Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Anda Ketahui

 zhuL  September 19, 2022  0
manfaat daun pepaya untuk kesehatan

Pepaya adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan utara dari Amerika Selatan, namun kini banyak dibudidayakan di negara-negara yang memiliki iklim tropis termasuk indonesia.

Pepaya banyak dibudidayakan karena buahnya yang lezat dan menyehatkan, karena alasan inilah buah pepaya cukup terkenal dan bahkan hampir semua orang di seluruh dunia mengenal dan menyadari manfaat buah pepaya yang luar biasa untuk kesehatan, namun sayangnya orang-orang terlalu fokus pada buah pepaya sehingga tidak banyak yang tahu dan menyadari manfaat daun pepaya untuk kesehatan.

Saat masih muda, daun pepaya biasanya diolah menjadi sayuran lezat dan bergizi tinggi. Namun selain dapat diolah menjadi sayuran, daun pepaya juga diketahui mengandung senyawa penyembuh kuat yang sangat penting untuk kesehatan dan vitalitas tubuh sehingga dapat dijadikan sebagai obat untuk beberapa jenis penyakit, penambah energi dan masih banyak lagi.

Nilai Gizi Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang cukup beragam, diantaranya vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, kalori 79 kal per 100 gram, protein 8,0 gram per 100 gram, lemak 2,0 gram per 100 gram, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, kalsium 353 miligram per 100 gram, dan air 75,4 gram per 100 gram.

Daun pepaya juga mengandung carposide yang bermanfaat sebagai obat cacing, dan zat papain dalam jumlah banyak yang membuatnya terasa sangat pahit.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Kanker

Salah satu manfaat daun pepaya yang cukup menakjubkan adalah mencegah dan mengobati kanker. Daun Pepaya memiliki getah seperti susu yang sangat baik untuk mencegah dan membunuh sel-sel kanker karena getah tersebut mengandung acetogenin. Ada banyak hasil penelitian termasuk beberapa penelitian di Jepang yang menunjukkan bahwa daun pepaya efektif untuk menyembuhkan kanker, dan ada beberapa orang yang telah sembuh dari kanker dengan cara minum teh daun pepaya dalam waktu yang lama.

University of Florida telah melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa daun pepaya mengandung zat-zat yang dapat membunuh kanker, terutama kanker leher rahim, prostat, hati, payudara, dan paru-paru. Semakin pekat/padat teh daun pepaya maka semakin baik hasilnya, dan tidak ada efek samping apapun.

Turun temurun melalui sejarah di Australia, orang-orang Aborigin asli telah membicarakan teh daun pepaya sebagai sarana penyembuhan kanker yang cukup baik, selain di Australia juga di Asia dan tempat-tempat lainnya.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan acetogenin pada daun pepaya tidak hanya dapat membunuh sel-sel kanker tapi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, daun pepaya mengandung banyak antioksidan kuat yang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan serangan virus dan bakteri yang ada di dalam tubuh.

3. Meningkatkan Produksi Trombosit Darah

Mempertahankan trombosit darah dalam jumlah besar sangat penting bagi anda yang baru saja menderita penyakit serius, khususnya penyakit seperti demam berdarah yang menyebabkan trombosit darah turun ke tingkat yang sangat rendah. Asia Pacific Journal of Tropical Biomedik menemukan bahwa jus daun pepaya dapat meningkatkan produksi trombosit darah secara signifikan.

4. Medukung Hati

Manfaat daun pepaya untuk mendukung hati. Karena efek pembersihan yang sangat ampuh dari jus daun pepaya untuk hati, daun pepaya merupakan dasar dari pengobatan berbagai macam penyakit kronis, terutama yang berkaitan dengan hati, seperti penyakit kuning, sirosis hati dan kanker hati.

5. Meningkatkan Energi

Jus daun pepaya sangat baik dalam pembersihan dan penyembuhan sehingga meminumnya setiap hari dapat meningkatkan energi. Hal ini akan sangat membantu bagi anda yang membutuhkan banyak energi dalam melakukan aktivitas sehari hari.

6. Mengobati Gangguan Pencernaan dan Asam Lambung

Daun Pepaya sangat baik untuk menyingkirkan serangan bakteri yang menyebabkan gangguan pencernaan karena mengandung karpain yang dapat membunuh bakteri. Daun Pepaya juga mengandung banyak papain, enzim protease, dan enzim amilase yang membantu untuk memecah protein, karbohidrat, dan menenangkan saluran pencernaan.

Selain itu, daun pepaya juga dapat membantu dalam mengobati asam lambung.

7. Meminimalkan Peradangan

Peradangan merupakan efek samping yang umum dari penyakit dan alergi. Sifat anti-inflamasi dalam jus daun pepaya akan sangat membantu untuk mengurangi peradangan, dan mungkin juga mengurangi efek samping perawatan kemoterapi.

8. Menurunkan Kadar Gula Darah secara Alami

Jus daun pepaya dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang akan membantu dalam mengatur kadar gula darah. Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun pepaya juga akan sangat membantu untuk mengurangi komplikasi kedua dari diabetes seperti fatty liver, kerusakan ginjal dan mengurangi stres oksidatif.

9. Pembesaran Prostat

Manfaat daun pepaya untuk mengobati pembesaran prostat jinak. Daun pepaya dapat membantu anda yang memiliki masalah pembesaran prostat jinak. Daun ini juga dapat membantu menggurangi berbagai masalah yang terkait dengan pembesaran prostat seperti masalah lesi dubur.

10. Mengobati Demam Berdarah

Teh daun pepaya dapat menurunkan demam dan membantu mengobati pilek, flu, dan demam berdarah. Bahkan beberapa orang menyebut daun pepaya sebagai obat untuk demam berdarah.

11. Menghilangkan Jerawat

Apakah muka anda jerawatan ? buatlah pasta daun pepaya dengan cara mengeringkannya terlebih dulu, setelah kering campur dengan air secukupnya, kemudian diblender. Setelah halus, gunakan sebagai masker, biarkan kering, kemudian cuci muka anda. Cara ini biasanya sangat efektif untuk menghilangkan jerawat.

12. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat daun pepaya untuk meningkatkan nafsu makan. Apakah anda lagi malas makan dan kurang bersemangat ? minumlah teh daun pepaya !. Minum teh daun pepaya dapat meningkatkan nafsu makan, serta mengembalikan semangat dan vitalitas tubuh.

13. Mencegah Emfisema

Daun Pepaya mengandung banyak vitamin D yang bermanfaat dalam mencegah emfisema.

14. Masalah kulit

Daun pepaya dapat membantu anda yang mengalami infeksi jamur pada kulit, kutil, bekas luka, dan menyingkirkan bintik-bintik.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *