Manfaat Buah Blewah bagi Kesehatan

 zhuL  October 15, 2022  0
manfaat buah blewah

Buah blewah merupakan buah yang menyegarkan dan biasanya banyak dijumpai saat bulan ramadhan, buah ini memiliki rasa yang segar sehingga cocok dimakan saat buka puasa dan cuaca panas. Buah blewah biasanya dikonsumsi dengan cara dicampur dalam es buah (sangat populer saat bulan ramadhan), salad dan dimakan langsung dalam keadaan segar. Dibalik rasanya yang segar, manfaat buah blewah sangat baik bagi kesehatan.

Kandungan air yang tinggi dalam buah blewah membuah buah ini sangat bermanfaat dalam membantu mencegah dehidrasi dan mengatasi panas.

Nilai Gizi Buah Blewah

Satu cangkir buah blewah yang dipotong seperti dadu (sekitar 156 gram) mengandung 53 kalori, 0,3 gram lemak, 13 gram karbohidrat total, 12 gram gula, 1,4 gram serat, 1,3 gram protein, 106% nilai harian vitamin A, 95% vitamin C, 1% kalsium dan 2% zat besi. Satu cangkir buah blewah juga menyajikan 5% atau lebih kebutuhan nilai harian vitamin K, niasin, vitamin B6, folat, magnesium dan kalium.

Manfaat Buah Blewah bagi Kesehatan

Mengkonsumsi semua jenis buah-buahan dan sayur-sayuran dipercaya dapat menurunan resiko berbagai gangguan kesehatan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi makanan nabati seperti buah blewah dapat menurunkan resiko obesitas, diabetes, penyakit jantung dan juga meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, energi dan menurunkan berat badan.

Berikut beberapa manfaat buah blewah bagi kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Mencegah Penyakit Asma

Resiko perkembangan penyakit asma lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi gizi tertentu dalam jumlah banyak. Salah satu gizi ini adalah beta-karoten yang ditemukan dalam buah-buahan berwarna kuning dan oranye seperti buah blewah, labu, wortel dan sayuran hijau seperti bayam dan kangkung.

Vitamin C yang ditemukan dalam jumlah banyak dalam buah blewah, merupakan gizi penting lain yang bermanfaat dalam melindungi tubuh dari penyakit asma.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan serat, kalium, vitamin C dan kolin dalam buah blewah bermanfaat dalam mendukung kesehatan jantung. Mengkonsumsi makanan yang tinggi kalium dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah. Asupan kalium yang cukup juga hampir sama pentingnya dengan mengurangi asupan sodium untuk pengobatan hipertensi (tekanan darah tinggi). Makanan yang tinggi kalium diantaranya buah blewah, nanas, tomat, jeruk, bayam dan pisang.

Asupan tinggi kalium juga dapat menurunkan resiko stroke, perlindungan terhadap kehilangan massa otot, memelihara kepadatan mineral tulang dan menurunkan pembentukan batu ginjal.

3. Mencegah Kanker

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh departemen gizi Harvard School of Public Health, Pola makan yang kaya akan beta-karoten dari makanan nabati seperti buah blewah dapat berperan sebagai penangkal kanker prostat. Pada populasi jepang, beta-karoten juga telah terbukti dapat mencegah perkembangan kanker usus besar.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Buah blewah kaya akan kandungan beta-karoten, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan ketajaman penglihatan dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan kemudian digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan fungsi mata.

5. Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah blewah untuk melancarkan pencernaan. Buah blewah, karena tinggi kandungan serat dan airnya, maka dapat mencegah sembelit, melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

6. Mencegah Dehidrasi

Dengan kandungan air dan elektrolit yang tinggi, buah blewah adalah makanan ringan yang baik dikonsumsi selama cuaca panas untuk mencegah dehidrasi.

7. Peradangan

Kolin yang ditemukan dalam buah blewah merupakan gizi yang sangat penting dan serbaguna, koling dapat membantu tubuh kita dalam tidur, pergerakan otot, pembelajaran dan daya ingat. Kolin juga membantu dalam mempertahankan struktur membran sel, transmisi impuls saraf, menyerap lemak dan mengurangi peradangan yang kronis.

8. Baik untuk Kulit dan Rambut

Mengkonsumsi buah-buahan seperti buah blewah sangat bermanfaat untuk rambut anda, buah blewah mengandung vitamin A, gizi yang dibutuhkan untuk produksi sebum, yang akan menjaga rambut tetap lembab dan sehat. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Asupan vitamin C juga dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen, yang menyediakan struktur untuk kulit dan rambut. Satu cangkir buah blewah yang dipotong seperti dadu dapat memberikan 97% kebutuhan harian untuk vitamin C.

9. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah blewah yang terakhir adalah membantu dalam menurunkan berat badan. Buah blewah merupakan salah satu buah yang sangat cocok untuk orang yang ingin menurunkan berat badan karena mengandung sodium yang rendah, bebas lemak, bebas kolesterol dan rendah kalori. Selain itu, mengkonsumsi buah blewah akan membuat anda kenyang lebih lama dan menunda lapar karena kandungan airnya yang sangat tinggi.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *