Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

 zhuL  October 15, 2022  0
manfaat brokoli untuk kesehatan

Saat berbicara tentang makanan dengan gizi yang tinggi, maka brokoli merupakan salah satu makanan yang sangat tepat karena manfaat brokoli telah teruji sangat baik untuk kesehatan. Selain rendah kalori, brokoli juga kaya akan vitamin, mineral dan serat.

Apabila anda ingin menerapkan pola makan yang sehat, maka sayuran seperti brokoli harus berada di bagian paling atas dalam daftar menu harian anda.

Nilai Gizi Brokoli

Menurut USDA National Nutrient Database, Satu cangkir brokoli cincang mentah (sekitar 91 gram) mengandung 31 kalori, 0 gram lemak, 6 gram karbohidrat (termasuk 2 gram gula dan 2 gram serat) dan 3 gram protein.

Hanya satu cangkir brokoli memberikan lebih dari 100% dari kebutuhan harian anda untuk vitamin C dan vitamin K, dan juga merupakan sumber yang baik dari vitamin A, folat dan kalium.

Brokoli menempati peringkat di antara 20 teratas makanan yang berhubungan dengan nilai ANDI (Aggregate Nutrient Density Index), yang mengukur vitamin, mineral dan kandungan phytonutrient dalam kaitannya dengan kandungan kalori. Untuk mendapatkan peringkat tinggi, makanan harus mengandung jumlah nutrisi yang tinggi dan kalori yang kecil.

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Mengkonsumsi semua jenis buah-buahan dan sayur-sayuran dipercaya dapat menurunan risiko berbagai gangguan kesehatan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan nabati seperti brokoli dapat menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung dan juga meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, energi dan menurunkan berat badan.

1. Mencegah Kanker

Brokoli kaya akan glucoraphanin yang dapat diproses oleh tubuh manusia menjadi semacam senyawa yang mampu mencegah kanker. Brokoli bekerja dengan menghilangkan H. Pylori dari tubuh manusia yang dikenal sebagai bakteri yang memicu kanker lambung.

Sayuran ini juga kaya akan indole 3 carbinol yang merupakan antioksidan yang sangat kuat. Kandungan anti karsinogen yang juga ada dalam brokoli efektif dalam menghambat perkembangan kanker prostat, mulut rahim dan payudara, sementara itu brokoli juga dapat meningkatkan kesehatan hati.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Asupan rendah vitamin K telah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi. hanya dengan 1 cangkir brokoli cincang dapat memberi 92 mikrogram vitamin K, lebih dari 100% kebutuhan vitamin K harian anda. Mengkonsumsi vitami K yang cukup setiap hari dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium.
Brokoli juga memberikan kontribusi untuk kebutuhan kalsium harian anda, memberi 43 miligram Kalsium dalam satu cangkir.

3. Brokoli untuk Membuat Anda Tampak lebih Muda

Antioksidan vitamin C, apabila dikonsumsi secara langsung dapat membantu untuk melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan polusi, mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit.

Banyak orang secara otomatis berpikir tentang buah jeruk ketika mereka berpikir tentang vitamin C, tetapi apakah anda tahu bahwa brokoli dapat memberikan 81 miligram Vitamin C hanya dalam satu cangkir? Jumlah yang lebih dari apa yang anda butuhkan dalam satu hari.

Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen, yang merupakan sistem pendukung utama kulit. Vitamin A dan vitamin E juga penting untuk membuat kulit tampak sehat, yang keduanya juga terdapat pada brokoli.

4. Meningkatkan Pencernaan dan detoksifikasi alami

Makan makanan dengan serat alami seperti brokoli dapat mencegah sembelit, menjaga saluran pencernaan yang sehat dan menurunkan risiko kanker usus besar. Serat yang cukup sangat penting dalam mendorong keteraturan pengeluaran racun melalui empedu dan kotoran setiap harinya. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa serat makanan juga mungkin berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan peradangan.

5. Perlindungan dari penyakit kronis

Menurut departemen Internal Medicine and Nutritional Sciences Program dari University of Kentucky, asupan serat yang tinggi berhubungan dengan risiko yang lebih rendah terkena penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, diabetes, obesitas, dan penyakit pencernaan tertentu.

Peningkatan asupan serat juga telah terbukti menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan penurunan berat badan bagi penderita obesitas.

6. Menurunkan Kolestrol

Brokoli mengandung sejumlah besar serat larut yang terbukti efektif dalam menarik keluar kolesterol dari tubuh.

7. Mengatur Tekanan Darah

Brokoli dapat mengatur tekanan darah karena adanya magnesium, kalsium dan kalium dalam brokoli.

8. Menyokong Sistem Saraf yang Lebih Sehat

Brokoli memiliki kandungan kulium yang tinggi, hal ini tidak hanya menyokong sistem saraf yang sehat tapi juga membuat otak manusia berfungsi dengan optimal. brokoli juga dapat meningkatkan pertumbuhan otot secara teratur.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *