawa yang dikenal sebagai homocysteine. Ketika jumlah homocysteine yang berlebihan menumpuk dalam tubuh, maka dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah jantung.

4. Mengurangi Peradangan

Kolin merupakan gizi yang sangat penting dan serbaguna dalam kentang, vitamin ini bermanfaat dalam membantu tubuh kita untuk tidur, pergerakan otot, belajar dan mengingat. Kolin juga membantu dalam mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam penyerapan lemak dan mengurangi peradangan yang kronis.

5. Mencegah Kanker

Kentang mengandung folat yang memegang peran dalam perpaduan dan perbaikan DNA, sehingga mencegah pembentukan sel-sel kanker dari mutasi pada DNA.

Asupan serat dari buah-buahan dan sayuran seperti kentang sering dikaitkan dengan penurunkan resiko dari kolorektal Kanker. Vitamin C dan quercetin berfungsi sebagai antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

6. Melancarkan Pencernaan

Manfaat kentang untuk melancarkan pencernaan. Karena kandungan seratnya yang tinggi, kentang bermanfaat dalam membantu mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan.

7. Mengendalikan Berat Badan

Serat makanan umumnya diketahui sebagai faktor penting dalam penngedalian berat badan. Serat berfungsi sebagai “bulking agents” dalam sistem pencernaan. Senyawa ini bermanfaat dalam meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan, sehingga membuat anda merasa kenyang lebih lama dan dengan demikian akan menurunkan asupan kalori anda.

8. Metabolisme

Kentang adalah sumber vitamin B-6, kentang memegang peran penting dalam metabolisme energi dengan memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino. Senyawa yang lebih kecil akan lebih mudah digunakan sebagai energi di dalam tubuh.

9. Menyehatkan Kulit

Manfaat kentang yang terakhir adalah menyehatkan kulit. Kolagen, yang merupakan sistem pendukung kulit, bergantung pada vitamin C sebagai gizi penting yang bekerja dalam tubuh kita, Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh matahari, polusi dan asap. Vitamin C juga mendorong kemampuan kolagen untuk menghaluskan keriput dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *