Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

 zhuL  October 18, 2022  0
manfaat buah naga

Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Ada banyak manfaat buah naga untuk kesehatan. Karena itulah, buah ini dikenal sebagai buah yang menyehatkan, hanya dalam satu gigitan, buah ini dapat memberi banyak manfaat penting untuk tubuh manusia, buah ini bisa terasa asam atau manis tergantung dari jenisnya.

Buah naga berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang telah dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Indonesia, Malaysia, Taiwan, Vietnam dan Filipina. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan.

Sesuai dengan namanya, kulit luar buah naga berbentuk menyerupai sisik hewan mitos Naga, dengan warna merah gelap (meskipun beberapa jenis buah ini berwarna merah muda atau kuning), daging berwarnah putih dan biji berwarna hitam.

Buah Naga kaya akan vitamin C, B1, B2 dan B3, dan mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan kuat. Antioksidan melawan radikal bebas yang melingkar disekitar tubuh yang mana diketahui dapat menyebabkan masalah seperti kanker. Buah naga merupakan sumber antioksidan yang baik karena kandungan vitamin C nya.

2. Mencegah Kanker

Buah naga kaya akan antioksidan phytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

3. Menyehatkan Jantung

Buah naga dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung, kerena dapat mengurangi kadar kolestrol jahat sambil meningkatkan kolestrol baik. Sebuah penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam the journal Pharmacognosy Research menemukan bahwa mengkonsumsi buah naga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Buah ini juga merupakan sumber yang baik dari lemak tak jenuh tunggal yang membantu untuk menjaga hati kita dalam kondisi baik.

4. Diabetes

Tingginya jumlah serat dalam buah naga dapat membantu dalam menstabilkan kadar gula darah seseorang. Hal ini juga membantu dalam menghambat lonjakan gula yang terjadi setelah makan makanan dengan indeks glikemik yang tinggi.

Dalam penelitian yang sama, dalam the journal Pharmacognosy Research, peneliti menemukan bahwa buah naga memiliki efek yang penting pada stres oksidatif dari pengerasan aorta pada tikus diabetes. Hal ini menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah dengan teratur dapat bermanfaat dalam mencegah masalah umum yang terkait dengan diabetes.

5. Melancarkan Pencernaan

Buah naga memiliki kandungan serat alami yang dapat melancarkan sistem pencernaan. buah ini sangat baik dikonsumsi untuk seseorang yang memiliki masalah pencernaan seperti susah buang air besar, sembelit, sindrom iritasi usus besar, dll.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kadar vitamin C tinggi yang ditemukan pada buah naga dapat memberikan dorongan pada sistem kekebalan tubuh selain itu juga merangsang aktivitas antioksidan lainnya. Adanya kadar vitamin C yang tinggi, mineral, kandungan antioksidan dan cytoalbumin yang terlibat dalam melawan radikal bebas. Vitamin B1, B2, B3, dan juga kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin, dan serat juga memberikan kontribusi dalam meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh anda.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *