Manfaat Blueberry untuk Kesehatan

 zhuL  October 15, 2022  0
manfaat blueberry untuk kesehatan

Blueberry adalah buah dengan rasa yang manis dan bergizi. Blueberry sering disebut sebagai makanan super karena mengandung gizi yang tinggi dan rendah kalori. Manfaat blueberry sangat baik untuk kesehatan sehingga baik dikonsumsi setiap hari. Buah ini juga memiliki rasa yang lezat dan banyak orang-orang menganjadikannya sebagai makanan favorit.

Nilai Gizi Blueberry

Satu cangkir blueberry segar mengandung 84 kalori, 0 gram kolesterol, 1,1 gram protein, 0,49 gram lemak, 21 gram karbohidrat dan 3,6 gram serat makanan (14% dari kebutuhan harian).

Satu cangkir blueberry juga menyediakan 24% vitamin C harian, 5% vitamin B6 dan 36% dari kebutuhan vitamin K. Blueberry juga menyediakan zat besi, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, natrium, mangan, seng, tembaga, folat, beta-karoten, kolin, vitamin A dan vitamin E.

Manfaat Blueberry untuk Kesehatan

Mengkonsumsi semua jenis buah-buahan dan sayur-sayuran dipercaya dapat menurunan risiko berbagai gangguan kesehatan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi makanan nabati seperti Blueberry dapat menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung dan juga meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, energi dan menurunkan berat badan.

Berikut beberapa manfaat buah blueberry untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat blueberry dalam menjaga kesehatan tulang. Zat Besi, fosfor, kalsium, magnesium, mangan, seng dan vitamin K yang terkandung dalam blueberry berkontribusi dalam membangun dan memelihara struktur dan kekuatan tulang.

Zat Besi dan seng berperan penting dalam mempertahankan kekuatan dan elastisitas tulang dan sendi. Asupan yang rendah vitamin K diketahui terkait dengan risiko lebih tinggi terhadap patah tulang, sedangkan asupan K yang cukup dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi kehilangan kalsium.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Menjaga asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah. Blueberry bebas dari natrium dan mengandung kalium, kalsium, dan magnesium, yang semuanya diketahui dapat menurunkan tekanan darah secara alami.

3. Baik untuk Penderita Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi makanan tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah dan penderita diabetes tipe 2 mengalami peningkatan gula darah, lipid dan kadar insulin.

Satu cangkir blueberry mengandung 3,6 gram serat. The Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan 21-25 gram serat per hari untuk wanita dan 30-38 gram per hari untuk pria.

4. Menangkal Penyakit Jantung

Kandungan serat blueberry seperti kalium, folat, vitamin C, vitamin B6 dan phytonutrisi, ditambah dengan kurangnya kolesterol, semuanya mendukung kesehatan jantung. Serat dalam blueberry membantu menurunkan jumlah kolesterol dalam darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Vitamin B6 dan folat dapat mencegah penumpukan senyawa yang dikenal sebagai homosistein. Ketika jumlah senyawa homosistein yang berlebihan menumpuk dalam tubuh, maka hal ini dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah jantung.

Menurut sebuah penelitian terbaru dari Harvard School of Public Health dan University of East Anglia, mengkonsumsi anthocyanin secara teratur dapat mengurangi risiko serangan jantung sebesar 32% pada wanita muda dan setengah baya. Penelitian yang dipimpin oleh Aedin Cassidy, PhD, MSc, BSc Profesor dibidang nutrisi, menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi setidaknya tiga porsi blueberry atau strawberry, menunjukkan hasil terbaik.

5. Mengurangi Resiko Kanker

Vitamin C, vitamin A, dan berbagai phytonutrisi dalam blueberry berfungsi sebagai antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Mereka menghambat pertumbuhan tumor, mengurangi peradangan pada tubuh dan membantu menangkal atau memperlambat beberapa jenis kanker, termasuk esofagus, paru-paru, mulut, faring, endometrium, pankreas, prostat dan usus besar.

Blueberry juga mengandung folat, yang memegang peran dalam sintesis dan perbaikan DNA, sehingga mencegah pembentukan sel kanker dari mutasi pada DNA.

6. Menyehatkan Pencernaan

Karena kandungan seratnya, blueberry bermanfaat dalam membantu mencegah sembelit dan mendukung saluran pencernaa agar tetap sehat.

7. Mengontrol Berat Badan

Serat makanan umumnya diketahui sebagai faktor penting dalam penurunan dan mengontrol berat badan dengan cara berfungsi sebagai “penggembur” dalam sistem pencernaan. Makanan yang tinggi serat dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan, membuat anda merasa kenyang lebih lama, dan dengan demikian akan membantu dalam menurunkan asupan kalori anda.

8. Melawan Kerutan

Kolagen, sistem pendukung kulit, bergantung pada vitamin C sebagai nutrisi penting yang bekerja dalam tubuh kita sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh matahari, polusi dan asap. Vitamin C juga meningkatkan kemampuan kolagen untuk menghaluskan kerutan dan memperbaiki tekstur kulit. Dengan satu cangkir blueberry dapat memberi 24% dari kebutuhan harian vitamin C anda.

9. Menjaga Fungsi Otak dan Meningkatkan Daya Ingat

Para ilmuwan di USDA research center telah mempelajari pengaruh manfaat blueberry pada fungsi otak dengan menggunakan binatang sebagai subyek percobaan selama lebih dari satu dekade. Melalui beberapa penelitian menggunakan tikus, para peneliti menemukan bahwa kehilangan memori objek, yang biasanya terjadi karena faktor usia, dapat dicegah dan bahkan dapat meningkatkan fungsi otak dengan cara memberi blueberry pada tikus tua.

Dan dalam penelitian yang melibatkan sembilan manusia sebagai subyek, dipimpin oleh Robert Krikorian dan timnya di University of Cincinnati, menemukan bahwa orang tua yang diberi jus blueberry memiliki nilai yang lebih tinggi pada tes memori daripada mereka yang menerima plasebo. Penelitian ini mendukung penelitian lanjutan tentang bagaimana blueberry dapat berfungsi sebagai metode pencegahan atas penurunan kognitif.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *