12 Fakta Menarik Tentang Google yang Mungkin Anda Tidak Tahu

 Zhul Al Gray |  Update 18 June 2017 |   1 Comment
12 Fakta Menarik Tentang Google yang Mungkin Anda Tidak Tahu

Jangan bilang Anda tidak tahu Google! karena hanya TARZAN yang mungkin tidak tahu tentang perusahaan raksasa berbasis internet ini. Anda juga pastinya pernah atau sedang menggunakan produk-produk Google, entah itu Google Search Engine, Google Maps, Google Play Store, Google Mail atau produk-produk google lainnya.

Google didirikan pada 4 September 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin. Nah, jika Anda merupakan salah satu pengguna aktif produk-produk Google, sepertinya wajib baca tentang fakta-fakta menarik tentang Google berikut yang mungkin Anda tidak tahu.

1. Awal Bertemunya Dua Pendiri Google Merupakan Hal yang Tidak Disengaja

Awal bertemunya antara dua pendiri google, Larry Page dan Sergey Brin, merupakan hal yang tidak disengaja. Pada tahun 1995, Larry Page yang sedang menikmati liburannya secara tidak sengaja bertemu dengan Sergey Brin yang bertugas sebagai pemandu tour-nya. Dalam pertemuan tersebut mereka mendiskusikan banyak hal yang akhirnya menjadi awal berdirinya Google.

2. Google Awalnya Bernama “Backrub”

Fakta menarik pertama tentang Google yang mungkin Anda tidak tahu adalah bahwa sebelum dikenal dengan nama Google, perusahaan raksasa berbasis internet ini awalnya bernama Backrub. Saat itu, Backrub merupakan sistem yang menggunakan backlink untuk menilai seberapa penting sebuah situs web.

Sistem ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1996 saat Larry Page dan Sergey Brin masih menjadi mahasiswa di Universitas Stanford.

3. Ide Munculnya Nama Google

Terkadang ide hebat itu muncul dari hal yang spontan dan tidak disengaja. Dan begitulah ide munculnya nama Google yang juga ditemukan secara tidak disengaja. Nama “Google” ditemukan saat mereka mendengar dua anak yaitu Milton Sirotta dan Edwin Sirotta mengucapkan kata “Googol” yang merupakan nama sebuah perhitungan Matematika angka satu yang diikuti dengan 100 angka 0.

4. Kantor Pertama Google adalah sebuah Garasi

Fakta menarik selanjutnya tentang Google yang mungkin Anda tidak tahu adalah bahwa kantor pertama Google merupakan sebuah Garasi yang terletak di California, AS. Garasi tersebut merupakan garasi rumah milik Susan Wojcicki yang sekarang menjadi CEO YouTube.

Saat itu Larry Page dan Sergey Brin baru berusia 24 tahun. Sekarang kantor Google terletak di Mountain View, California, AS.

5. Penyimpanan Google Pertama Terbuat dari LEGO dengan Kapasitas 40 GB

Saat Google masih dalam tahap pengembangan di Standford University pada tahun 1996, algoritma mesin pencari Google disimpan dalam 10 hard disk terpisah yang masing-masing berkapasitas 4 GB.

Saat itu, struktur sistem penghubung Google dengan Internet memerlukan ruang penyimpanan yang cukup besar dan menggunakan beberapa hard disk terpisah merupakan cara terbaik untuk memastikan ketersediaan ruang tersebut.

Larry Page dan Sergey Brin memutuskan untuk membangun tempat penyimpanan hard disk mereka menggunakan LEGO yang terkesan cukup unik. Tujuannya agar kapasitas penyimpanan dapat di perluas dengan mudah dan efisien, daripada harus membeli peralatan yang lebih mahal ketika proyek mereka semakin berkembang nantinya.

Saat ini, Google telah meng-indeks lebih dari 100.000.000 GB data. Tentunya bila dibandingkan dengan ruang penyimpanan awal google yang hanya 40 GB maka akan terasa sangat kecil.

6. Doodle Pertama Google adalah “The Burning Man Doodle”

Tahu kan apa itu Doodle? Doodle adalah sebuah gambar yang menggambarkan suatu hari atau event besar yang diterapkan pada logo Google. Doodle terletak tepat diatas Text Box yang digunakan untuk memasukkan kata kunci pencarian.

Bagi Anda yang belum tahu, Doodle pertama Google adalah “The Burning Man Doodle”. Logo tersebut diluncurkan pertama kali pada tahun 1998 untuk memberi tahu pengguna Google bahwa Larry Page dan Sergey Brin sedang keluar kantor untuk cuti.

7. Tweet Pertama Google

Fakta menarik selanjutnuya tentang Google yang mungkin Anda tidak tahu adalah tweet pertamanya. Tweet pertama google adalah “I’m 01100110 01100101 01100101 01101100 01101001 01101110 01100111 00100000 01101100 01110101 01100011 01101011 01111001 00001010”.

Bagi kebanyakan orang tweet ini pastinya terlihat sangat aneh, namun bagi seorang programmer atau mereka yang mendalami ilmu komputer maka akan terlihat biasa-biasa saja. Adapun arti dari angka-angka biner tersebut adalah “feeling lucky”, jadi bila semua kata digabungkan maka akan menjadi “I’m Feeling Lucky”.

8. Kekayaan Dua Pendiri Google Masing-Masing Senilai US$38,8 Miliar (Rp 541 Triliun) dan US$37,5 Miliar (Rp 523 Triliun)

Kedua pendiri Google memiliki kekayaan yang sangat luar biasa. Larry Page tercatat memiliki kekayaan sebesar US$38,8 miliar (Rp 541 triliun) dan Sergey Brin memiliki kekayaan sebesar US$37,5 miliar (Rp 523 triliun). Saat ini mereka memegang 16% saham Google.

9. Google Menggunakan Kambing untuk Menjaga Kebersihan Lahannya dari Rumput-Rumput Liar

Google memiliki lahan yang cukup luas di Mountain View, lahan ini perlu tetap dijaga agar bersih dari rumput-rumput liar. Daripada menggunakan jasa pemotong rumput, Google lebih memilih kambing untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Google memperkerjakan 200 ekor kambing milik pengembala California untuk memangkas lahannya. Hewan-hewan tersebut mengabiskan waktu satu minggu untuk mengunyah rerumputan dan juga turut menyuburkan lahan. Sebenarnya biaya yang dikeluarkan hampir sama dengan menyewa jasa pemotong rumput, namun Google mengklaim bahwa kambing lebih ramah lingkungan dan lebih lucu untuk di lihat.

10. Tombol “I’m Feeling Lucky” Menyebabkan Google Kehilangan Jutaan Dolar Per Tahunnya

Bagi sebagian orang, tombol “I’m Feeling Lucky” sangat berguna. Namun bagi Google sendiri, tombol tersebut malah membawa kerugian bagi perusahaan. Tombol ini berfungsi untuk membawa Anda langsung ke halaman website yang anda cari tanpa menampilkan laman pencarian Google terlebih dahulu.

Ini berarti bahwa pengguna akan melewatkan semua iklan yang muncul di halaman pencarian dan pada akhirnya akan menurunkan pendapatan Google.

11. Google Tetap Menggaji Karyawannya Meskipun Telah Meninggal

Bagi mereka yang memiliki suami atau istri yang meninggal saat masih berstatus karyawan di Google, maka keluarga mereka akan mendapat kompensasi sebesar 50% dari gaji mereka. Selain itu, anak-anak mereka juga akan menerima pembiayaan sampai mereka dewasa.

12. Google “Memelihara” T-Rex Bernama Stan

Mountain View merupakan rumah bagi benda-benda aneh dan mengagumkan, mulai dari maskot Android yang dibuat hingga seukuran orang dewasa dan juga sebuah pesawat luar angkasa. Namun yang paling menarik perhatian adalah kerangka T-Rex yang bernama Stan.

Stan merupakan kerangka dinosaurus asli yang berhasil ditemukan tidak jauh dari kantor Google. Pendiri Google membeli kerangka dinosaurus tersebut dalam rangka mengingatkan karyawan untuk memiliki rasa tanggung jawab atas keberlangsungan perusahaan agar terhindar dari kepunahan.


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


One response to “12 Fakta Menarik Tentang Google yang Mungkin Anda Tidak Tahu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.