Manfaat Alpukat Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

 zhuL  October 13, 2022  0
manfaat alpukat

Alpukat adalah buah dengan tekstur daging yang lembut dan agak unik bila dibandingkan dengan kebanyakan buah-buahan yang ada, biasanya kandungan utama buah terdiri dari karbohidrat, sedangkan alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (lemak sehat) yang tinggi. Alpukat merupakan satu-satunya buah yang menyajikan asam lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah banyak, buah ini juga merupakan makanan alami yang bergizi padat dan mengandung hampir 20 vitamin dan mineral. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa manfaat alpukat sangat luar biasa untuk kesehatan.

Nilai Gizi Alpukat

Alpukat kaya akan berbagai macam gizi, vitamin dan mineral. Alpukat juga merupakan sumber yang luar biasa untuk asam lemak tak jenuh tunggal dan memiliki kadar gula yang rendah. Menurut USDA National Nutrient Database, satu porsi alpukat (seperlima dari alpukat, sekitar 40 gram) mengandung 64 kalori, 6 gram lemak, 4 gram karbohidrat, 0 gram gula, 3 gram serat dan 1 gram protein.

Alpukat merupakan sumber vitamin C, E, K, dan B-6, serta riboflavin, niacin, asam folat, asam pantotenat, magnesium dan kalium. Alpukat juga mengandung lutein, beta-karoten dan omega-3. Selain itu, alpukat mengandung senyawa organik unik seperti pitosterol, karotenoid dan flavonoid.

Meskipun sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak, namun anda tidak perlu khawatir karena salah-satu alasan kenapa manfaat alpukat baik untuk kesehatan karena mengandung lemak yang tinggi. Lemak bermanfaat untuk membuat anda merasa kenyang lebih lama. Ketika anda mengkonsumsi lemak, otak anda akan menerima sinyal untuk mematikan nafsu makan. Mengkonsumsi lemak dapat memperlambat pemecahan karbohidrat menjadi gula, sehingga akan membantu dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Lemak sangat penting untuk setiap sel dalam tubuh, bahkan lebih dari 60% otak manusia terbuat dari lemak. Asupan lemak akan membuat kulit bersinar, meningkatkan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, mineral dan gizi lainnya, dan bahkan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meskipun lemak sangat penting untuk tubuh, tetapi tidak berarti anda harus makan makanan yang mengandung banyak lemak seperti, burger keju daging, makanan yang digoreng dan makanan lain yang mengandung banyak lemak karena lemak tidak semuanya sama.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh (lemak sehat) seperti alpukat tiap hari akan meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, menjaga anda tetap kenyang dan menahan keinginan anda untuk ngemil. Namun di sisi lain, mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh (lemak jahat) seperti makanan yang digoreng, daging olahan dan keju, dapat menyumbat arteri dan meningkatkan kolesterol anda.

Asupan lemak tak jenuh (lemak sehat) akan memberi pengaruh yang baik untuk kesehatan anda, namun disisi lain, asupan lemak jenuh (lemak jahat) akan memberi pengaruh buruk untuk kesehatan anda. Jadi makanlah makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti alpukat.

Manfaat Alpukat yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Mengkonsumsi semua jenis buah-buahan dan sayur-sayuran dipercaya dapat menurunan resiko berbagai gangguan kesehatan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi makanan nabati seperti alpukat dapat menurunkan resiko obesitas, diabetes, penyakit jantung dan juga meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, energi dan menurunkan berat badan.

Berikut beberapa manfaat alpukat yang luar biasa untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat alpukat untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut ahli diet Patricia Groziak, MS, RD, alpukat mengandung 25 miligram per ons sterol tumbuhan alami yang disebut beta-sitosterol. Asupan beta-sitosterol secara teratur dan tanaman sterol lainnya sangat direkomendasikan karena manfaat sterol untuk membantu dalam menjaga kadar kolesterol yang sehat.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Alpukat mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin, Kedua karotenoid ini penting untuk kesehatan mata. Keduanya bertindak sebagai antioksidan pelindung untuk melindungi mata dari kerusakan seperti katarak, penyakit mata yang disebakan oleh usia dan degenerasi makula.

Kondisi-kondisi mata diatas sering disebabkan oleh radikal bebas yang menumpuk di jaringan mata. Kedua karotenoid diatas yang bertindak sebagai antioksidan pelindung akan bermanfaat dalam menetralisir pengaruh berbahaya yang diakibatkan radikal bebas.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat alpukat untuk menjaga kesehatan tulang. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa alpukat mengandung karotenoid seperti zeaxanthin dan lutein, kedua karotenoid ini juga berhubungan dengan penurunan resiko cacat tulang rawan (gejala osteoarthritis), hal inilah yang membuat mengkonsumsi makanan yang mengandung kedua karotenoid diatas seperti alpukat bermanfaat dalam membantu mengurangi resiko radang sendi.

Kandungan mineral penting dalam alpukat juga cukup besar, termasuk seng, fosfor, tembaga, dan sejumlah kecil kalsium dan selenium. Semua mineral ini berhubungan dengan penurunan resiko osteoporosis dan peningkatan kepadatan mineral tulang.

Selain itu, kandungan vitamin K dalam alpukat juga cukup tinggi, vitamin K dapat mendukung kesehatan tulang dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium. 1/2 alpukat ukuran sedang menyediakan sekitar 25% asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin K.

4. Berperan Sebagai Anti-Kanker

Manfaat alpukat sebagai anti-kanker. Mengkonsumsi alpukat dapat menurunkan resiko kanker payudara dan prostat. Alpukat mengandung karotenoid dan lemak tak jenuh tunggal yang mana keduanya bermanfaat dalam menurunkan resiko kanker dengan signifikan.

Alpukat juga mengandung Glutathione, antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kanker dan pengaruh bahaya radikan bebas.

5. Baik untuk Wanita Hamil

Folat juga sangat penting bagi wanita hamil. Asupan folat yang cukup akan bermanfaat dalam melindungi bayi dari keguguran dan cacat tabung saraf. Satu buah alpukat dapat memberi sekitar 23% dari nilai harian yang direkomendasikan.

6. Menurunkan Risiko Depresi

Manfaat alpukat untuk menurunkan resiko depresi. Alpukat kaya akan asam folat, asupan folat yang tinggi dapat menurunkan resiko depresi. Folat dapat membantu dalam mencegah kelebihan pembentukan homosistein dalam tubuh, zat yang dapat mengganggu sirkulasi dan pengiriman gizi ke otak.

Homosistein yang berlebihan juga dapat mengganggu produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, hormon-hormon yang mengatur suasana hati, tidur dan nafsu makan.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dibalik tekstur yang lembut, alpukat mengandung serat yang tinggi, 1/2 alpukat mengandung sekitar 6-7 gram serat. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat alami tinggi seperti alpukat dapat mencegah sembelit, mempertahankan saluran pencernaan yang sehat dan menurunkan resiko kanker usus besar.

8. Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Asupan serat yang cukup dapat mendukung gerakan usus yang teratur, yang mana sangat penting untuk pengeluaran racun setiap hari melalui empedu dan kotoran. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa serat makanan juga dapat memainkan peran dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan peradangan.

9. Melindungi Tubuh dari Penyakit Kronis

Manfaat alpukat untuk melindungi tubuh dari penyakit kronis. Menurut Department of Internal Medicine dan Nutritional Sciences Program of the University of Kentucky bahwa asupan serat yang tinggi terkait dengan penurunan resiko terkena penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, diabetes, obesitas, dan penyakit pencernaan tertentu. Peningkatan asupan serat juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan berat badan bagi penderita obesitas.

Untuk menambahkan alpukat ke dalam menu makanan sehat harian anda sangatlah mudah. Buah sehat ini bisa ditambahkan kedalam jenis makanan seperti salad atau ditambahkan kedalam es buah, alpukan juga lezat bila dijadikan sebagai jus atau dimalan langsung.

Reference



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *