Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan

 zhuL  October 10, 2022  0
Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan

Daun bawang merupakan jenis sayuran dari kelompok bawang yang sering digunakan sebagai bahan pelengkap dalam berbagai jenis masakan. Dalam seni masakan Indonesia, daun bawang biasanya dicampur dengan telur dadar, martabak telur, gorengan, sop, coto makassar, dan masih banyak lagi. Namun selain dapat menambah cita rasa masakan, manfaat daun bawang juga sangat baik bagi kesehatan.

Sebenarnya, daun bawang merupakan istilah umum yang dapat terdiri dari jenis yang berbeda, jenis yang paling sering dijumpai pada masakan adalah daun bawang bakung atau bawang semprong/sibol yang dalam bahasa latin disebut allium fistulosum dan daun bawang prei atau leek, dalam bahasa latin disebut allium porrum.

Kedua daun bawang diatas memiliki ciri fisik yang berbeda. Daun bawang bakung/semprong/sibol mempunyai umbi kecil, berdaun bulat, panjang, serta memiliki lubang seperti pipa. Sedangkan daun bawang prei/leek tidak mempunyai umbi, berdaun panjang, pipih, serta memiliki pelepah yang panjang dan liat.

Nilai Gizi Daun Bawang

100 gram daun bawang mengandung sekitar 83 g air, 1 g protein, dan 2 g serat makanan. Daun bawang merupakan sumber yang baik untuk beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, Zat Besi, Kalsium, Magnesium dan Mangan.

Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan

Selain digunakan sebagai bahan pelengkap untuk menambah cita rasa masakan, daun bawang juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat daun bawang bagi kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh

Daun bawang kaya akan vitamin A, vitamin yang terkenal karena sifat anti-infeksinya. Vitamin A membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara menjaga kesehatan dan keutuhan lapisan mukosa pada tenggorokan, hidung, saluran pencernaan serta saluran kemih.

Selain itu, vitamin A juga berperan penting dalam pengembangan dan fungsi sel darah putih.

2. Sebagai Antibakteri

Khasiat antibakteri daun bawang berasal dari kandungan alliinase nya, kandungan alliinase daun bawang tidak sekuat seperti pada bawang putih, namun masih cukup kuat untuk mencegah berbagai macam bakteri. Setelah daun bawang dipotong, kandungan alliinase yang akan bereaksi dengan oksigen dan membentuk alisin, komposit sulfur. Para peneliti telah membuktikan bahwa alisin dapat berperang dalam melawan staphylococcus dan tekanan bakteri coli yang ada  dalam ayam. Dengan demikian, akan membantu untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme.

3. Anemia

Manfaat daun bawang dalam mengatasi anemia secara alami. Karena kandungan zat besinya yang diperlukan untuk sintesis hemoglobin (protein di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh), daun bawang dapat membantu dalam mengatasi berbagai macam jenis anemia, terutama yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Selain itu, kandungan vitamin C pada daun bawang juga merupakan perpaduan dengan zat besi yang cukup efisien.

4. Tekanan Darah Tinggi

Daun bawang kaya akan kalium, yang mana dapat mendorong diuresis sehingga membantu dalam menurunkan sekaligus mengontrol tingkat tekanan darah. Itu sebabnya jus daun bawang sangat cocok bagi orang berjuang melawan hipertensi.

5. Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun bawang dalam menurunkan kolesterol. Daun bawang menawarkan khasiat anti-kolesterol sekaligus anti-aterosklerosis yang akan membantu dalam mengurangi asimilasi kolesterol melalui usus, bersamaan dengan oksidasi LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

6. Baik untuk Sistem Saraf

Magnesium, fosfor serta asam folat yang terkadung dalam daun bawang merupakan gizi penting yang diperlukan untuk kesehatan fungsi sistem saraf. Mereka membantu dalam meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan juga kemampuan otak untuk memproses informasi.

Selain itu, asam folat merupakan tambahan penting untuk menghindari cacat otak pada bayi.

7. Membersihkan Racuh di dalam Tubuh

Mungkin hal yang paling khas dari jus daun bawang adalah efek pembersihan pada seluruh tubuh. Daun bawang bermanfaat dalam membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dengan cara meningkatkan pembersihan pada usus besar.

8. Menjaga Kekuatan dan Kesehatan Tulang

Daun bawang mengandung kalsium yang bisa ditemukan dalam buah-buahan atau sayuran, kalsium merupakan komponen yang tulang benar-benar butuhkan untuk mengembangkan kekuatannya. Selain kandungan kalsium, daun bawang juga mengandung vitamin K, vitamin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dalam jangka panjang.

9. Baik untuk Pencernaan

Daun bawang merupakan salah satu dari sedikit makanan yang mengandung bakteri prebiotik, bakteri ini akan menjaga sistem pencernaan kita bekerja dengan efisien.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *