Google Maps Memperbarui Rendering dan Kontrol Street View

 Zhul Al Gray |  Update 24 February 2017 |   0 Comment
google update street view google maps

Google menunjukkan detail update terbaru Street View melalui Geo Developers blog. Dengan update terbaru Street View kali ini, membuat App yang dapat menampilkan jalan ini menjadi lebih baik dari sebelumnya, terutama pada perangkat mobile, dengan meluncurkan Street View renderer yang baru pada API JavaScript Google Maps.

Street View merupakan salah satu fitur Google Maps yang cukup terkenal, fitur ini memungkinkan pengguna bisa menjelajahi dan merasakan dunia disekitar melalui Internet. App Developer diseluruh dunia yang menyediakan fitur Street View menggunakan API JavaScript Google Maps untuk membuat aplikasi mereka lebih unik dan menarik, memberi penggunanya perasaan seperti mengunjungi tempat dalam kehidupan nyata.

Adapun perbaikan dari update Street View terbaru kali ini adalah :

1. Transisi yang Lebih Mulus

Transisi dari satu titik ke titik lain pada Street View kini menyertakan frame-frame animasi yang lebih banyak sehingga menciptakan efek perpindahan yang mulus dari satu lokasi ke lokasi berikutnya. Sedangkan transisi pada Renderer yang lama tampak seperti melompat dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

2. Animasi Loading yang Lebih Mulis

Renderer lama mengulangi gambar-gambar saat loading konten baru sehingga menghasilkan efek gambar terlihat putus-putus. Sedangkan pada Renderer baru menggunakan citra resolusi yang lebih rendah saat loading konten sehingga menghasilkan animasi mulus saat memutar gambar pada Street View.

3. Bentuk Objek yang Lebih Baik

Pada Renderer yang baru, semua objek pada Street View terlihat lebih baik karena membangun model 360 derajat yang mempertimbangkan semua sudut pandang yang tepat.

4. Dukungan Mobile yang Lebih Baik

Citra WebGL

Renderer baru menggunakan WebGL (pada browser yang mendukungnya) yang menghasilkan frame rate yang lebih tinggi dan rendering yang lebih baik, terutama pada perangkat mobile.

Dukungan “Sentuhan”

Karena pertumbuhan pengguna web mobile, pengguna mengharapkan interaksi berbasis sentuhan pada tetiap gambar di street view. Renderer baru mendukung basis sentuhan gerakan alami yang sama pada perangkat seluler yang telah tersedia di aplikasi Google Maps Android: pinch-to-zoom dan double-tap-to-go.

Pada Renderer lama, Zooming hanya bisa dilakukan melalui tombol +/-, sehingga gerakan pada street view hanya bisa dilakukan dengan mengklik tanda panah pada tanah yang ada di gambar street view.

Pelacakan Gerak pada Perangkat Mobile

Dengan fitur ini, pengguna pada perangkat mobile dapat melihat sekeliling di dalam Street View dengan menggerakkan ponsel mereka.

5. Kontrol yang Lebih Baik

X Forward

Bila menggunakan perangkat desktop dengan mouse atau trackpad, pengguna akan melihat tanda “X” kecil di lokasi kursor yang menunjukkan lokasi kamera depan jika pengguna memilih untuk bergerak maju. Tanda panah menunjukkan arah gerakan. Sedangkan dinding persegi panjang mengidentifikasi kemana arah kamera akan menunjuk.

Nama Jalan, Label dan Target yang Lebih Jelas

Nama jalan dan label sekarang dipisahkan dari kontrol, menghilangkan masalah tumpang tindih dan tampilan yang bersih dalam berbagai bahasa dalam right-to-left dan left-to-right.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Street View pada API JavaScript Google Maps , silakan kunjungi developer documentation.

Reference


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.