Manfaat Bawang Merah Mentah untuk Kesehatan Tubuh

 zhuL  September 14, 2022  0
Manfaat Bawang Merah Mentah untuk Kesehatan

Bawang merah, banyak orang yang menyukainya, namun ada jga yang tidak, hal ini mungkin disebabkan karena baunya yang khas dan sangat tajam, serta susah hilang. Namun suka atau tidak, sangat disarankan untuk mengkonsumsi bawang merah mentah karena ada segudang manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh kita.

Bawang merah merupakan tanaman berumbi lapis berwarna merah-keungu unguan (namun ada juga yang berwarna kuning dan putih) yang berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, lalu kemudian dibudidayakan di daerah dingin, iklim subtropis atau tropis seperti Indonesia.

Bawang merah biasanya dimakan mentah, dimasak dengan makanan lain, dijadikan bumbu masakan, ditambahkan sebagai pewarna untuk salad dan sebagai obat tradisional. Namun meskipun akan terasa lebih nikmat bila di dimasak atau digoreng, bawang merah sebaiknya dimakan mentah karena bila dimasak atau digoreng akan mengurangi khasiat obatnya.

Nilai Gizi Bawang Merah

Bawang merah merupakan tumbuhan yang rendah kalori dan kaya akan gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh, seperti vitamin, mineral dan antioksidan. Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar 64 kalori, 15 gram karbohidrat, 0 gram lemak, 0 gram kolesterol, 3 gram serat, 7 gram gula, 2 gram protein dan 10% atau lebih dari nilai harian untuk vitamin C, vitamin B-6 dan mangan.

Bawang merah juga mengandung sejumlah kecil kalsium, zat besi, folat, magnesium, fosfor dan kalium, serta antioksidan quercetin dan sulfur.

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Mengkonsumsi semua jenis buah-buahan dan sayur-sayuran dipercaya dapat menurunan resiko berbagai gangguan kesehatan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi makanan nabati seperti bawang merah dapat menurunkan resiko obesitas, diabetes, penyakit jantung dan juga meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, energi dan menurunkan berat badan.

Berikut beberapa manfaat bawang merah untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Hadirnya fitokimia dalam jumlah banyak pada bawang merah bertindak sebagai pendorong untuk vitamin C dalam tubuh. Saat kita mengkonsumsi bawang merah, khasiat vitamin C, lalu kemudian sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat dengan pesat. Karena sistem kekebalan tubuh telah meningkat maka akan sangat membantu dalam melindungi tubuh terhadap racun dan berbagai benda asing yang dapat menyebabkan penyakit.

2. Baik untuk Pasien Diabetes

Bawang merah mengandung kromium, mineral yang relatif tidak biasa ditemukan secara alami dalam makanan. Kromium membantu tubuh dalam mengatur kadar gula darah dan pelepasan glukosa secara bertahap ke otot dan sel-sel tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi bawang merah dapat membantu mengatur tingkat gula darah, yang mana sangat penting bagi pasien diabetes.

3. Penyakit Jantung

Manfaat bawang merah untuk mengobati dan mencegah penyakit jantung. Bawang merah bertindak sebagai antikoagulan, yang juga dikenal sebagai pengencer darah, yang pada akhirnya akan mencegah pembentukan gumpalan sel-sel darah merah yang diketahui dapat menyebabkan gangguan jantung dan penyakit kardiovaskular.

4. Mencegah Kanker

Sayur sayuran allium (Allium adalah genus bawang, di dalamnya termasuk bawang merah) telah dipelajari secara ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama kanker perut dan kanker kolorektal. Adanya pengaruh bawang merah dalam mencegah dan manfaatnya untuk kanker mungkin karena tanaman ini kaya akan senyawa organosulfur.

Meskipun mekanisme yang tepat dimana senyawa ini menghambat kanker tidak diketahui, tapi kemungkinan hipotesis meliputi penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis dan pencegahan pembentukan radikal bebas.

Bawang merah juga merupakan sumber antioksidan vitamin C kuat yang membantu dalam melawan pembentukan radikal bebas yang diketahui dapat menyebabkan kanker.

5. Mencegah Kanker Usus Besar

Asupan serat yang tinggi dari semua buah buahan dan sayur sayuran termasuk bawang merah berkaitan dengan penurunan resiko kanker usus besar.

6. Mencegah Kanker Prostat

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol berbasis populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan sayur sayuran allium dan kanker prostat. Mereka menemukan bahwa pria dengan asupan sayur sayuran allium tertinggi memiliki resiko terendah terkena kanker prostat.

7. Mencegah Kanker Esofagus dan Perut

Asupan sayur sayuran allium yang sering, berbanding terbalik dengan resiko kanker esofagus dan perut. Beberapa penelitian pada manusia berbasis survei telah menunjukkan potensi pengaruh pelindung pada orang yang mengkonsumsi alliums, serta laporan dari penghambatan tumor setelah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.

8. Tidur dan Suasana Hati

Manfaat bawang merah dalam mengatur tidur dan suasana hati. Folat yang juga ditemukan pada bawang merah, bermanfaat dalam membantu menghilangkan depresi dengan cara mencegah pembentukan homosistein yang berlebihan di dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan gizi lain untuk mencapai otak.

Kelebihan homosistein dapat mengganggu produksi hormon serotonin, dopamine dan norepinephrine, yang mengatur tidak hanya suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan.

9. Kulit dan Rambut

Manfaat bawang merah untuk kulit dan rambut. Asupan vitamin C sangat diperlukan untuk membangun dan memelihara kolagen, yang diketahui memberi struktur untuk kulit dan rambut

10. Menurunkan Berat Badan

Apakah anda sudah sering mencoba untuk diet namun tidak berhasil ? jika iya, cobalah melakukan diet dengan memanfaatkan bawang merah. makanlah bawang merah mentah selama melakukan program diet setidaknya 3 sampai 4 siung setiap hari. Kromium yang terkandung dalam bawang merah akan membantu dalam menurunkan berat badan anda lebih cepat.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *