Manfaat Coklat Bagi Kesehatan yang Mungkin Belum Anda Ketahui

 zhuL  September 26, 2022  0
Manfaat Coklat bagi Kesehatan yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Coklat sering dianggap sebagai makanan tidak sehat yang dapat memberi pengaruh buruk bagi kesehatan, namun pada kenyataannya ada banyak manfaat coklat bagi kesehatan karena mangandung sejumlah gizi yang dapat memberi pengaruh baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Coklat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao, coklat memiliki rasa manis yang khas, biasanya berwarna coklat/hitam dan merupakan salah satu makanan terpopuler dan terfavorit di seluruh belahan dunia.

Coklat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika sekitar 4000 tahun yang lalu sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa pada waktu itu coklat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan.

Manfaat Coklat bagi Kesehatan

Coklat sering dianggap sebagai makanan tidak sehat yang dapat memberi pengaruh buruk bagi kesehatan, salah satu alasan utama kenapa banyak orang (terutama perempuan yang menjaga atau sedang berusaha untuk menurunkan berat badan mereka) menghindari coklat karena makanan lezat dan manis ini dipercara dapat meningkatkan berat badan.

Namun pada kenyataannya, penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa coklat mengandung sejumlah gizi yang dapat memberi pengaruh baik bagi kesehatan tubuh manusia, dan bahkan coklat juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

Berikut beberapa manfaat coklat bagi kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat coklat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada The Journal of Nutrition yang bertujuan untuk mengetahui apakah sterol nabati dan flavanol kakao pada coklat memiliki pengaruh pada kadar kolesterol jahat.

Para penulis penelitian menulis “Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi coklat dengan teratur yang mengandung sterol nabati dan flavanol kakao sebagai makanan yang rendah lemak dapat mendukung kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat dan memperbaiki tekanan darah”.

2. Meningkatkan Fungsi Otak dan Mencegah Penurunan Daya Ingat

Para ilmuwan di Harvard Medical School menganjurkan agar meminum dua cangkir coklat panas setiap hari untuk membantu menjaga otak tetap sehat dan mencegah penurunan daya ingat pada orang tua. Para peneliti mengatakan bahwa coklat panas dapat memperbaiki aliran darah di daerah kerja otak. Dengan lancarnya aliran darah di otak maka akan meningkatkan fungsi otak.

Seorang penulis terkenal bernama Farzaneh A. Sorond, berkata “Ketika setiap daerah yang berbeda pada otak membutuhkan lebih banyak energi untuk menyelesaikan tugas-tugasnya, mereka juga membutuhkan aliran darah yang lebih besar. Hubungan ini disebut “Neurovascular Coupling”, yang mana dapat berperan penting dalam penyakit seperti Alzheimer”.

Dalam penelitian lebih lanjut yang diterbitkan pada tahun 2014, para peneliti menemukan bahwa ekstrak kakao yang disebut “Lavado” dapat mengurangi atau memblokir kerusakan jalur saraf pada pasien yang menderita penyakit Alzheimer.

3. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Penelitian yang dipublikasikan di BMJ (British Medical Journal) menunjukkan bahwa mengkonsumsi coklat dapat membantu menurunkan sekitar 1/3 dari resiko penyakit jantung. Laporan ini dipresentasikan pada European Society of Cardiology Congress di Paris, Prancis.

Para penulis menyimpulkan “Berdasarkan bukti pengamatan, kadar konsumsi coklat sepertinya terkait dengan penurunan resiko gangguan kardiometabolik yang cukup besar. Percobaan penelitian-penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan potensi pengaruh manfaat konsumsi coklat”.

4. Menurunkan Resiko Stroke

Para ilmuwan Kanada melakukan penelitian yang melibatkan 44.489 orang dan menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi coklat mengalami penurunan resiko stroke sekitar 22% dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi coklat.

Dalam penelitian lebih lanjut yang diterbitkan dalam journal Heart pada tahun 2015, peneliti menelusuri pengaruh makanan terhadap kesehatan jangka panjang dari 25.000 laki-laki dan perempuan, dan menyarankan agar mengkonsumsi hingga 100 g coklat setiap hari karena dapat terkait dengan penurunan resiko penyakit jantung dan stroke.

5. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Manfaat coklat dalam melindungi kulit dari sinar matahari. Coklat mengandung antioksidan yang disebut flavonoid, antioksidan ini dapat melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan sinar matahari. Tetapi bukan berarti anda tidak perlu lagi menggunakan Sun Cream apabila bekerja dibawa terik matahari.

6. Meningkatkan Penglihatan

Coklat dapat meningkatkan aliran darah, khususnya ke otak. Para peneliti di University of Reading hypothesized pada penelitian kecil tahun 2011 menemukan bahwa coklat juga dapat meningkatkan aliran darah ke retina, sehingga dapat meningkatkan penglihatan.

7. Membantu dalam Menurunkan Berat Badan

Manfaat coklat dalam membantu menurunkan berat badan. Karena kaya akan serat, coklat dapat membantu anda merasa kenyang lebih lama sehingga anda akan makan lebih sedikit.

Resiko Mengkonsumsi Coklat

Coklat memiliki jumlah kalori yang tinggi dan mengandung gula dalam jumlah besar. Oleh karena itu, jika anda sedang diet atau menjaga berat badan maka sebaiknya tidak mengkonsumsi coklat terlalu banyak. kandungan gula yang cukup besar pada coklat juga dapat menjadi penyebab kerusakan gigi.

Selain itu, ada penelitian yang menunjukkan bahwa coklat dapat menyebabkan struktur tulang menjadi buruk dan mengalami osteoporosis.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, dilakukan untuk mengidentifikasi hubungan antara konsumsi coklat dan kepadatan tulang pada wanita lanjut usia.

Para penulis menyimpulkan bahwa “wanita lanjut usia yang mengkonsumsi coklat setiap hari memiliki kepadatan dan kekuatan tulang yang lebih rendah”.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *