Facebook Kembangkan Helikopter untuk Menyediakan Akses Internet Dalam Keadaan Darurat

 Zhul Al Gray |  Update 24 April 2017 |   0 Comment
Facebook Kembangkan Helikopter untuk Menyediakan Akses Internet Dalam Keadaan Darurat

Pada ajang konferensi developer F8, Facebook memperkenalkan teknologi baru untuk memperluas akses internet. Teknologi tersebut merupakan helikopter kecil dengan kabel listrik dan kabel serat optik untuk memberikan koneksi.

Facebook menyebut teknologi ini sebagai Tether-tenna. Cara kerjanya sama dengan tethering menggunakan telepon, agar perangkat lain bisa terhubung ke internet melalui telepon, namun jelas berbeda dalam tampilannya dan juga berbeda secara fungsional.

“Jika garis serat masih bagus sampai titik tertentu, kita bisa membuat menara virtual dengan menerbangkan Tether-tenna beberapa ratus kaki dari tanah. Setelah selesai, teknologi ini bisa segera dipasang dan beroperasi berbulan-bulan pada suatu waktu untuk mengembalikan konektivitas jika terjadi keadaan darurat,” kata director of Facebook’s connectivity program Yael Maguire dalam posting-an blog yang dikutip dari Venture Beat, Kamis (23/4/2017).

Tether-tenna memiliki kemiripan dengan drone Facebook’s Aquila yang memancarkan internet dari langit. Aquila tidak memiliki pengemudi manusia dan kata Maguire di masa depan Tether-tenna juga akan bisa melakukan fungsinya tanpa pilot manusia selama berbulan-bulan.

Facebook juga telah mengembangkan hardware jalur akses nirkable OpenCellular serta antena untuk mengantarkan internet di daerah perkotaan dan pedesaan. OpenCellular merupakan bagian dari Telecom Infra Project (TIP) dan Facebook berkolaborasi dengan pihak ketiga termasuk Deutsche Telekom dan Nokia.


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.