Jenis-jenis Komputer berdasarkan Ukurannya (Lengkap)

 Admin |  Update 12 May 2017 |   0 Comment
jenis-jenis komputer berdasarkan ukurannya

Berdasarkan ukuran dan kekuatannya dalam memproses data, jenis-jenis Komputer dapat dibagi menjadi empat yaitu Supercomputer, Mainframe Computer, Minicomputer dan Microcomputer. Ukuran fisik komputer bisa sebesar bangunan besar dan juga bisa sekecil laptop atau mikrokontroler yang tertanam dalam sistem mobile.

Saat orang menyebut kata “komputer”, biasanya yang ada dipikiran mereka adalah komputer Desktop atau Laptop. Namun mesin yang disebut komputer bukan komputer desktop dan laptop saja, sebenarnya masih ada banyak jenis-jenis komputer lain yang ada disekitar kita.

Jenis-jenis Komputer berdasarkan Ukurannya

Berikut empat jenis-jenis komputer berdasarkan ukuran dan kekuatannya dalam memproses data:

1. Supercomputer (Superkomputer)

jenis komputer supercomputer

Superkomputer adalah jenis komputer terkuat dalam hal kinerja dan pengolahan data. Superkomputer mampu melakukan triliunan instruksi per detik yang dihitung dalam Floating point Operations Per Second (FLOPS), tidak seperti Personal Computer (PC) yang hanya bisa melakukan jutaan instruksi per detik (MIPS).

Superkomputer biasanya digunakan secara khusus oleh organisasi besar untuk melakukan tugas tertentu, seperti untuk tujuan penelitian dan eksplorasi. Misalnya, NASA yang menggunakan superkomputer untuk meluncurkan pesawat-pesawat ulang-alik, mengendalikannya dan untuk tujuan eksplorasi ruang angkasa.

Superkomputer sangat mahal dan memiliki ukuran yang sangat besar. Komputer jenis ini dapat ditampung di ruang ber-AC yang besar, beberapa superkomputer bahkan membutuhkan seluruh ruang bangunan.

Beberapa Penggunaan Superkomputer

Superkomputer biasanya digunakan untuk melakukan tugas seperti berukut:

a. Eksplorasi Ruang Angkasa

Superkomputer digunakan untuk mempelajari asal mula alam semesta, Dark Matter. Untuk penelitian ini, ilmuan menggunakan superkomputer yang dirancang IBM yang disebut “Roadrunner” di National Laboratory Los Alamos.

b. Penelitian Gempa Bumi

Superkomputer digunakan untuk mempelajari fenomena Gempa Bumi. Di samping itu, superkomputer juga digunakan untuk eksplorasi sumber daya alam, seperti gas alam, minyak bumi, batubara, dll.

c. Perkiraan Cuaca

Superkomputer digunakan untuk peramalan cuaca, dan untuk mempelajari sifat dan tingkat badai, curah hujan, angin topan, dll.

d. Pengujian Senjata Nuklir

Superkomputer digunakan untuk menjalankan simulasi senjata yang dapat menguji jarak, akurasi dan dampak senjata nuklir.

Di Pakistan, superkomputer digunakan oleh lembaga pendidikan seperti NUST untuk tujuan penelitian. Pakistan Atomic Energy commission & Heavy Industry Taxila juga menggunakan superkomputer untuk tujuan penelitian.

Supercomputer Terkuat di Dunia

Dari semua supercomputer yang ada, berikut 3 diantaranya yang disebut sebagai yang terkuat:

a. Tianhe-2, China

Tianhe-2 (Milky Way-2) dibangun oleh National University of Defence Technology (NUDT) China untuk National Supercomputer Center di Guangzho. Supercomputer ini merupakan komputer terkuat kuat di dunia dengan kecepatan 33,86 PetaFLOPS (Pflop/s) pada benchmark Linpack.

Sistem ini memiliki 3.120.000 Core Komputasi yang terdiri dari 16.000 Node Komputer, masing-masing terdiri dari dua prosesor Intel Ivy Bridge Xeon dan tiga chip coprocessor Xeon Phi.

b. Titan, United States

Supercomputer Titan merupakan sistem Cray XK7 yang digunakan oleh Departemen Energi Amerika Serikat di Oak Ridge National Laboratory. Supercomputer ini di-upgrade pada tahun 2012 agar menjadi komputer terkuat (sampai mesin Tianhe-2 menyalipnya).

Supercomputer ini memiliki kecepatan 17.59 PetaFLOPS (Pflop/s) menggunakan 261.632 NVIDIA K20x Core.

c. K Computer, Japan

K Computer dibuat oleh Fujitsu di RIKEN Advanced Institute for Computational Science (AICS) di Kobe, Jepang. Supercomputer ini pernah menduduki peringkat pertama pada tahun 2011 dalam daftar komputer terkuat, namun kemudian di geser ke posisi ke empat.

Supercomputer ini memiliki kecepatan 10,51 PetaFLOPS (Pflop/s) dan menggunakan 705.024 core prosesor SPARC64.

2. Mainframe Computer (Komputer Mainframe)

jenis komputer mainframe

Meskipun tidak secepat dan sekuat superkomputer, namun Komputer Mainframe tetap saja merupakan jenis komputer yang sangat cepat dan mampu memproses dan menyimpan data dalam jumlah yang besar. Komputer Mainframe biasanya ditampung di kamar ber-AC yang besar karena ukurannya yang juga besar.

Jenis Komputer ini sangat mahal dan menghabiskan daya listrik dalam jumlah besar sehingga hanya perusahaan dan organisasi besar yang mampu menggunakannya. Banyak perusahaan besar dan organisasi pemerintah yang menggunakan mainframe untuk menjalankan operasi bisnis mereka.

Perbankan, lembaga pendidikan dan perusahaan asuransi menggunakan komputer mainframe untuk menyimpan data tentang pelanggan mereka, siswa dan pemegang kebijakan asuransi.

Komputer Mainframe Populer

Berikut beberapa komputer mainframe cukup populer:

  • Fujitsu ICL VME
  • Hitachi Z800

3. Minicomputer (Komputer Mini)

jenis komputer minicomputer

Minicomputer adalah jenis komputer dengan kemampuan pengolahan dan penyimpanan lebih kecil daripada Mainframe tetapi lebih besar daripada Microcomputer.

Dewasa ini, istilah micomputer sudah diaggap kuno dan lebih sering disebut Midrange Computer atau midrange system. Minicomputer biasanya digunakan oleh perusahaan kecil.

Minicomputer tidak dirancang untuk satu pengguna (single user). Masing-masing departemen dari sebuah perusahaan besar atau organisasi menggunakan minicomputer untuk tujuan tertentu. Sebagai contoh, departemen produksi dapat menggunakan minicomputer untuk memantau proses produksi tertentu.

Minicomputer Populer

Berikut beberapa minikomputer cukup populer:

  • Minicomputer Populer
  • K-202
  • Texas Instrument TI-990
  • SDS-92
  • IBM Midrange computers

4. Microcomputer (Komputer Mikro)

jenis komputer microcomputer

Microcomputer adalah jenis komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai Unit pemrosesan utama-nya (CPU). Komputer Desktop, Laptop, Notebook, Netbook, Ultrabook, Game Konsol, Suara dan Navigasi Sistem Mobil, Personal Digital Assistant (PDA), Tablet dan Smartphone, semuanya termasuk dalam kategori microcomputer.

Microcomputer merupakan jenis komputer yang paling banyak digunakan dan paling cepat berkembang. Jenis komputer ini juga merupakan yang termurah diantara semua jenis-jenis komputer diatas.

Microcomputer dirancang khusus untuk penggunaan umum seperti untuk tujuan hiburan, pendidikan dan pekerjaan. Adapun produsen terkenal microcomputer diantaranya Sony, Dell, Apple, Samsung, dan Toshiba.

 

KEMBALI KE ARTIKEL UTAMA

Jenis-Jenis Komputer


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.