Manfaat Cabai yang Tidak Terduga bagi Kesehatan

 zhuL  September 14, 2022  0
manfaat cabai bagi kesehatan

Buah cabai merupakan buah dari tumbuhan genus Capsicum, anggota keluarga Nightshade, Solanaceae. Buah ini terkenal karena rasa pedasnya, “apapun makanannya, tidak akan terasa nikmat tanpa cabai” kira-kira begitulah kata para pecinta pedas. Cabai umumnya digunakan sebagai bumbu untuk menambah rasa pedas pada makanan. namun selain sebagai bumbu, manfaat cabai juga sangat baik untuk kesehatan.

Di negara India, cabai dimasukkan dalam obat-obatan Ayurvedic dan digunakan sebagai tonik untuk menangkal berbagai macam penyakit. Cabai baik digunakan untuk melangsingkan tubuh karena dapat membakar kalori dengan mudah. Cabai juga bermanfaat dalam merangsang nafsu makan, membantu untuk membersihkan paru-paru, dan merangsang sistem pencernaan.

Manfaat Cabai bagi Kesehatan

Cabai merupakan sumber yang sangat baik untuk vitamin A, B, C dan E, dan juga mineral seperti molibdenum, mangan, folat, potassium, tiamin, dan tembaga. Cabai mengandung tujuh kali lebih banyak vitamin C dari pada jeruk.

Berikut beberapa manfaat Cabai bagi kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Warna cerah pada cabai merah merupan tanda dari kandungan beta-karoten atau pro-vitamin A nya yang tinggi. Hanya dengan dua sendok teh cabai merah menyediakan sekitar 6% nilai harian vitamin C, ditambah dengan lebih dari 10% nilai harian vitamin A.

Sering disebut sebagai vitamin anti-infeksi, vitamin A penting untuk kesehatan selaput lendir, yang melapisi saluran hidung, paru-paru, saluran pencernaan dan saluran kemih dan berfungsi sebagai garis pertama pertahanan tubuh terhadap patogen.

2. Mencegah Kanker

Telah tercatat dalam ilmu pengetahuan medis bahwa vitamin C, beta-karoten dan asam folat yang ditemukan pada cabai bermanfaat dalam mengurangi resiko kanker usus besar. Buah cabai seperti cabai merah memiliki karotenoid lycopene yang dapat mencegah penyakit kanker.

3. Menurunkan Rasa Sakit atau Nyeri

Capsaicin yang terkandung dalam cabai sekarang menjadi salah satu pilihan pengobatan yang diakui untuk nyeri osteoarthritis. Beberapa ulasan penelitian dari pengendalian rasa sakit untuk neuropati diabetes telah mencatat manfaat capsaicin dalam mengurangi atau menghilangkan rasa sakit yang terkait dengan kondisi ini.

4. Melancarkan Pernafasan

Kandungan capsaicin pada cabai tidak hanya mengurangi rasa sakit, tapi rasa panas pedasnya juga merangsang sekresi yang dapat membantu membersihkan lendir dari hidung tersumbat atau sesak paru-paru.

5. Baik untuk Otak

Capsaicin juga dapat merangsang otak untuk mengeluarkan endorfin dan memberikan rasa nikmat saat tertelan. Ini adalah alasan orang-orang kecanduan cabai.

6. Menurunkan Berat Badan

Semua rasa panas yang anda rasakan setelah makan cabai pedas menggunakan energi dan kalori untuk membuatnya. Bahkan paprika merah manis telah ditemukan mengandung zat yang meningkatkan thermogenesis (produksi panas) dengan signifikan dan konsumsi oksigen selama lebih dari 20 menit setelah dimakan.

7. Serangan Jantung

Manfaat cabai untuk mengurangi resiko serangan jantung. Buah cabai mengandung vitamin B6 dan asam folat. Vitamin B dapat mengurangi tingkat homosistein yang tinggi, tingginya tingkat homosistein telah terbukti dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan dikaitkan dengan meningkatnya resiko serangan jantung dan stroke.

8. Detoxicants

Cabai juga bermanfaat sebagai pendetoks alami karena dapat membersihkan hasil pembuangan tubuh dari dalam tubuh kita dan meningkatkan asupan gizi ke jaringan tubuh. Cabai juga bertindak sebagai detoxicants pencernaan, sehingga membantu dalam proses pencernaan makanan.

Refefence



Leave a Reply

Your email address will not be published.