Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan

 zhuL  October 16, 2022  0
manfaat antioksidan untuk kesehatan

Title: “Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan. Setiap hari, sel-sel dalam tubuh terbuka untuk mendapatkan oksigen. Oksigen sangat penting untuk kesehatan tubuh anda, tetapi terbukanya sel-sel tubuh untuk mendapatkan oksigen juga menyebabkan oksidasi. Dalam keadaan oksidasi, bahan kimia tubuh dirubah dan menjadi apa yang dikenal sebagai radikal bebas. Karena faktor lingkungan, seperti cahaya sinar matahari, asap rokok, alkohol dan polusi, juga menciptakan radikal bebas.

Seiring waktu, radikal bebas dapat menyebabkan reaksi berantai dalam tubuh anda yang merusak bahan kimia tunuh yang penting, DNA dan bagian sel-sel anda. Beberapa sel-sel dapat disembuhkan, namun ada juga beberapa yang lain rusak secara permanen. Para ilmuwan percaya radikal bebas dapat menyebabkan proses penuaan dini serta penyakit seperti kanker, diabetes dan penyakit jantung.

Antioksidan adalah zat alami yang dapat menghentikan atau membatasi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Tubuh menggunakan antioksidan untuk menstabilkan radikal bebas sehingga dapat melindungi dan membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh oksidasi sampai batas tertentu.

Benerapa Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat antioksidan untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan salah satu “virus” yang dapat membuat kerusakan pada sel-sel dalam tubuh yang menjadi salah satu faktor penyebab kanker. Kerusakan sel tidak hanya dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, melainkan juga dapat memberikan efek di kulit, wajah, dan berbagai bagian lainnya.

Radikal bebas sangat berbahaya, tidak hanya dapat menyebabkan kerusakan sel-sel yang akan menjadi sumber penyakit mematikan, tetapi juga dapat merusak struktur tubuh karena dapat mempengaruhi sel-sel sehat dalam tubuh.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin C dan E dapat memicu fungsi kognitif yang lebih baik dan mengurangi risiko kepikunan.

3. Mengurangi Stres Oksidatif

Stres oksidatif adalah terganggunya keseimbangan pembuatan radikal bebas dan pertahanan antioksidan dan dapat berperan dalam perkembangan penyakit seperti diabetes dan Alzheimer. Untungnya, antioksidan dapat membantu kita dalam menjaga keseimbangan dan menghentikan proses oksidasi.

4. Mencegah Kanker

Bukti laboratorium menunjukkan bahwa antioksidan tertentu dapat memperlambat atau bahkan mencegah perkembangan kanker. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan DNA dan molekul lain, dan pada akhirnya, kerusakan sel-sel yang diakibatkan oleh radikal bebas akan menyebabkan kanker.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu penelitian menemukan bahwa kombinasi antioksidan tertentu seperti vitamin C, vitamin E dan beta-karoten dapat membantu dalam melindungi mata dari kondisi-kondisi kerusakan parah dan pengaruh usia seperti degenerasi makula, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang di atas usia 65.

Selain itu, beta-karoten yang dapat ditemukan dalam makanan seperti ubi jalar, wortel, lobak, sawi dll, dan juga antioksidan lain yang disebut lutein, yang dapat anda temukan dalam bayam dan kangkung, dapat membantu dalam melindungi penglihatan.

6. Membantu Paru-Paru

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 1.600 orang dewasa di New York, diketahui bahwa fungsi paru-paru meningkat setelah kadar antioksidan darah meningkat. antioksidan yang memberi dampak kuat ini adalah beta-cryptoxanthin dan vitamin E, yang dapat ditemukan dalam makanan seperti almond, biji bunga matahari, kacang pinus, bayam, dan aprikot kerin.

7. Membantu Pertumbuhan Rambut

Antioksidan seperti Vitamin C dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan cara membantu mempertahankan kolagen atau jaringan ikat rambut. Hal ini juga melindungi sel-sel di dalam pembuluh darah kulit kepala untuk membuat pertumbuhan rambut yang sehat.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan yang disebut flavonoid dalam teh hijau dan beberapa cokelat hitam dapat membantu melindungi kulit dari peradangan dan kanker. Selain itu, antioksidan juga membantu kulit dalam membuang radikal bebas dan bakteri yang disebabkan oleh polusi dan sengatan matahari.

9. Mencegah Penuaan Dini

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan mampu mengurangi tanda-tanda penuaan dini dengan cara meminimalkan keriput dan menjaga tekstur kulit, bahkan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan matahari.

10. Mencegah Kerusakan Sel-Sel

Antioksidan memiliki peranan penting dalam menjaga agar sel-sel dalam tubuh bisa tumbuh sehat dan tidak menyebabkan berbagai masalah. Kerusakan sel-sel dapat mematikan, mulai menjadi penyebab penyakit berbahaya hingga untuk masalah luar tubuh.

11. Mencegah Berbagai Penyakit Lainnya

Antioksidan bermanfaat bagi kesehatan dengan membersihkan radikal bebas pada aliran darah. Meskipun antioksidan belum terbukti untuk mengobati penyakit apapun, namun penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan juga telah terlibat dalam pencegahan sejumlah penyekit degeneratif dan penyakit yang berkaitan dengan usia, seperti :

  • Penyakit kardiovaskular
  • Gangguan kognitif
  • Disfungsi kekebalan tubuh
  • Katarak
  • Alzheimer

Sumber Antioksidan

Tubuh memproduksi beberapa antioksidan untuk melawan radikal bebas yang terbentuk oleh proses tubuh yang normal. Tubuh anda juga bisa mendapatkan antioksidan dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat. Misalnya makanan yang kaya akan antioksidan termasuk buah-buahan dan sayuran yang tinggi nutrisi seperti vitamin A, C dan E, beta-karoten, lutein, lycopene dan selenium.

Antioksidan hadir dalam buah-buahan, sayuran serta biji-bijian segar. Buah dan sayuran yang berkulit terang dengan warna khas seperti tomat merah, blueberry ungu, jagung kuning dan wortel oranye, kaya akan akan kandungan antioksidan. Sejumlah vitamin, mineral dan senyawa dalam makanan memiliki sifat antioksidan. Vitamin A, C dan E adalah yang paling terkenal seperti beta karoten, lycopene dan selenium. Beberapa makanan yang mengandung sejumlah antioksidan dalam jumlah besar, meliputi :

  • Wortel
  • Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, sawi dan bayam
  • Beri-berian, seperti strawberry dan anggur
  • Teh hijau
  • Buah jeruk
  • Apel dan pir
  • dll.

Reference

  • http://www.builtlean.com/2013/10/28/benefits-antioxidants
  • http://familydoctor.org/familydoctor/en/prevention-wellness/food-nutrition/nutrients/antioxidants-what-you-need-to-know.html
  • Image : http://healthneedscare.com/autum-fruits-that-protect-your-health


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *