Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

 zhuL  September 20, 2022  0
manfaat buah pepaya untuk kesehatan

Pepaya adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan utara di Amerika Selatan. Sekarang, pepaya menyebar luas dan banyak dibudidayakan di negara-negara yang memiliki iklim tropis. Pepaya memiliki buah yang lezat dan sangat populer, namun bukan hanya itu yang membuat buah ini menjadi sangat populer, tapi juga manfaat buah pepaya yang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi buah pepaya diantaranya menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes dan kanker, melancarkan pencernaan, meningkatkan kontrol grlukosa darah pada penderita diabetes, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan penyembuhan luka.

Nilai Gizi Buah Pepaya

Satu buah pepaya ukuran sedang memiliki sekitar 120 kalori, 30 gram karbohidrat (termasuk 5 gram serat dan 18 gram gula) dan 2 gram protein.

Buah Pepaya merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, satu buah pepata ukuran sedang menyediakan 224% dari kebutuhan harian vitamin C. Buah Pepaya juga merupakan sumber yang baik untuk folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotenat dan serat. Selain itu, buah pepaya juga memiliki vitamin B, alpha dan beta karoten, lutein dan zeaxanthin, vitamin E, kalsium, kalium, vitamin K dan lycopene.

Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan

Mengkonsumsi semua jenis buah-buahan dan sayur-sayuran dipercaya dapat menurunan resiko berbagai gangguan kesehatan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi makanan nabati seperti buah pepaya dapat menurunkan resiko obesitas, diabetes, penyakit jantung dan juga meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, energi dan menurunkan berat badan.

Berikut beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Mencegah Asma

Resiko perkembangan asma lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi nutrisi tertentu dalam jumlah banyak. Salah-satu nutrisi ini adalah beta-karoten, yang mana terkandung dalam buah-buahan seperti buah pepaya, aprikot, brokoli, melon, labu dan wortel.

2. Mencegah Kanker

Mengkonsumsi antioksidan beta-karoten (ditemukan dalam buah pepaya) yang kuat telah terbukti memiliki hubungan terbalik dengan perkembangan kanker usus besar pada masyarakat Jepang.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health’s Department of Nutrition, di kalangan pria muda, pola makan yang kaya akan beta-karoten dapat berperan sebagai pelindung terhadap kanker prostat.

3. Kesehatan Tulang

Manfaat buah pepaya memang sudag tidak diragukan lagi, Rendahnya asupan vitamin K telah dikaitkan dengan resiko patah tulang yang lebih tinggi. Karena itu, mengkonsumsi vitamin K yang cukup sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tulang, vitamin K dalam buah pepeya bermanfaat sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium.

4. Baik untuk Penderita Diabetes

Buah pepaya merupakan pilihan makanan yang baik bagi penderita diabetes karena buah ini memiliki kandungan gula yang rendah meskipun rasanya manis. Selain itu, orang-orang yang tidak menderita diabetes bisa mengkonsumsi buah pepaya untuk mencegah hal itu terjadi.

5. Melancarkan Pencernaan

Buah pepaya mengandung enzim yang disebut papain, enzim ini bermanfaat dalam membantu pencernaan dan juga dapat bermanfaat sebagai zat pelunak daging.

Buah pepaya juga tinggi serat dan kandungan air, sehingga bermanfaat dalam membantu mencegah sembelit, melancarkan pencernaan dan menyehatkan saluran pencernaan.

6. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Peningkatan asupan kalium bersamaan dengan penurunan konsumsi sodium merupakan perubahan pola makan paling penting yang dapat dilakukan seseorang untuk membantu mengurangi resiko penyakit jantung.

7. Mengurangi Peradangan

Kolin merupakan gizi yang sangat penting dan serbaguna dalam buah pepaya, vitamin ini bermanfaat dalam membantu tubuh kita untuk tidur, pergerakan otot, belajar dan mengingat. Kolin juga membantu dalam mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam penyerapan lemak dan mengurangi peradangan yang kronis.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh bertindak sebagai perisai terhadap berbagai macam infeksi yang dapat membuat anda sakit. Satu buah pepaya mengandung lebih dari 224% dari kebutuhan harian vitamin C, sehingga manfaat buah pepaya sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah pepaya juga baik untuk rambut karena mengandung vitamin A, nutrisi ini diperlukan untuk produksi sebum yang dapat menjaga rambut tetap lembab. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Asupan vitamin C yang terdapat dalam buah pepaya juga diperlukan untuk membangun dan memelihara kolagen, yang bermanfaat memberi struktur pada kulit dan rambut.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published.