5 Kota dengan Koneksi Internet Tercepat di Indonesia

 Zhul Al Gray |  Update 19 April 2017 |   0 Comment
Kota dengan Koneksi Internet Tercepat di Indonesia

Bila dilihat dari segi kecepatan koneksi internet, Indonesia memang masih tertinggal jauh dari negara-negara lain. Dengan kecepatan koneksi internet sekitar 5,33 Mbps, Indonesia menempati urutan ke 143 dari 198 negara yang terdaftar memiliki kecepatan koneksi internet di dunia.

Terlepas dari problematika yang memang harus diperbaiki oleh pemerintah, ada sebuah cerita menarik dari kota-kota di Indonesia yang telah “mencicipi” koneksi internet. Apa itu ? 5 kota dengan koneksi internet tercepat di Indonesia.

Sebagai orang Indonesia, tantunya Anda mau tahu apakah daerah yang anda tempati memiliki koneksi internet yang cepat atau lambat untuk skala Indonesia. Penasaran ? Berikut 5 kota dengan koneksi internet tercepat di Indonesia.

1. Kota Tangerang

Kota yang menduduki peringkat pertama untuk koneksi internet tercepat di Indonesia adalah kota Tangerang. Kota yang merupakan wilayah peyanggah Jakarta ini ternyata memiliki koneksi internet paling cepat mengalahkan kota-kota besar di Indonesia, termasuk ibu kota Jakarta sendiri.

Dengan koneksi internet mencapai 7,8 Mbps, kota yang juga telah didukung akses layanan 4G dari beberapa provider ini pastinya akan membuat akses internet menjadi cepat berkali-kali lipat dibandingkan dengan beberapa wilayah di Indonesia.

Hal ini dikarenakan sinyal 4G LTE dapat menjangkau ke dalam gedung atau rumah untuk wilayah perkotaan dan menjangkau wilayah yang jauh untuk di luar perkotaan. Layanan 4G yang beredar di wilayah Tangerang ini sendiri dapat dinikmati penduduknya pada frekuensi 900MHz dengan lebar pita sebesar 5MHz dan memiliki kecepatan akses data mencapai 36 Mbps.

2. Jakarta

Menyandang gelar kota metropolitan terbesar dan ibu kota negara Indonesia ternyata tak cukup membuat Jakarta menjadi kota yang memiliki akses internet paling cepat. Kota yang identik dengan monuman nasional ini masih kalah dengan tetangganya yaitu Tangerang.

Dengan koneksi internet mencapai 7,25 Mbps, Jakarta pun akhirnya harus puas diposisi kedua kota dengan akses internet super cepat.  Sebenarnya Jakarta juga sama dengan Tangerang soal layanan internet 4G dari hampir semua provider yang ada. Namun layanan 4G ini masih belum bisa dinikmati diseluruh wilayah kota Jakarta, karena hanya 200-an lokasi saja yang diidentifikasi telah terhubung dengan 4G.

Di Jakarta sendiri, jaringan outdoor seperti Telkomsel 4G LTE telah meliputi beberapa area seperti Bandara Soekarno Hatta, area Sudirman, Semanggi, SCBD, Tanah Abang, Pondok Indah, Kebayoran Baru, dan Blok M. Sedangkan untuk jaringan yang beroperasi secara indoor tersebar di 43 titik prominent high data traffic area, seperti mal, perkantoran, gedung pemerintahan daerah residensial, GraPARI Telkomsel, termasuk di dalamnya Gandaria City, Pacific Place, Senayan City, Plaza Indonesia dan Kota Casablanka.

3. Bekasi

Siapa sangka kota yang pernah di bully di media sosial ini menduduki posisi ketiga dalam kategori kota dengan koneksi Internet tercepat di Indonesia. Dengan kecepatan koneksi internet mencapai 4,29 Mbps, kota yang berada di sebelah Timur Jakarta ini ternyata juga kebagian layanan 4G dari beberapa provider, termasuk Telkomsel.

Dalam keterangan resminya, Telkomsel memang mengakui bahwa pihaknya telah melakukan penambahan lokasi jangkauan jaringan Telkomsel 4G LTE pada area Depok, Tangerang, dan Bekasi.

4. Surabaya

Kota yang menduduki peringkat pertama untuk koneksi internet tercepat di Indonesia adalah kota. Kota yang menjadi ikon kota pahlawan ini tercatat memiliki keepatan koneksi internet mencapai 4,17 Mbps. Sebagai ibukota Jawa Timur, banyak provider yang sudah mendukung layanan 4G, baik untuk area outdoor sampai indoor.

Menariknya, jaringan 4G yang didapat itu tersedia di lokasi strategis seperti mal, area kantor, sekolah, kampus, tempat wisata, daerah residensial, dan bandar udara.

5. Bandung

Ibu kota provinsi Jawa Barat, Bandung menduduki posisi kelima dalam urutan 5 kota dengan koneksi internet tercepat di Indonesia. Dengan kecepatan akses mencapai 3,95 Mbps, kota kembang juga telah dilengkapi dengan layanan 4G LTE dari beberapa provider seperti XL dan Telkomsel.

Kerennya, layanan 4G LTE yang ada di kotamadya Bandung sudah hampir bisa dinikmati oleh semua orang. Jadi, bila Anda ingin main ke Bandung, anda tidak perlu khawatir dengan koneksi internet.

Related Post


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Related Post


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *