Manfaat Bayam Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

 zhuL  October 14, 2022  0
manfaat bayam yang luar biasa bagi kesehatan

Bayam merupakan salah satu sayuran berdaun hijau tersehat yang pernah ada. Bayam merupakan sumber yang sangat baik untuk vitamin K, vitamin A (dalam bentuk karotenoid), mangan, folat, magnesium, besi, tembaga, vitamin B2, vitamin B6, vitamin E, kalsium, kalium, dan vitamin C. Bayam juga sumber yang baik untuk serat, fosfor, vitamin B1, seng, protein, dan kolin. Dari kandungan bayam yang disebuatkan diatas, tidak heran jika manfaat bayam bagi kesehatan sangatlah luar biasa.

Bayam diduga berasal di Persia kuno (Iran), sayur ini tersebar ke Cina pada abad ke-7 ketika raja Nepal mengirimkannya sebagai hadiah untuk negara ini. Di Eropa, bayam memiliki sejarah yang masih baru apabila dibandingkan dengan banyak sayuran lainnya. Bayam dibawa ke benua itu pada abad ke-11, ketika bangsa Moor memperkenalkannya ke Spanyol. Bahkan, selama beberapa saat, bayam dikenal sebagai “sayuran Spanyol” di Inggris. Saat ini, bayam bisa ditemukan di banyak negara dan pastinya indonesia adalah salah-satunya.

Nilai Gizi Bayam

Bayam merupakan sumber yang sangat baik untuk vitamin K, vitamin A (dalam bentuk karotenoid), mangan, folat, magnesium, besi, tembaga, vitamin B2, vitamin B6, vitamin E, kalsium, kalium, dan vitamin C. Bayam juga sumber yang baik untuk serat, fosfor, vitamin B1, seng, protein, dan kolin.

Selain itu, bayam merupakan sumber yang baik untuk omega-3 asam lemak, niacin, asam pantotenat dan selenium. Campuran gizi yang konvensional dalam bayam juga memberinya status unik pada sisi antioksidan dan anti-inflamasi, campuran ini merupakan campuran fitonutrien yang tidak biasa pada komponen antioksidan dan anti-inflamasi.

Manfaat Bayam yang Luar Biasa bagi Kesehatan

Berikut beberapa manfaat bayam bagi kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Baik untuk Penderita Diabetes

Bayam mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam alpha-lipoic, antioksidan ini telah terbukti bermanfaat dalam menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah stres oksidatif yang disebabkan perubahan pada pasien diabetes. Penelitian tentang asam alpha-lipoic juga menunjukkan penurunan neuropati perifer dan/atau neuropati otonom pada penderita diabetes.

2. Mencegah Kanker

Bayam dan sayuran hijau lainnya mengandung klorofil yang telah terbukti efektif dalam memblokir efek karsinogenik amina heterosiklik yang dihasilkan ketika memanggang makanan pada suhu yang tinggi.

3. Mencegah Penyakit Asma

Resiko perkembangan asma lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi gizi tertentu dalam jumlah tinggi. Salah satu gizi ini adalah beta-karoten, dimana bayam merupakan sumber yang sangat baik untuk beta-karoten. Selain bayam ada juga aprikot, brokoli, melon, labu dan wortel yang juga merupakan sumber yang kaya akan beta-karoten.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Karena kandungan kalium-nya yang tinggi, bayam dianjurkan untuk orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi untuk meniadakan efek natrium dalam tubuh. Asupan kalium yang rendah mungkin sama besar dengan resiko faktor perkembangan tekanan darah tinggi karena asupan natrium yang tinggi.

Makanan tinggi kalium lainnya diantaranya kentang, tomat, kacang lima dan jeruk.

5. Menyehatkan Tulang

Manfaat bayam bagi kesehatan tulang. Asupan rendah vitamin K telah dikaitkan dengan resiko patah tulang yang lebih tinggi. Asupa vitamin K yang cukup merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan tulang, karena vitamin bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium.

6. Melancarkan Pencernaan

Bayam mengandung serat dan air yang tinggi, sehingga bermanfaat dalam membantu mencegah sembelit dan mendukung kesehatan saluran pencernaan.

7. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Manfaat bayam yang terakhir adalah untuk menyehatkan kulit dan rambut. Bayam mengandung vitamin A yang tinggi, vitamin ini diperlukan untuk produksi sebum dalam menjaga kelembaban rambut. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan seluru jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Bayam dan sayuran hijau lainnya kaya akan vitamin C, yang penting untuk membangun dan memelihara kolagen, menyediakan struktur untuk kulit dan rambut.

Kekurangan zat besi merupakan penyebab utama akan kerontokan rambut, hal ini dapat dicegah dengan asupan makanan yang kaya akan zat besi, seperti bayam.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *