Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan

 zhuL  October 16, 2022  0
manfaat buah ceri untuk kesehatan

Apabila kita mengkonsumsi buah ceri, kita tidak hanya akan menikmati rasanya yang lezat tetapi juga manfaatnya yang sangat luar biasa untuk kesehatan. Ceri yang sering tumbuh liar di pinggir jalan atau semak-semak memang tidak membutuhkan perawatan khusus. Tanaman ini bisa tumbuh dengan mudah di mana saja.

Ceri merupakan kelompok tumbuhan maupun buahnya anggota marga Prunus. Ceri tidak mencakup satu jenis saja, tetapi ada beberapa, seperti P. cerasus, P. avium, dan P. emarginata.

Di Jepang, pohon ceri sangat terkenal dan dapat terlihat dimana-mana karena memiliki bunga yang sangat indah disebut Sakura, Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang yang mekar pada musim semi, yaitu sekitar awal April hingga akhir April, saat bunga ceri (sakura) bermekaran, orang-orang jepang berpiknik di taman-taman yang ditumbuhi pohon ini. Di Australia, buah ceri biasanya matang sekitar waktu Natal, sedangkan di Amerika dan Eropa selatan pada bulan Juni. Produksi buah ceri di seluruh dunia saat ini mencapai tiga juta ton per tahun.

Ceri, selain sebagai buah yang konsumsi juga banyak dimanfaatkan sebagai hiasan untuk berbagai macam kue maupun olahan boga lainya. Selain buahnya, pohon ceri yang bentuknya unik dan bunganya yang indah banyak ditanam sebagai tanaman hias. Bentuk daunya yang seperti paying juga sangat indah jika diletakkan di taman.

Nilai Gizi Buah Ceri

Buah ceri mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat seperti antioksidan, vitamin A, vitamin C, mineral, anthocyanin, dan lain-lain. Buah ceri juga dikenal sebagai buah yang istimewa karena mengandung anthocyanin, yakni salah satu sumber zat yang berkhasiat untuk mengatur detak jantung seseorang serta menjaga waktu tidur.

Manfaat Buah untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat buah ceri untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Kaya akan Nutrisi

Ceri mempunyai kandungan nutrisi yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, buah ini memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga aman. Hal ini sangat berguna bagi seseorang yang sedang dalam program penurunan berat badan.

2. Kaya antioksidan

Buah ceri kaya akan antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah penuaan dini dan mengurangi stress. Buah ceri juga dapat mencegah penyumbatan darah karena mengandung senyawa flavonoid atau glikisida antosianin.

3. Pengeluaran Racun

Pengeluaran racun atau yang sering dikenal dengan detoksifikasi juga bisa dimaksimalkan dengan mengkonsumsi buah ceri. Manfaat detox yang alami ini akan terjadi dengan aman, sehingga tidak akan menyebabkan efek samping.

4. Mengatasi Asam Urat

Kandungan antosianin dalam buah ceri berkhasiat untuk mengatasi asam urat sehingga efektif untuk mengurangi peradangan nyeri sendi.

5. Penghilang Rasa Sakit

Buah ceri bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa sakit tanpa mempunyai efek samping jika dikonsumsi secara tepat.

6. Sebagai Anti Inflamasi

Buah ceri selanjutnya yakni buah ini mengandung antosianin yang juga bermanfaat untuk anti inflamasi. Atau bisa dikatakan bahwa buah ceri dapat berperan untuk mencegah penyakit berat atau kronis

7. Meningkatkan Gairah Suami Istri

Buah ceri mempunyai kandungan manfaat vitamin A dan manfaat Vitamin C yang tinggi. Hal ini membuatnya berkhasiat untuk meningkatkan gairah baik pria maupun wanita yang sudah menikah.

8. Mengurangi Nyeri Otot

Kandungan anti inflamasi pada buah ceri berkhasiat untuk mencegah nyeri otot. Sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan pada atlet lari. Atlet yang meminum jus buah ceri sebelum lari jarak jauh, mengalami nyeri otot yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan atlet yang tidak meminum jus buah ceri.

9. Efektif untuk Diuretik

Buah ceri mengandung kalium yang berkhasiat untuk diuretik yang efektif. Sistem diuretik yang baik, akan menjaga teraturnya proses pembuangan urin.

10. Membuat Tidur Nyenyak

Buah ceri dapat mengatur tidur seseorang karena kandungan melatonin yang ada didalamnya. Selain itu, zat ini juga berguna untuk mengoptimalkan fungsi otak dengan mencegah terjadinya mudah lupa. Hal ini sama manfaat coklat bagi tubuh yang memberikan rasa tenang.

11. Merawat Kulit

Kandungan antioksidan pada buah ini termasuk yang tertinggi. Jus ceri sangat berkhasiat untuk mengurangi terjadinya masalah pada kulit. Ilmuwan dari Amerika juga menyatakan bahwa satu gelas jus ceri bisa mencegah penuaan dini jika diminum setiap hari.

12. Mengurangi Efek Radikal Bebas

Buah ini kaya akan flavonoid dan antioksidan yang berguna untuk menangkal efek radikal bebas sehingga bisa membantu mencegah penuaan dini dan mencegah kanker. Kandungan anti inflamasi buah ceri juag berkhasiat mencegah penyakit jantung.

Reference

  • http://manfaat.co.id/12-manfaat-buah-ceri-bagi-kesehatan-tubuh
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sakura
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Ceri
  • Image : wall.alphacoders.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *