16 Fakta Menarik Tentang Microsoft yang Mungkin Anda Tidak Tahu

 Zhul Al Gray |  Update 7 April 2017 |   0 Comment
Fakta Menarik Tentang Microsoft yang Mungkin Anda Tidak Tahu

Siapa sih yang tidak mengenal Microsoft? Perusahaan raksasa Software ini merupakan perusahaan pengembang software terbesar di dunia. Apakah Anda pengguna komputer? Pastinya mengenal Windows, Office (Worl, Excel, PowerPoint, dll), OneDrive, Microsoft Azure, dan Skype. Semua software ternama ini dikembangkan oleh Microsoft, sebenarnya masih ada banyak software buatan Microsoft lainnya namun tidak bisa penulis sebutkan satu persatu karena terlalu banyak – 16 Fakta Menarik Tentang Microsoft yang Mungkin Anda Tidak Tahu.

Microsoft didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada 4 April 1975. Untuk saat ini Microsoft menduduki peringkat kedua sebagai perusahaan teknologi terbesar setelah Apple.

16 Fakta Menarik Tentang Microsoft yang Mungkin Anda Tidak Tahu

Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar, tentunya ada banyak sekali fakta-fakta menarik yang akan membuat orang-orang terkesima. Penasaran ? Berikut 16 fakta menarik tentang Microsoft yang mungkin Anda tidak tahu.

1. Bill Gates Sang Pendiri Microsoft Tidak Memiliki Gelar Akademik

Fakta menarik tentang Microsoft yang pertama adalah Bill Gates sang pendiri Microsoft tidak memiliki gelar Akademik. Beberapa orang terkaya di dunia, terutama dalam bidang teknologi tidak memiliki gelar akademik sama sekali. Tokoh-tokoh seperti Bill Gates, Steve Jobs bahkan Mark Zuckerberg tidak memiliki gelar resmi dalam bidang akademik.

2. Bill Gates Mendapatkan Gelar Orang Tekaya di dunia pada Umur 31 Tahun

Fakta menarik tentang Microsoft yang kedua adalah Bill Gates mendapatkan gelar orang tekaya di dunia pada umur 31 tahun. Sang pendiri Microsoft yaitu Bill Gates menjadi milyarder termuda di dunia saat berumur 31 tahun pada 1987. Ia menjadi orang terkaya di dunia pada tahun 1995. Meskipun kekayaan Bill Gates berhasil disalip oleh milyarder lainnya, namun ia kembali lagi merebut posisi pertama dengan cepat.

3. Smartphone Microsoft Sudah Ada Jauh Sebelum Apple Memperkenalkan iPhone

Fakta menarik tentang Microsoft selanjutnya adalah Smartphone Microsoft sudah ada jauh sebelum Apple memperkenalkan iPhone. Microsoft pertama kali masuk ke pasar smartphone sebelum Apple meluncurkan iPhone-nya. Jauh sebelum populernya iPhone milik Apple, Microsoft telah terlebih dulu memperkenalkan Windows Mobile diperangkat PDA dan smartphone-nya di tahun 2000-an.

4. 1 Juta Sandwidch Dihabiskan oleh Karyawan Microsoft Setiap Tahunnya

Begitu banyaknya karyawan Microsoft di seluruh dunia membuat rekor unik tercipta di cafetaria Microsoft, yaitu bahwa total ada lebih dari 1 juta sandwidch yang habis dimakan oleh karyawan Microsoft setiap tahunnya

5. 20% Server di Microsoft Azure Ternyata Berjalan Menggunakan Linux

Siapa bilang Microsoft membenci Linux? Ternyata 20% server yang berjalan di Microsoft Azure menggunakan Linux sebagai sistem operasi-nya. Bahkan Microsoft baru saja memutuskan untuk merilis .NET bagi platform linux.

6. Kabel Fiber Optik Microsoft Jika Direntangkan Bisa Sampai di Bulan Hingga 3 Kali

Begitu panjangnya jaringan fiber optik yang dimiliki oleh Microsoft hingga kalau direntangkan maka bisa mencapai bulan dan kembali ke bumi lalu ke bulan lagi.

7. Data Center Microsoft Pertama Kali Dibangun Tahun 1989

Microsoft saat ini memiliki jaringan data center raksasa yang sangat besar, terlebih kini mereka bergerak di berbagai layanan cloud mulai dari Office 365, OneDrive, Outlook, dll. Namun tahukah kamu bahwa data center pertama Microsoft ternyata sudah dibangun pada tahun 1989 lalu?

8. Cortana Milik Microsoft Ternyata Dibuat Berdasarkan Sifat 6 Personal Assitant Sungguhan

Smart Assistant digital Cortana ternyata dibuat berdasarkan sifat personal assistant sungguhan. Peneliti Microsoft mewawancarai 6 orang personal assistant selebritis untuk dijadikan sebagai bahan acuan sifat Cortana.

9. 1,5 Milyar Orang Menggunakan Windows Setiap Hari

Dari semua sistem operasi komputer, Windows merupakan yang paling populer saat ini. Microsoft ternyata menyatakan bahwa setiap harinya ada 1,5 milyar orang yang menggunakan Windows untuk berbagai keperluan.

10. 1 Dari 7 Orang di Bumi Menggunakan Microsoft Office

Pengguna Microsoft Office saat ini mencapai 1,2 milyar orang, yang artinya 1 dari 7 orang di bumi yang menggunakan Microsoft Office dalam kesehariannya. Jumlah yang sangat fantastis!

11. Jika Pixel Bing Aerial Dibuat Lurus, Maka Jaraknya Bisa 4 Kali Mencapai Venus

Resolusi pixel Bing Aerial memang bisa dibilang cukup tinggi. Microsoft menyatakan bahwa jika dibuat titik-titik membentuk garis lurus, maka panjangnya bisa 4 kali bepergian dari bumi ke venus.

12. 4 Juta Cangkir Teh Habis Diminum Karyawan Microsoft Setiap Tahunnya

4 juta cangkir teh dari 1,1 juta bungkus teh habis setiap tahunnya oleh karyawan Microsoft yang tengah bekerja.

13. Data Center Microsoft 50% Lebih Hemat Energi Dibandingkan Kebanyakan Data Center

Bagi perusahaan dengan data center yang begitu besar, penghematan energi merupakan hal yang sangat penting dan krusial. Microsoft menggunakan teknologi modular data center modular yang membuat data center-nya mampu menghemat energi hingga 50% dibandingkan kebanyakan data center.

14. Microsoft Windows Pertama Kali diperkenalkan pada Tanggal 10 November 1983

Microsoft Windows pertama kali diperkenalkan pada tanggal 10 November 1983, namun baru di- launching pada November 1985. Inilah munculnya Microsoft versi pertama, yaitu Windows Graphic Environment 1.0.

15. Anda Tidak Akan Bisa Membuat Folder Baru dengan Nama “con” di Windows

Tahukah Anda, bahwa sampai kapanpun anda tidak akan bisa membuat folder baru dengan nama “con” di Microsoft. Jika anda mencobanya, anda akan mendapatkan pesan singkat bahwa nama drive yang anda gunakan tersebut salah. Sampai saat ini, belum diketahui ada apa dengan kata “con” dalam pembuatan sebuah folder di Windows.

16. Microsoft Windows Ter-Install di Hampir 90% Komputer Di Seluruh Dunia

Fakta menarik tentang Microsoft yang terakhir adalah Microsoft Windows ter-install di hampir 90% komputer di seluruh dunia. Hingga saat ini, Microsoft telah terinstall di hampir 90% dari komputer di seluruh dunia. Bisa dibayangkan dalam satu dunia ada berapa miliar komputer? Sungguh sebuah program yang sukses.

Related Post


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Related Post


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *