Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

 zhuL  September 14, 2022  0
Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Ketika anda sedang menikmati lezatnya buah mangga, anda mungkin tidak menyadari betapa besarnya manfaat buah mangga untuk kesehatan yang anda dapatan dari setiap gigitan. Dibalik rasanya yang manis dan lezat, buah mangga mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan yang akan menjaga kesehatan anda.

Buah mangga kaya akan serat, jadi bila anda mengkonsumsi setidaknya satu buah mangga setiap hari maka anda hampir dijamin akan terhindar dari sembelit, wasir dan gejala usus kejang.

Di negeri tirai bambu china, manfaat buah mangga juga cukup terkenal, terbukti dengan adanya sebuah tonik yang terbuat dari buah mangga dalam pengobatan herbal china yang dikenal sebagai Yin Tonik, Tonik ini digunakan untuk mengobati gusi berdarah, anemia, batuk, sembelit, mual, demam, mabuk laut dan sebagai obat untuk pencernaan yang lemah.

Ada berbagai jenis buah mangga diseluruh dunia, yang beragam dalam segi warna, bentuk, rasa dan ukuran biji. Sedangkan warna kulit buah mangga dapat bervariasi dari hijau ke merah, kuning atau oranye, sedangkan daging bagian dalam buah mangga kebanyakan berwarna kuning keemasan.

Selama beberapa dekade, buah mangga telah digunakan untuk meringankan perut. Sama halnya dengan pepaya, buah mangga juga mengandung enzim tertentu yang memiliki khasiat untuk perut. Karena popularitas buah mangga baik dari segi rasa mupun manfaat telah menyebar, banyak produsen makanan telah memperkenalkan jeli, selai, squash, acar, bumbu-bumbu dan rempah-rempah dengan rasa buah mangga.

Nilai Gizi Buah Mangga

Satu cangkir buah mangga yang dipotong seperti dadu mengandung 100 kalori, 1 gram protein, 0,5 gram lemak, 25 gram karbohidrat (23 gram gula dan 3 gram serat), 100% dari kebutuhan harian untuk vitamin C, 35% vitamin A, 20% folat, 10% vitamin B-6 dan 8% vitamin K dan Kalium.

Buah mangga juga mengandung tembaga, kalsium dan zat besi, serta antioksidan seperti zeaxanthin dan betakaroten.

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Mengkonsumsi semua jenis buah-buahan dan sayur-sayuran dipercaya dapat menurunan risiko berbagai gangguan kesehatan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi makanan nabati seperti buah mangga dapat menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung dan juga meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, energi dan menurunkan berat badan.

Berikut beberapa manfaat buah mangga untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Mencegah Degenerasi Makula (Gangguan Penglihatan) yang Berhubungan dengan Usia

Antioksidan zeaxanthin yang ditemukan pada buah mangga dapat menyaring sinar cahaya yang berbahaya dan antioksidan ini juga diduga berperan sebagai pelindung dalam kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula.

Asupan tinggi dari semua buah-buahan juga telah dikaitkan dengan penurunan resiko dan perkembangan degenerasi makula yang berhubungan dengan usia.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah mangga untuk menjaga kesehatan mata. Tahukan anda jika buah mangga kaya akan vitamin A, satu cangkir irisan buah mangga dapat memberi asupan 25% dari kebutuhan harian vitamin A. Buah mangga membantu dalam meningkatkan penglihatan mata, melawan mata kering dan juga mencegah kebutaan malam.

2. Mencegah Asma

Resiko perkembangan asma lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi gizi tertentu dalam jumlah tertentu. salah satu gizi tersebut adalah betakaroten yang telah ditemukan pada buah mangga dan juga beberapa buah buahan lain seperti pepaya, brokoli, melon, labu dan wortel.

3. Mencegah Kanker

Manfaat buah mangga untuk mencegah kanker, Pola makan yang kaya betakaroten juga dapat berperan sebagai pelindung terhadap kanker prostat, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Gizi Harvard School of Public Health dan telah terbukti memiliki hubungan terbalik dengan perkembangan kanker usus besar yang terjadi pada populasi Jepang.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Asupan vitamin K yang rendah telah dikaitkan dengan resiko patah tulang yang lebih tinggi. Konsumsi vitamin K yang cukup dapat dicapai dengan cara mengkonsumsi buah buahan dan sayuran yang tepat dan juga penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang.

5. Baik untuk Penderita Diabetes

Penelitian telah menunjukkan penderita diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi makanan tinggi serat semiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah dan penderita diabetes tipe 2 mengalami peningkatan gula darah, lipid dan kadar insulin. Satu cangkir buah mangga menyediakan sekitar 3 gram serat.

6. Melancarkan Pencernaan

Karena kandungan serat dan air dalam buah mangga membuatnya dapat mencegah sembelit, melancarkan pencernaan dan menyehatkan saluran pencernaan.

7. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Kandungan serat, kalium dan mangan dalam buah mangga, semuanya membantu untuk mencegah penyakit jantung. Meningkatkan asupan kalium bersama dengan menurunkan asupan sodium merupakan perubahan pola makan yang paling penting yang seseorang dapat lakukan untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

8. Baik untuk Kulit dan Rambut

Manfaat buah mangga untuk kulit dan rambut. Mengkonsumsi buah mangga baik untuk rambut karena mengandung vitamin A, gizi yang dibutuhkan untuk produksi sebum yang membuat rambut menjadi lembab. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Asupan vitamin C dalam 1 cangkir buah mangga per hari dapat menyediakan gizi yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen yang mana menyediakan struktur untuk kulit dan rambut.

9. Membantu dalam Menurunkan Berat Badan

Buah mangga memiliki banya kandungan vitamin dan mineral yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Juga buah yang memiliki serat tinggi seperti buah mangga dapat meningkatkan fungsi pencernaan dengan cara membakar kalori dalam tubuh sehingga membantu dalam menurunkan berat badan.

10. Sumber Zat Besi Tinggi untuk Wanita

Buah mangga kaya akan zat besi, jadi mengkonsumsi buah mangga merupakan salah satu solusi yang baik dan alamin untun orang yang menderita anemin. Selain itu, mengkonsumsi buah mangga juga baik untuk wanita menopause dan wanita hamil karena dapat meningkatkan kadar zat besi dan kalsium pada waktu yang bersamaan.

11. Menjaga Kadar Kolesterol

Buah mangga mengandung vitamin C yang tinggi, pektin dan serat yang dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol. Buah mangga yang masih segar merupakan sumber yang kaya kalium, yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Demikian beberapa manfaat buah mangga untuk kesehatan, jika menurut anda artikel ini bermanfaat dan bisa membantu banyak orang, maka tolong di Share. Thanks.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *