Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

 zhuL  October 18, 2022  0
manfaat buah kiwi untuk kesehatan

Buah Kiwi atau gooseberry cina adalah berry yang bisa dimakan dari pohon anggur yang tergolong dalam keluarga Actinidia. Jenis buah kiwi yang paling umum dibudidayakan berbentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam besar (5–8 cm / 2–3 in dan diameter 4.5–5.5 cm / 1¾–2 ).

Kulit buah kiwi berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil berwarna hitam. Buah kiwi memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis serta unik. Dari segi kesehatan, manfaat buah kiwi sangat penting untuk kesehatan tubuh karena buah ini kaya akan serat. Saat ini buah kiwi sudah dibudidayakan di berbagai negara termasuk indonesia.

Buah kiwi berasal dari Cina Utara dan Timur. Budidaya buah kiwi pertama kali menyebar ke Selandia Baru pada awal abad ke-20 dan kemudian dikenal dengan nama “Gooseberry Cina”. Saat waktu pengeksporan buah ini tiba, untuk menghindari pajak tinggi yang dikenakan pada buah ini, nama buah ini diganti menjadi buah Kiwi atau Kiwi karena karakteristik buah ini mirip dengan simbol Selandia Baru, burung kiwi, yang juga kecil, coklat dan berbulu halus.

Buah kiwi mengandung gizi yang tinggi dan rendah kalori. Adapun manfaa buah kiwi untuk kesehatan diantaranya memelihara kesehatan warna dan tekstur kulit, mengurangi tekanan darah, dan mencegah penyakit jantung, stroke, dll.

Nilai Gizi Buah Kiwi

Buah Kiwi ukuran menengah (76 gram) mengandung 46 kalori, 0,3 g lemak, 1 g protein, 11 g karbohidrat, dan 2,6 g serat makanan yang ditemukan sebagian pada kulitnya. Buah Kiwi merupakan sumber yang kaya vitamin C (112% dari Nilai Harian per 100 gram) dan vitamin K, dan juga sumber serat makanan dan vitamin E yang baik.

Minyak biji buah kiwi mengandung 62% asam alpha-linolenic, asam lemak omega-3. Daging buah kiwi juga mengandung karotenoid, seperti provitamin A beta-karoten, lutein dan zeaxanthin.

Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

Mengkonsumsi semua jenis buah-buahan dan sayur-sayuran dipercaya dapat menurunan risiko berbagai gangguan kesehatan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi makanan nabati seperti buah kiwi dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, kanker dan menurunkan resiko obesitas.

Berikut beberapa manfaat buah kiwi untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Mempercantik Kulit

Kolagen merupakan sistem pendukung kulit dan sangat bergantung pada vitamin C sebagai nutrisi penting yang bekerja dalam tubuh kita sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh matahari, polusi dan asap, kerutan halus dan meningkatkan tekstur kulit.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Menurut sebuah penelitian mengenai dampak mengkonsumsi buah kiwi pada kualitas tidur orang dewasa yang berkaitan dengan masalah tidur, ditemukan bahwa mengkonsumsi buah kiwi dapat meningkatkan awal tidur, durasi, dan efisiensi pada orang dewasa.

3. Menyehatkan Jantung

Serat dan kalium pada buah kiwi sangat mendukung kesehatan jantung. Peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan asupan sodium merupakan perubahan pola makan paling penting yang seseorang dapat lakukan untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, menurut Mark Houston, MD, MS, seorang profesor klinis kedokteran di Vanderbilt Medical School dan direktur institut hipertensi di St Thomas Hospital dalam Tennessee.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Karena kandungan kalium yang tinggi, buah kiwi dapat membantu meniadakan efek sodium dalam tubuh. Ada kemungkinan bahwa asupan kalium yang rendah sama besar dari faktor risiko dalam perkembangan tekanan darah tinggi sebagai asupan sodium yang tinggi.

5. Mencegah Sembelit

Sejumlah penelitian telah melaporkan bahwa buah kiwi memiliki dampak pencuci perut ringan dan dapat digunakan sebagai suplemen makanan terutama untuk orang lanjut usia yang mengalami sembelit. Mengkonsumsi buah kiwi dengan teratur terbukti mendorong pengeluaran kotoran lebih banyak, lunak dan sering.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah kiwi mengandung vitamin C yang tinggi serta senyawa antioksidan lainnya, yang telah terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Melindungi dari Kerusakan DNA

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Collins, Horska dan Hotten menunjukkan bahwa kombinasi unik antioksidan dalam buah kiwi membantu melindungi DNA sel dari kerusakan akibat oksidasi. Beberapa ahli menyimpulkan ini dapat membantu mencegah kanker.

8. Membantu dalam Membersihkan Racun

Manaat buah kiwi terkhir pada artikel ini adalah manfaat buah kiwi dalam membersihkan racun dalam tubuh. Serat yang terkandung pada buah kiwi dapat membantu dalam mengikat dan menghilangkan racun dari usus anda.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *