Manfaat Durian untuk Kesehatan

 Zhul Al Gray |  Update 27 May 2016 |   0 Comment
manfaat durian

Durian memiliki rasa yang lezat, tekstur daging yang lembut dan bau yang khas, serta populer dan kontroversial di negara-negara asia tenggara seperti indonesia. Selain rasanya yang lezat, manfaat durian untuk kesehatan juga sangat baik. Durian mengandung banyak gizi, dan apabila dikonsumsi dalam jumlah sedang (tidak berlebihan), maka akan memberi tubuh banyak mineral, vitamin dan lemak baik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Berbeda dengan kepercayaan banyak orang, anda tidak akan mengalami lonjakan kolesterol tinggi setelah memakan buah ini. Bahkan buah durian memiliki lemak tak jenuh (lemak sehat) yang dapat menurunkan kadar kolesterol berbahaya dalam tunuh dan juga menjaga tekanan darah.

Akan tetapi, mengkonsumsi buah durian dalam jumlah banyak akan meningkatkan berat badan. Satu buah durian dapat mengandung 885 hingga 1.500 kalori tergantung pada ukurannya. Durian bisa menjadi sumber gizi yang baik, tetapi juga tinggi kalori dan karbohidrat sehingga harus dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Di negara-negara asia tenggara, Durian sering disebut sebagai “raja buah”. Durian awalnya berasal dari negara indonesia, malaysia dan brunei dan mungkin Filipina, tetapi masih diperdebatkan hingga sekarang.

Alasan durian sering dianggap kontroversial karena baunya yang sangat khas dan kuat yang dapat membuat orang memberi pendapat yang berbeda. Untuk sebagian orang, bau durian akan tercium sangat harum dan enak, namun sebagian orang juga berpendapat bahwa bau durian sangat tidak enak dan memusingkan bila tercium. Hal inilah yang telah menyebabkan durian dilarang pada transportasi umum di negara-negara asia tertentu.

Nilai Gizi Durian

Manfaat durian untuk kesehatan berasal dari kandungan vitamin dan mineralnya. Dari segi vitamin, durian mengandung vitamin C, asam folat, thiamin, riboflavin, niasin, B6 dan vitamin A. Sedangkan dari segi mineral diantaranya potasium, zat besi, kalsium, magnesium, natrium, seng, dan fosfor. Durian juga mengandung gizi seperti fitonutrien, air, protein dan lemak makanan.

Manfaat Durian untuk kesehatan

Berikut beberapa manfaat durian untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Sebagai Sumber Energi

Satu porsi (243 gram) durian akan memberi sekitar 20% dari kebutuhan karbohidrat harian. Beberapa orang menghindari durian karena sedang diet, namun bagi orang-orang yang berprofesi sebagai atlit atau propesi lain yang membutuhkan tambahan energi maka durian merupakan salah satu solusinya.

2. Sebagai Sumber Vitamin C yang Tinggi

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat penting dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya melawan penyakit, membantu dalam penyembuhan luka, membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan aliran darah, dll. Dengan mengkonsumsi durian, maka anda akan mendapatkan semua manfaat yang dapat diberi oleh vitamin C.

3. Sebagai Sumber Zat Besi dan Tembaga yang Tinggi

Durian mengandung zat besi dan tembaga yang cukup tinggi. Tembaga dan zat besi dibutuhkan dalam pembentukan dan penciptaan sel darah merah yang sehat. Durian juga mengandung mangan yang dapat membantu tulang dan kesehatan kulit.

4. Sebagai Sumber Kalium yang Tinggi

Kalium merupakan elektrolit penting yang membantu dalam mengontrol tekanan darah, menjaga kadar sodium, dan membantu dalam mengatur detak jantung anda. Durian memiliki banyak kalium dan hal itu bisa sangat membantu untuk menjaga kesehatan anda.

5. Melancarkan Pencernaan

Durian mengandung kadar serat makanan yang tinggi. Seperti yang telah diketahui melalui ilmu pengatahuan medis bahwa serat sangat penting untuk beberapa sistem dalam tubuh, terutama pada sistem pencernaan. Dengan kandungan serat yang tinggi pada durian maka akan sangat membantu dalam melancarkan pencernaan.

6. Menjaga Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung

Durian merupakan sumber yang kaya akan kalium, kalium merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari garam dan keseimbangan cairan seluruh sel-sel dalam tubuh, kadar kalium juga menentukan tekanan darah. Ketika tubuh memiliki kalium yang cukup, maka pembulu darah bisa beristirahat, stres pada sistem kardiovaskular akan berkurang, dan mengurangi resiko kondisi seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Mengurangi stres pada pembuluh darah dan arteri juga dapat meningkatkan aliran darah beroksigen ke otak, dan penelitian telah menunjukkan bahwa kadar kalium dapat membantu dalam meningkatkan fungsi kognitif dan memori, mengurangi risiko perkembangan penyakit alzheimer dan demensia.

7. Mencegah Kanker

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Duriak kaya akan vitamin, gizi dan bahan kimia organik yang berfungsi sebagai antioksidan. Seperti yang anda ketahun bahwa radikal bebas dalam tubuh dapat mengubah DNA sel-sel menjadi sel kanker. dengan adanya antioksidan maka hal ini dapat diatasi.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Durian merupakan sumber magnesium, kalium, mangan, dan tembaga yang memainkan peran penting dalam mengembangkan dan mempertahankan kekuatan dan daya tahan tulang. Kalium juga meningkatkan efisiensi asupan unsur hara pada sel-sel, sehingga memaksimalkan jumlah mineral-mineral bermanfaat yang tubuh dapat serap. Mineral sangat penting dalam membantu mencegah perkembangan osteoporosis bagi pasien dari segala usia.

9. Mengobati Anemia

Durian mengandung banyak jenis mineral yang berbeda, diantaranya adalah asam folat yang merupakan komponen penting dalam produksi sel darah merah. Durian juga merupakan sumber yang baik untuk zat besi dan tembaga yang keduanya merupakan komponen penting dari sel-sel darah merah.

Setelah produksi RBC sudah kembali normal, maka gejala anemia seperti gangguan pencernaan, migren, kelelahan, kecemasan dan kerusakan kognitif akan hilang.

Efek Samping Mengkonsumsi Durian

Satu-satunya bahaya mengkonsumsi durian adalah karena kandungan lemaknya yang tinggi, durian memiliki kandungan lemak sekitar 3 kali lipat lebih banyak dari kebanyakan buah buahan, kecuali alpukat. Meskipun lemak ini merupakan lemak tak jenuh (lemak sehat), tetapi bagi anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan atau menderita obesitas maka sebaiknya tidak mengkonsumsi buah ini.

 

Demikian beberapa manfaat durian untuk kesehatan, jika anda menyukai artikel ini, jangan lupa di share, Thanks.

 

Reference


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *