Manfaat Jambu Biji yang Luar Biasa untuk Kesehatan

 zhuL  September 14, 2022  0
Manfaat Jambu Biji yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Jambu biji merupakan salah satu dari sekian banyak jenis buah yang terkenal di indonesia, dan saya percara anda pasti sudah pernah merasakan kelezatan buah ini. Faktanya, jambu biji tidak hanya terkenal di indonesia tapi juga di berbagai negara di seluruh dunia. Namun buah ini terkenal bukan tanpa alasan, disamping rasanya yang sangat lezat dan menyegarkan, manfaat jambu biji untuk kesehatan juga sangatlah luar biasa.

Jambu biji merupakan buah dari tamanan tropis yang berasal dari brazil, lalu seiring dengan waktu, kemudian dibudidayakan di negara-negara dengan iklim tropis termasuk Indonesia. Buah lezat ini berbentuk bulat, kulit berwarna hijau atau kuning, daging berwarna putih atau merah yang terdapat banyak biji-biji kecil didalam dagingnya dan rasa yang asam-manis.

Manfaat Jambu Biji

Berikut beberapa manfaat jambu biji yang luar biasa untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tahukah anda jika jambu biji merupakan salah satu sumber vitamin C terkaya ?, bahkan empat kali lipat dari kandungan vitamin C yang ada pada jeruk. Seperti yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan medis jika vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mengkonsumsi jambu biji dengan teratur akan melindungi anda dari barbagai mancam gangguan kesehatan.

2. Menurunkan Berat Badan

Jambu biji akan sangat membantu bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan tanpa mengorbankan asupan protein, vitamin dan serat. Jambu biji sangat tinggi serat dan kaya akan vitamin, protein dan mineral, serta tidak mengandung kolesterol. Buah ini merupakan makanan ringan yang mengenyangkan dan dapat memuaskan rasa lapar anda.

Jambu biji juga memiliki kandungan gula yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan buah apel, jeruk, anggur, dan buah lainnya. Menambahkan jambu biji pada menu makan siang akan membuat anda merasa kenyang hingga malam hari, sehingga akan mengurangi asupan kalori yang dapat menambah berat badan.

3. Mengurangi Tekanan Darah

Jambu biji dapat membantu dalam mengurangi kolesterol dalam darah dan mencegah pengentalan darah, sehingga dapat mempertahankan fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang kurang serat seperti tepung halus dapat menambah tekanan darah, sedangkan jambu biji yang kaya akan serat dan hipoglikemik, dapat membantu mengurangi tekanan darah secara alami.

4. Diabetes

Manfaat jambu biji untuk mencegah perkembangan diabetes. Karena kaya akan kandungan serat dan rendahnya indeks glikemik, jambu biji dapat mencegah perkembangan diabetes. Rendahnya indeks glikemik akan menghambat lonjakan kadar gula dara secara tiba-tiba, sedangkan tingginya kadar serat akan memastikan pengaturan kadar gula dengan baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi jambu biji dengan teratur dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe 2.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Jambu biji merupakan buah yang kaya akan vitamin A, vitamin yang diketahui sebagai pendorong kesehatan mata. Buah lezat ini dapat membantu dalam memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, dan gangguan kesehatan lainnya yang terkait dengan mata. Selain mencegah penyakit yang terkait dengan mata, jambu biji juga dapat meningkatkan kesehatan mata yang sudah menurun.

6. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat jambu biji yang paling terkenal dan penting adalah kemampuannya dalam mencegah dan metastasis sel-sel kanker. Ada banyak penelitian yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir tentang pengaruh jambu biji terhadap kanker, terutama pada kanker prostat, kanker payudara, dan kanker mulut. Minyak daun jambu biji sangat sukses sebagai zat anti-proliferasi, dan telah terbukti lebih efektif daripada obat-obatan modern yang terdepan dalam mengurangi pertumbuhan kanker.

Jambu biji juga kaya akan lycopene, antioksidan kuat yang telah terbukti sangat sukses dalam mengurangi resiko kanker prostat. Selain itu, lycopene juga telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara, meskipun percobaan untuk manusia yang lebih lanjut masih perlu dilakukan.

Tingginya kadar vitamin C pada jambu biji, empat kali lebih tinggi dari tingkat vitamin C yang ditemukan dalam jeruk, memberi tambahan antioksidan yang sangat besar pada sistem kekebalan tubuh. Antioksidan merupakan pertahanan utama terhadap perkembangan radikal bebas dalam tubuh, yang merupakan salah satu penyebab utama dari masalah kesehatan serius seperti kanker dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, menambahkan jambu biji dalam menu makanan anda merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan mencegah kanker.

7. Mencegah dan Mengobati Sembelit

Jambu biji merupakan salah satu sumber serat makanan terkaya dalam bentuk buah. Bijinya, jika ditelan utuh atau dikunya, berfungsi sebagai obat pencahar yang sangat baik. Kedua khasiat jambu biji ini akan membantu pembentukan gerakan usus yang sehat, dan membantu tubuh dalam mempertahankan air dan membersihkan usus dan sistem ekskresi anda secara menyeluruh.

Dikatakan bahwa sembelit saja dapat menyebabkan 72 jenis penyakit, sehingga mencegah atau mengobati sembelit merupakan hal yang sangat bermanfaat dan penting untuk kesehatan. Kondisi kesehatan anda sangat dipengaruhi oleh pencernaan, dan yang lebih penting lagi adalah pengeluaran kotoran yang tepat. Dengan mengkonsumsi jambu biji secara teratur akan menjamin keduanya.

8. Meningkatkan Fungsi dan Ketajaman Otak

Manfaat jambu biji lain yang sangat luar biasa adalah kehadiran vitamin B3 dan B6. B3 (juga dikenal sebagai niacin) dapat meningkatkan aliran darah dan merangsang fungsi kognitif. Sedangkan B6 merupakan gizi yang sangat baik untuk fungsi otak dan saraf. Oleh karena itu, mengkonsumsi jambu biji dapat membantu dalam meningkatkan fungsi dan ketajaman otak.

9. Perawatan Kulit

Jambu biji dapat memperbaiki tekstur kulit dan membantu untuk menghindari masalah kulit, bahkan lebih baik dari krim kecantikan terbaik atau gel toner kulit. Hal ini terjadi karena banyaknya astringen dalam buah (akan lebih banyak astringen pada jambu biji yang belum matang) dan daunnya.

Selain astringen, jambu biji juga sangat kaya akan vitamin A, B, C dan potasium yang merupakan antioksidan dan pendetoks yang baik, yang akan menjaga kulit anda bersinar dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini, keriput dan gangguan kulit lainnya.

10. Batuk dan Pilek

Jus jambu biji mentah yang belum matang atau rebusan daun jambu biji sangat membantu dalam mengurangi batuk dan pilek dengan cara mengurangi lendir, disinfeksi saluran pernapasan, tenggorokan dan paru-paru, dan menghambat aktivitas mikroba dengan khasiat astringen-nya.

Jambu biji merupakan salah satu buah yang sangat kaya akan vitamin C dan zat besi di antara semua buah buahan, dan keduanya terbukti dapat mencegah pilek dan infeksi virus. Di beberapa daerah di India, jambu matang panggang digunakan sebagai obat untuk kasus-kasus ekstrim untuk batuk, pilek, dan susah buang air besar.

Jambu biji matang harus dihindari oleh orang-orang yang menderita batuk dan pilek, karena dapat memperburuk keadaan mereka, dan kita juga harus menghindari minum air dengan segera setelah makan jambu biji karena dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

11. Kesehatan Tiroid

Jambu biji merupakan sumber tembaga yang cukup baik, yang merupakan zat penting untuk mengatur metabolisme tiroid dengan cara membantu dalam mengontrol produksi hormon dan penyerapan. Kelenjar tiroid merupakan salah satu kelenjar yang paling penting dalam tubuh untuk mengatur hormon dan fungsi sistem organ, sehingga dengan mengkonsumsi jambu biji akan membantu dalam menyeimbangkan kesehatan anda dalam banyak hal.

Demikian beberapa manfaat jambu biji untuk kesehatan, jika anda menyukai artikel ini, jangan lupa di share, Thanks.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published.