Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

 zhuL  October 2, 2022  0
manfaat daun jambu biji untuk kesehatan

Ketika mendengar kata “jambu biji”, mungkin anda akan langsung berpikir tentang buah jambu biji yang sangat lezat dan menyekarkan. Namun selain buahnya yang lezat dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, manfaat daun jambu biji juga sangat luar biasa.

Daun muda jambu biji bisa diseduh sebagai teh yang telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional selama berabad-abad di berbagai negara seperti Indonesia, Meksiko, Amerika Selatan dan beberapa negara lainnya.

Manfaat Daun Jambu Biji

Berikut beberapa manfaat daun jambu biji untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Menurunkan Berat Badan

Daun jambu biji membantu mencegah karbohidrat kompleks berubah menjadi gula yang diketahui dapat merangsang nafsu makan dan kelebihan berat badan. Inilah sebabnya mengapa daun jambu biji dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan.

2. Meringankan Masalah Pencernaan

Daun jambu biji memiliki sifat anti-bakteri yang membantu mencegah pertumbuhan mikroba lebih lanjut dalam usus. Daun jambu biji juga mengurangi produksi lendir tambahan yang dapat mengganggu sistem pencernaan. Inilah sebabnya mengapa daun jambu biji berguna untuk mengobati masalah pencernaan seperti radang lambung dan diare.

3. Membantu Meringankan Sembelit

Daun jambu biji mengandung serat makanan yang sangat tinggi, sehingga dapat berfungsi sebagai obat pencahar yang sangat baik dan membantu tubuh dalam memulihkan diri ke keadaan biasa untuk mengeluarkan kotoran.

4. Mengurangi Pengaruh Diabetes

Daun jambu biji menurunkan kadar glukosa tubuh, tanpa meningkatkan kadar insulin.

5. Membantu Melawan Penyakit seperti Kanker

Karena Mengandung antioksidan lycopene yang tinggi, daun jambu biji dapat membantu melawan kanker, khususnya kanker payudara, prostat, dan kanker mulut. Penelitian telah mengungkapkan bahwa ekstrak jambu biji dapat membantu menghambat produksi androgen, hormon laki-laki yang bertanggung jawab untuk mendorong pertumbuhan sel-sel kanker prostat.

6. Mengurangi Efek Sampung Alergi

Dengan menghentikan pembentukan histamin, daun jambu biji dapat mengurangi efek samping alergi. Daun jambu biji juga dapat menjadi obat yang baik untuk meminimalkan pembengkakan gigitan serangga.

7. Meredakan Radang Gusi, Bisul di Mulut atau Sakit Gigi Ringan

Dengan mengunyah daun jambu biji, Anda bisa meredakan masalah mulut yang akan mengganggu aktivitas harian anda.

8. Mencegah Rambut Rontok

Untuk mencegah rambut rontok, rebus segenggam daun jambu biji dalam satu liter air selama 20 menit, setelah airnya dingin, gunakan dengan cara dipijatkan ke kulit kepala.

9. Membantu dalam Mengontrol Tekanan Darah

Daun jambu biji diketahui dapat membantu mengontrol tekanan darah dengan cara mencegah pengentalan darah dan mendorong fluiditas aliran darah ke seluruh tubuh. Tingginya kandungan serat dan hipoglikemia alam daun jambu biji, keduanya diketahui menjadi faktor untuk melawan tingkat gula darah yang tinggi.

10. Menjaga Kesehatan Otak

Salah satu manfaat daun jambu biji yang cukup penting adalah menjaga kesehatan otak. daun jambu biji mengandung vitamin B3 (juga dikenal sebagai Niacin) dan B6 tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan otak. Niacin diketahui dapat meningkatkan aliran darah, bersamaan dengan peningkatan fungsi kognitif dan fokus.

11. Menjaga Kesehatan Fungsi Tiroid

Daun jambu biji dapat membantu dalam menjaga kesehatan kelenjar tiroid karena mengandung tembaga yang tinggi. Kelenjar tiroid merupakan salah satu kelenjar yang paling penting dalam tubuh untuk mengatur hormon dan fungsi sistem organ. Kandungan tembaga pada daun jambu biji bermanfaat untuk mengatur metabolisme tiroid dengan cara membantu dalam mengontrol produksi hormon dan penyerapan di seluruh tubuh.

12. Meningkatkan Kesehatan Mata

Daun jambu biji mengandung vitamin A yang tinggi, vitamin ini diketahui sebagai pendorong kesehatan mata. Daun jambu biji dapat membantu dalam memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, dan gangguan kesehatan lainnya yang terkait dengan mata. Namun selain mencegah penyakit yang terkait dengan mata, jambu biji juga dapat meningkatkan kesehatan mata yang sudah menurun.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *