Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

 zhuL  September 14, 2022  0
Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Manggis adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang dapat tumbuh mencapai 7 hingga 25 meter dan diyakini berasal dari Kepulauan Indonesia. Manggis memiliki buah yang sangat lezat dan karena kelezatannya itu, buah manggis disebut sebagai “ratu buah”. Selain rasanya yang lezat, manfaat buah manggis juga sangat baik untuk kesehatan, buah lezat dan menyehatkan ini telah menjadi bagian dari obat tradisional yang digunakan diberbagai negara Asia sejak dahulu kala dan juga telah terbukti secara ilmiah.

Buah manggis memiliki tiga bagian utama, yaitu kulit, daging dan biji. Bijinya terletak di dalam daging dan memiliki rasa yang sangat pahit dan biasanya tidak dimakan, lalu dagingnya berwarna putih dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis dan menyegarkan, sedangkan kulit luarnya berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah.

Nilai Gizi Buah Manggis

Buah manggis merupakan buah yang kaya akan air, energi, protein, karbohidrat dan serat. Buah manggis mengandung gizi penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga dan mangan. Vitamin C, B6, B12 dan A yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh juga di temukan dalam buah manggis. Buah ini juga mengandung vitamin lain seperti thiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, asam folat, asam folat, karoten dan cryptoxanthin.

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat buah manggis yang cukup terkenal adalah kemampuannya dalam mencegah kanker. pericarp buah manggis mengandung senyawa xanthone yang menunjukkan pengaruh anti-kanker, anti-inflamasi dan anti-bakteri.

Xanthone dapat menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar pada manusia dan sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Akao Y et al. Xanthone menunjukkan potensi untuk dikembangkan sebagai bahan untuk mencegah kanker atau dapat digunakan dalam kombinasi dengan obat anti-kanker untuk mendapatkan pengaruh yang lebih baik.

2. Mencegah Peradangan

Buah manggis telah digunakan sebagai zat anti-inflamasi sejak dulu di negara-negara Asia Tenggara. Penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa ekstrak buah manggis memiliki sifat anti-alergi dan anti-inflamasi dan keduanya dapat menghambat pelepasan histamin dan prostaglandin yang berhubungan dengan peradangan dalam tubuh manusia.

3. Kesehatan Kulit

Sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-jamur, anti-alergi dan anti-oksidan pada buah manggis akan sangat membantu dalam mengurangi resiko berbagai masalah kulit seperti radang kulit, penuaan kulit, eksim, alergi dan infeksi bakteri.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk memastikan manfaat buah manggis untuk kulit dan sebuah penelitian tersebut menunjukkan bahwa buah manggis memiliki sifat anti-kanker kulit dan memiliki potensi sebagai bahan anti-kanker kulit.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah manggis kaya akan berbagai macam gizi, mineral, vitamin dan xanthone yang dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Gizi-gizi ini akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

5. Antioksidan

Komponen utama buah manggis, yaitu xanthone, bertanggung jawab atas efektivitas buah ini dalam membantu kesehatan individu.

Ada lebih dari 200 xanthone yang dikenal di alam. Dan hebatnya, 20 diantaranya ditemukan pada buah manggis, terutama pada kulitnya. Senyawa ini membantu dalam mengurangi radikal dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Diare dan Disentri

Buah manggis juga baik untuk mengatasi gangguan perut. pericarp dan kulit buah manggis cukup efektif dalam meredakan gangguan perut seperti diare dan disentri.

7. Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang umum dalam masyarakat modern. Buah manggis merupakan obat alami yang efektif dalam mengelola dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh sehingga dapat mencegah penyakit diabetes.

8. Membantu Mengatur Tekanan Darah dan Denyut Jantung

Buah manggis mengandung magnesium dalam jumlah tinggi. Magnesium membantu mengontrol fungsi listrik jantung, menjaga denyut jantung dan tekanan darah tetap stabil dan membantu jantung berdetak secara teratur.

9. Mempertahankan Berat Badan yang Sehat dan Ideal

buah manggis merupakan buah yang rendah kalori dan tinggi vitamin sehingga akan membantu dalam metabolisme, dengan demikian akan berpotensi untuk membuat tubuh lebih ramping dan sehat, serta meningkatkan energi.

Buah manggis juga mengandung serat yang tinggi, kandungan serat yang dikombinasikan denga vitamin B-kompleks yang juga ada pada buah ini akan membantu dalam menjaga berat badan yang sehat dan ideal dengan cara meningkatkan metabolisme dan membantu mengefisienkan fungsi sistem pencernaan.

Bahkan bagi anda yang tidak mengalami gangguan kesehatan, mengkonsumsi buah manggis atau jus buah manggis merupakan salah satu cara terbaik untuk memberi tubuh gizi yang tinggi, serat, vitamin dan mineral.

Demikian beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan, jika anda menyukai artikel ini, jangan lupa di share, Thanks.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *