Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

 zhuL  October 15, 2022  0
manfaat buah apel

Manfaat buah apel untuk kesehatan tidak diragukan lagi, buah ini merupakan salah satu buah tersehat yang pernah ada. Buah apel kaya akan antioksidan-antioksidan penting, senyawa flavonoid, serat makanan, rendah kalori dan tidak mengandung lemak atau kolesterol.

Buah apel sangat kaya akan vitamin C, hampir setengah dari kandungan vitamin C dalam buah apel berasal dari kulitnya, jadi apabila anda memakan buah apel sebaiknya memakan beserta dengan kulitnya.

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

Banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa buah apel merupakan salah satu makanan terbaik yang dapat dikonsumsi manusia untuk meningkatkan kesehatan. Berikut beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Meningkatkan kesehatan Saraf

Menurut penelitian yang dilakukan oleh G. Biro dan M. Martinoli di University of Quebec, Buah apel mengandung antioksidan yang disebut “Quercetin”, antioksidan ini dapat bermanfaat dalam mengurangi kematian sel-sel yang disebabkan oleh oksidasi dan radang sel saraf.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa buah apel mengandung antioksidan yang disebut “Quercetin”. Penelitian terbaru menemukan bahwa antioksidan quercetin bermanfaat dalam membantu dalam meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh anda, terutama saat anda dalam keadaan stres.

3. Menurunkan Kadar Kolestrol Jahat

Sekelompok peneliti di Florida State University menyatakan bahwa buah apel merupakan buah “buah ajaib”. Mereka menemukan bahwa wanita tua yang mengkonsumsi buah apel setiap hari selama 6 bulan memiliki kolesterol jahat (LDL) 23% lebih sedikit dan 4% lebih banyak kolesterol baik (HDL).

4. Mengurangi Resiko Diabetes

Buah apel juga bermanfaat dalam membantu menurunkan resiko diabetes. Sebuah penelitian yang melibatkan 187.382 orang menemukan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi tiga porsi buah apel, anggur, kismis, blueberry atau buah pir setiap minggu memiliki risiko 7% lebih rendah terhadap perkembangan diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi buah apel.

5. Menangkal Kanker Payudara

Ada bukti yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi satu buah apel setiap hari dapat membantu dalam mencegah kanker payudara, menurut serangkaian penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti terkemuka Cornell Rui Hai Liu.

Liu mengatakan penelitiannya menambah “the growing evidence that increased consumption of fruits and vegetables, including apples, would provide consumers with more phenolics, which are proving to have important health benefits. I would encourage consumers to eat more and a wide variety of fruits and vegetables daily”.

6. Menghilangkan Racun Pada Hati

Disadari atau tidak, kita selalu mengkonsumsi racun setiap hari, baik itu dari minuman atau makanan, dan hati yang bertanggung jawab dalam membersihkan racun tersebut dari tubuh kita. Banyak dokter yang meragukan diet detoks, mereka mengatakan bahwa diet detoks berpotensi memberi lebih banyak dampak bahaya dari pada dampak baik pada tubuh.

Untungnya, salah satu cara terbaik dan termudah yang bisa kita lakukan untuk membantu dalam menghilangkan racun dari hati adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti buah apel.

7. Mengontrol Berat Badan

Banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan kelebihan berat badan, di antaranya penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan apnea tidur. Untuk mengontrol berat badan dan meningkatkan kesehatan, dokter menyarankan diet yang kaya akan serat. Makanan yang tinggi serat akan membuat anda kenyang tanpa harus mengkonsumsi terlalu banyak kalori.

8. Mencegah dan Meringankan Wasir

Wasir adalah pembengkakakn urat pada lubang anus dan sementara ini diketahui tidak mengancam kehidupan, namun cukup menyakitkan bagi penderitanya terutama saat buang air besar.

Wasir disebabkan karena tekanan yang terlalu banyak di daerah pinggul dan dubur. Hal terpenting dalam meringankan wasir adalah dengan mengendalikan sembelit, kandungan serat buah apel dapat mencegah anda mengedan terlalu banyak saat ke kamar mandi sehingga membantu meringankan wasir.

9. Gigi yang sehat dan putih

Mengkonsumsi buah apel tidak akan bisa menggantikan sikat gigi, tetapi menggigit dan mengunyah buah apel dapat merangsang produksi air liur dalam mulut dan mengurangi kerusakan gigi dengan cara menurunkan kadar bakteri.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *