Mengenal Hardware (Perangkat Keras) Komputer dan Fungsinya

 Zhul Al Gray |  Update 28 February 2017 |   2 Comments
perangkat keras komputer (hardware)

Hardware (Perangkat Keras) Komputer adalah kumpulan bagian-bagian fisik dari sebuah sistem komputer. Ini termasuk Case komputer, Monitor, Keyboard, dan Mouse. Hardware komputer juga mencakup semua bagian yang ada di dalam case komputer, seperti hard disk drive, motherboard, video card, dan lain-lain. Hardware komputer merupakan apa yang anda dapat sentuh secara fisik.

Sistem komputer terdiri dari dua elemen utama, yaitu Hardware (Perangkat Keras) dan Software (Perangkat Lunak). Hardware merupakan kumpulan dari semua bagian komputer yang Anda dapat sentuh secara fisik. Sedangkan software merupakan sesuatu yang tidak dapat Anda sentuh. Software merupakan kumpulan instruksi untuk sebuah komputer agar komputer melakukan operasi tertentu. Anda membutuhkan keduanya (Hardware dan Software) agar sistem komputer dapat bekerja.

Beberapa hardware komputer mudah untuk dikenali, seperti case komputer, keyboard dan monitor. Namun hardware komputer terdiri dari banyak jenis yang berbeda. Pada artikel ini, Anda akan belajar bagaimana mengenali komponen hardware komputer dan apa saja fungsinya.

KOMPONEN HARDWARE KOMPUTER

 

1. Case

Case Komputer adalah tempat yang berisi sebagian besar komponen-komponen komputer (biasanya tidak termasuk layar, keyboard dan mouse).

Baca Selengkapnya

2. Power Supply

Pada sub chapter ini, Anda akan belajar tentang pengertian power supply komputer, fungsi power supply, cara kerja power supply dan hal penting lainnya yang perlu anda ketahui.

Baca Selengkapnya

3. Motherboard

Motherboard (juga sering disebut Mainboard atau MoBo) komputer adalah Papan Sirkuit Cetak (Printed Circuit Board, disingkat PCB) yang memuat komponen-komponen utama komputer atau perangkat lainnya. Dengan konektor, papan sirkuit lainnya (daughterboard seperti VGA Card) dapat diselipkan/dicolokkan.

Baca Selengkapnya

4. CPU (Central Processing Unit)

CPU (Central Processing Unit) Komputer adalah otak dari komputer Anda. CPU menangani semua instruksi yang Anda berikan, semakin cepat CPU dalam memproses instruksi maka akan semakin bagus. Pada chapter ini, Anda akan belajar tentang bagaimana CPU memproses instruksi-instruksi dan bagaimana para engineer terus berinovasi dalam mengembangkan CPU yang lebih cepat.

Baca Selengkapnya

5. Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD)

Saat ini, ada dua jenis perangkat penyimpanan yang sering digunakan pada komputer, yaitu Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD). Berikut penjelasannya masing-masing :

a. Hard Disk Drive (HDD)

Hard Disk Drive adalah perangkat penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi digital menggunakan disk (cakram) yang dilapisi dengan bahan magnetik.

Baca Selengkapnya

b. Solid State Drive (SSD)

SSD (Solid-State Drive, juga dikenal Solid-State Disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data bersifat solid-state yang menggunakan rakitan Integrated Circuit (IC) sebagai memori untuk menyimpan data secara terus menerus.

Baca Selengkapnya

6. Expansion Card

Expansion Card (Kartu Ekspansi) komputer adalah printed circuit board (papan sirkuit cetak) yang dapat disisipkan ke dalam electrical connector (konektor listrik), atau expansion slot (slot ekspansi) pada motherboard komputer, backplane atau kartu riser untuk menambahkan fungsionalitas ke sistem komputer melalui Expansion Bus.

Baca Selengkapnya

7. Peripheral

Peripheral (lengkapnya Peripheral Device) komputer adalah perangkat tambahan yang digunakan untuk memasukkan dan mendapatkan informasi ke/dari komputer. Katakanlah Anda baru saja membeli sebuah komputer baru, dan dengan penuh semangat Anda membongkar dan mengatur semuanya.

Hal pertama yang Anda ingin lakukan adalah mencetak beberapa foto keluarga. Jadi Anda kembali ke toko untuk membeli Printer. Printer tersebut dikenal sebagai Peripheral.

Baca Selengkapnya

 

KEMBALI KE ARTIKEL UTAMA

Belajar Komputer

 

Related Post


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Related Post


2 responses to “Mengenal Hardware (Perangkat Keras) Komputer dan Fungsinya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *