Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

 zhuL  October 17, 2022  0
manfaat buah delima

Buah Delima (punica granatum) adalah buah dengan rasa yang lezat dan diperkirakan berasal dari negara Iran. Selain rasanya yang lezat, manfaat buah delima untuk kesehatan juga sangat banyak, hal ini terjadi karena buah ini memiliki khasiat antioksidan, antivirus dan antitumor. Buah delima diketahui sebagai sumber vitamin yang baik, diantaranya vitamin A, vitamin C dan vitamin E, serta asam folat. Buah ini memiliki kandungan antioksidan tiga kali lebih banyak dari anggur atau teh hijau.

Umumnya, buah delima diketahui dapat menyembuhkan masalah kesehatan yang berhubungan dengan jantung dan menjaga sirkulasi darah yang efektif dan sehat. Manfaat buah delima lain diantaranya menjadi obat untuk gangguan lambung, kanker, masalah gigi, osteoarthritis, anemia dan diabetes.

Nilai Gizi Buah Delima

Buah delima merupakan sumber antioksidan, asam ellagic, asam punicic, asam lemak omega 5 tak jenuh ganda yang sangat bermanfaat untuk regenerasi sel dan proliferasi. Sari buah ini merupakan sumber yang luar biasa dari vitamin A, C dan E dan mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, zat besi, asam folat, niasin, thiamin, folat dan riboflavin.

Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat buah delima untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sari buah delima dapat memberi dampak yang besar pada kesehatan, terutama pada kesehatan jantung, dengan cara menjaga kelenturan arteri dan mengurangi peradangan pada lapisan pembuluh darah. Buah delima diketahui dapat mengurangi aterosklerosis, yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung.

Buah Delima juga dapat menurunkan risiko penyumbatan di arteri yang dapat menghambat aliran darah ke jantung dan otak. Dengan kata lain, buah ini memiliki efek anti-aterogenik untuk jantung. selain itu, buah delima juga dapat menurunkan jumlah LDL atau kolesterol jahat yang ada dalam tubuh dan meningkatkan jumlah kolesterol baik atau HDL.

2. Gangguan Lambung

Kupasan delima, kulit dan daun dapat digunakan untuk meredakan gangguan lambung atau diare yang disebabkan oleh segala jenis gangguan pencernaan. Meminum teh yang dibuat dari daun buah ini juga membantu dalam menyembuhkan gangguan pencernaan. Sari delima juga dapat digunakan untuk menangani masalah seperti disentri dan kolera.

3. Menghindari Anemia

Dengan mengkonsumsi buah delima dalam bentuk apapun, dapat menjaga kesehatan aliran darah dalam tubuh. Buah delima menyediakan zat besi untuk darah, sehingga membantu dalam mengurangi gejala anemia, termasuk kelelahan, pusing, kelemahan, dan gangguan pendengaran.

4. Merawat Gigi

Salah satu manfaat terbaik dari buah delima adalah sarinya, serta khasiat antibakteri dan antivirusnya yang dapat membantu dalam mengurangi efek plak gigi dan melindungi terhadap berbagai macam penyakit mulut.

5. Melawan Kanker

Sebuah penelitian dari University of California, Riverside menemukan bahwa bagian dari sari buah delima dapat menghentikan pergerakan sel-sel kanker prostat. Selain itu juga melemahkan sinyal kimia yang mendorong penyebaran jenis kanker ini. Dan dalam penelitian terpisah, peneliti Israel menemukan bahwa sari buah delima dapat mencegah dan menghancurkan sel-sel kanker payudara (meskipun buah delima tidak hanya makanan untuk melawan kanker).

6. Mencegah Osteoarthritis

Buah Delima membantu mengurangi berbagai macam penyakit termasuk aterosklerosis dan osteoarthritis. Kerusakan yang disebabkan karena penebalan dan pengerasan dinding arteri, tulang rawan dan sendi dapat disembuhkan dengan memakan buah ini. Buah delima mampu mencegah pembentukan enzim yang bertanggung jawab terhadap jaringan ikat dalam tubuh.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *