Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

 zhuL  October 14, 2022  0
manfaat bawang putih untuk kesehatan

Bawang putih (Allium sativum) adalah tanaman herbal yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan di seluruh dunia. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, manfaat bawang putih untuk kesehatan juga sangat luar biasa, sepanjang sejarah kuno dan modern, bawang putih sering digunakan sebagai obat untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.

Meskipun bawang putih memiliki manfaat yang luar biasa, tanaman herbal ini biasanya hanya dikonsums dalam jumlah sedikit, hal ini terjadi mungkin karena aromanya yang cukup menyengat, sehingga tidak banyak dikonsumsi secara langsung melainkan hanya sering digunakan sebagai bumbu makanan.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat bawang putih yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Bawang Putih Mengandung Senyawa yang disebut Allicin, Yang Dapat Digunakan Sebagai Obat yang Sangat Ampuh

Bawang putih merupakan tanaman yang telah digunakan sejak jaman mesir kuno. Kandungan allicin pada bawang putih merupakan zat yang dapat digunakan sebagai obat yang sangat ampuh, Allicin merupakan salah satu komponen biologis aktif utama dan banyak terkandung pada bawang putih.

Setelah dilakukan beberapa penelitian pada zat ini, peneliti menemukan bahwa Alilicin dapat digunakan untuk menurunkan berat badan, mengencerkan darah, mencegah hipertensi, sebagai zat antikanker, antioksidan dan anti bakteri, dll.

2. Mencegah Kanker

Bawang putih memiliki sifat anti kanker alami yang membantu sistem kekebalan tubuh kita. Bawang putih mampu mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker usus, kanker pancreas, kanker prostat, kanker perut, dan kanker payudara. Bawang putih juga diketahui dapat menghancurkan pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh manusia.

Salah satu bukti nyata yang ditemukan para peneliti adalah kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosiklik (HCA) yang merupakan zat yang dapat memicu kanker payudara bagi perempuan. Dari berbagai penelitian yang dilakukan zat diallyl sulfida yang terdapat dalam bawang putih dapat menghambat pertumbuhan dan transformasi PhIP menjadi karsinogen yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker payudara.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Para Peneliti di Emory University School of Medicine menemukan, Diallyl trisulfide yang merupakan komponen minyak bawang putih dapat membantu melindungi jantung selama operasi jantung dan setelah mengalami serangan jantung. Mereka juga percaya diallyl trisulfide bisa digunakan sebagai obat untuk gagal jantung.

Dalam studi lain, yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, para ilmuwan menemukan bahwa minyak bawang putih dapat membantu melindungi pasien diabetes dari kardiomiopati.

Kardiomiopati merupakan penyebab utama kematian di antara pasien diabetes. Kardiomiopati adalah penyakit kronis miokardium (otot jantung), yang menebalkan, membesarkan dan/atau membuat kaku otot jantung.

4. Mencegah Pembekuan Darah

Sifat pembersih yang terkandung pada bawang putih memungkinkan untuk membersihkan arteri dan vena, yang kemudian akan mengencerkan darah serta melancarkan aliran darah. Selain itu, bawang putih juga dapat meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam darah, yang membantu melebarkan pembuluh darah dan melarutkan pembekuan darah.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Banyak riset yang telah menunjukkan bahwa bawang putih sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8%. Bahkan efek bawang putih ini dapat menurunkan tekanan darah pada orang normal.

6. Melawan Infeksi

Bawang putih mengandung allicin, vitamin C, B6, kalium, kalsium, selenium, magnesium, dan flavonoid yang besar untuk melawan infeksi karena kandungan-kandungan tersebut dapat membunuh bakteri, jamur, dan virus.

7. Mengurangi Kadar Gula Darah

Bawang putih memang dapat membantu meningkatkan insulin di dalam darah, sehingga hal ini dapat membantu penderita diabetes. Namun, hal ini tidak berarti kita berhenti melakukan pengobatan dari dokter. Tetap lakukan pengobatan dari dokter dan mencoba bawang putih sebagai pengobatan tambahan.

8. Sumber Antivirus, Anti Bakteri, Antioksidan Yang sangat Ampuh

Khasiat paling utama dari bawang putih adalah kandungan antioksidan yang sangat kaya pada bawang putih dan tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya untuk mencegah, tetapi bawang putih juga dikenal sebagai anti virus dan anti bakteri, zat yang terkandung dalam bawang putih ini dapat membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi, dan virus serta cacing dalam tubuh.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *