Manfaat Jeruk Nipis yang Luar Biasa untuk Kesehatan

 zhuL  October 2, 2022  0
Manfaat Jeruk Nipis yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Jeruk nipis (nama ilmiah Citrus Aurantifolia) merupakan salah satu buah yang sangat terkenal dalam dunia pengobatan. Namun buah ini terkenal bukan tanpa alasan, bila dipelajari lebih dalam maka anda akan menemukan segudang manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Buah dengan air yang asam ini bahkan dapat melakukan apa yang kebanyakan obat canggih tidak dapat lakukan. Selain itu, jeruk nipis juga telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan berbagai macam penyakit.

Nilai Gizi Jeruk Nipis

Menurut US Department of Agriculture National Nutrient Database, air perasan dari satu jeruk nipis (sekitar 44 gram) mengandung 11 kalori, 4 gram karbohidrat (termasuk 1 gram gula dan 0 gram serat) dan 0 gram protein, serta 22% dari kebutuhan vitamin C harian yang disarankan.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Mengkonsumsi semua jenis buah-buahan dan sayur-sayuran dipercaya dapat menurunan resiko berbagai gangguan kesehatan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi makanan nabati seperti jeruk nipis dapat menurunkan resiko obesitas, diabetes, penyakit jantung dan juga meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, energi dan menurunkan berat badan.

Berikut beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Diabates

Apabila membahas tentang manfaat jeruk nipis untuk penderita diabetes, menurut American Diabetes Association, jeruk nipis dan buah jeruk lainnya diklasifikasikan sebagai makanan super untuk penyakit diabetes karena beberapa alasan. Terutama karena tingginya kadar serat larut yang ditemukan pada jeruk nipis membuatnya menjadi makanan ideal untuk membantu mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah sehingga dapat mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan resiko serius untuk penderita diabetes.

Selain itu, jeruk nipis dan buah jeruk lainnya memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti bahwa mereka tidak akan menyebabkan lonjakan kadar glukosa yang tidak diinginkan.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Serat larut sama, yang dapat membantu penderita diabetes dalam menjaga kadar gula darah mereka juga dapat menurunkan tekanan darah dan menghilangkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Lebih jauh lagi, serat larut pada jeruk nipis dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah, yang merupakan tindakan pencegahan yang dikenal untuk penyakit jantung, serangan jantung dan stroke.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan. Segelas air hangat yang telah dicampur dengan perasan air jeruk nipis merupakan minuman penurun berat badan yang sangat baik. Kehadiran asam sitrat dalam jeruk nipis merupakan pembakar lemak yang cukup efektif. Anda dapat mengkonsumsi dua gelas sehari dan melihat hasilnya yang luar biasa dalam waktu satu minggu.

4. Perawatan Kulit

Air jeruk nipis dan minyak alaminya sangat bermanfaat untuk kulit bila dikonsumsi atau digunakan sebagai salep. Jeruk nipis dapat meremajakan kulit, membuat kulit bersinar, melindungi kulit dari infeksi dan mengurangi bau badan karena mengandung vitamin C dan flavonoid dalam jumlah banyak.

Kedua antioksidan penting ini memiliki sifat antibiotik dan desinfektan. Ketika digunakan sebagai salep pada kulit, asam jeruk nipis akan menghilangkan sel-sel mati, menyembuhkan ketombe, gatal-gatal dan memar. Jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman mandi yang menyegarkan jika air atau minyaknya dicampurkan ke dalam air mandi anda.

Asupan vitamin C juga diperlukan untuk membangun dan memelihara kolagen yang memelihara struktur kulit dan rambut.

5. Pencernaan

Manfaat jeruk nipis untuk melancarkan pencernaan. Buah yang memiliki air asam ini juga memiliki aroma menarik yang dapat membuat mulut menghasilkan air liur dan akan sangat membantu sistem pencernaan. Keasaman alami pada jeruk nipis akan mencegah melekul mikro makanan. Flavoid, senyawa yang ditemukan dalam minyak wangi yang diekstrak dari jeruk nipis, dapat merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu dan asam.

Buah yang kaya akan flavonoid ini juga dapat merangsang gerak peristaltik. Inilah alasan di balik konsumsi acar jeruk nipis dengan makan siang dan makan malam yang dilakukan di India dan negara-negara tetangga di wilayah itu.

6. Mengatasi Sembelit

Pada intinya, banyaknya jumlah asam yang ada pada jeruk nipis membantu membersihkan sistem ekskretoris (sistem pembuangan zat-zat sisa pada makhluk hidup) dengan cara mencuci dan membersihkan saluran pencernaan, seperti beberapa asam yang digunakan untuk membersihkan lantai dan toilet.

Serat dalam jeruk nipis juga membantu dalam mengurangi sembelit, namun unsur yang paling bermanfaat adalah tingkat keasamannya yang tinggi. Tingginya kandungan garam pada air jeruk nipis juga bertindak sebagai obat cuci perut yang sangat baik dan tanpa efek samping, sehingga dapat membantu mengatasi sembelit.

7. Menyembuhkan Bisul Perut (Radang pada Dinding Lambung)

Selain vitamin C, Jeruk nipis juga mengandung senyawa khusus yang disebut Flavonoid, senyawa ini memiliki sifat antioksidan, anti-karsinogenik, antibiotik dan detoksifikasi yang dapat merangsang proses penyembuhan lambung dan ulkus mulut.

8. Meredakan Gangguan Pernafasan

Minyak yang kaya akan flavonoid yang diekstrak dari jeruk nipis digunakan secara luas dalam obat-obatan anti-kongestif seperti balsem, vaporizer dan inhaler karena mengandung kaempferol. Hanya dengan menghirup kulit jeruk nipis yang telah digores akan membantu meredakan mual dan hidung mampet.

9. Mengatasi Radang Sendi

Salah satu dari sekian banyak penyebab radang sendi adalah asam urat berlebihan yang menumpuk di dalam tubuh. Asam urat merupakan salah satu hasil pembuangan yang akan dibersihkan dari tubuh melalui buang air kecil, tapi sayangnya, ketika menumpuk terlalu banyak, dapat menimbulkan rasa sakit dan peradangan pada sendi dan bahkan lebih buruk.

Asam sitrat yang ditemukan dalam buah jeruk seperti jeruk nipis adalah pelarut dimana asam urat dapat larut, dan juga bermanfaat dalam meningkatkan jumlah asam urat yang akan dikeluarkan dalam urin. Buah jeruk pada umumnya memiliki sifat anti-inflamasi, yang mana bermanfaat untuk mengatasi beberapa masalah peradangan.

10. Perawatan mata

Manfaat jeruk nipis untuk perawatan mata. Sifat antioksidan vitamin C bermanfaat dalam melindungi mata dari penuaan dan degenerasi makula. Selain itu, kandungan flavonoid pada jeruk nipis juga akan membantu melindungi mata dari infeksi.

11. Menurunkan Demam

Jika seseorang menderita demam, air jeruk nipis dapat menjadi obat alternatif. Pada umumnya, buah jeruk bermanfaat dalam menurunkan demam dan jika demam sangat tinggi, pasien sebaiknya minum jus lemon dan air. Namun, jika demam ringan dan sedang, jus buah lainnya, terutama jus jeruk seperti jeruk nipis dapat diberikan untuk menurunkan demam.

Selain itu, vitamin C yang ditemukan dalam konsentrasi tinggi pada buah jeruk juga dapat menurunkan suhu tubuh secara alami.

12. Asam Urat

Manfaat jeruk nipis untuk mencegah asam urat. Ada dua penyebab utama asam urat, yang pertama adalah akumulasi radikal bebas dalam tubuh, dan yang kedua adalah akumulasi racun dalam tubuh. Jeruk nipis dapat membantu mencegah kedua penyebab ini.

Jeruk nipis merupakan sumber yang luar biasa untuk antioksidan & detoxifiers (vitamin-C dan Flavonoid) yang dapat mengurangi jumlah radikal bebas serta detoksifikasi tubuh.

13. Mengobati Penyakit Kudis

Jeruk nipis sangat terkenal sebagai obat untuk penyakit kudis, penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin C. Penyakit ini ditandai dengan infeksi yang menunjukkan gejala dingin, bibir pecah-pecah dan radang sudut bibir, bisul di lidah dan mulut. Karena penyebab penyakit ini adalah kekurangan vitamin C maka tentunya obatnya tidak lain adalah vitamin C dan jeruk nipis sangat kaya akan vitamin C.

14. Gangguan Saluran Kemih

Kandungan kalium yang tinggi pada jeruk nipis sangat efektif dalam menghilangkan zat beracun dan endapan yang ada pada ginjal dan kandung kemih. Sifat disinfektan jeruk nipis juga membantu menyembuhkan infeksi dalam sistem kemih.

Selain itu, jeruk nipis juga dapat menghentikan pertumbuhan prostat (sangat umum pada laki-laki di atas 40) dan membersihkan penyumbatan air seni yang dapat diakibatkan endapan kalsium dalam saluran kemih.

Demikian beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, jika anda menyukai artikel ini, jangan lupa di share, Thanks.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *