Fabric App: Sebuah Aplikasi yang Menceritakan Tentang Kisah Hidup Anda

 Admin |  Update 4 March 2017 |   0 Comment

Teknologi telah memudahkan kita untuk merekam dan mengarsipkan kenangan-kenangan kita dalam bentuk digital melalui Posting, Foto, Video dan Media lainnya. Namun, terkadang butuh usaha yang keras untuk mengingat kembali masa lalu kita, kenangan, aktivitas, dan pengalaman-pengalaman lain yang telah kita alami. Dengan cara yang mudah diakses, sebuah aplikasi mobile baru yang disebut Fabric, dikembangkan oleh dua mantan engineer Facebook yang bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut.

Co-founder Arun Vijayvergiya dan Nikolay Valtchanov menghabiskan waktu beberapa tahun di Facebook, bekerja pada banyak produk yang menghubungkan social networks lebih dari satu miliar pengguna dengan masa lalu mereka. Vijayvergiya membuat versi pertama Facebook Timeline di sebuah hackathon, yang kemudian disebut Facebook Memories.

Selain menjadi engineer pertama pada Timeline, Arun juga bekerja pada proyek-proyek seperti Friendship Pages, Year in Review dan On This Day. Sedangkan Nikolay difokuskan pada integrasi Facebook dengan aplikasi mobile.

Setelah meninggalkan Facebook, keduanya bekerja pada berbagai proyek bersama-sama, namun kemudian kembali ke ide “Sebuah Jurnal Otomatis untuk Hidup Anda”.

Fabric App image 1

Arun, khususnya, terinspirasi untuk membuat sebuah proyek di bidang ini setelah menerima buku cetak tentang ayahnya yang dipenuhi dengan banyak cerita teman-teman ayahnya yang telah menuliskan tentang dia saat di Kampus.

“Ketika saya meninggalkan dunia ini, saya ingin meninggalkan sebuah cerita tentang diri saya, bukan untuk semua orang, tetapi untuk orang-orang yang peduli tentang cerita saya,” kata Arun. Mungkin sebuah buku seperti milik ayahnya, tetapi dalam bentuk digital.

Fabric, yang sekarang tersedia pada iOS, berfungsi untuk membuat cerita untuk anda secara otomatis sesaat setelah anda mendaftar. Fabric akan mengambil foto yang ada di Facebook, Instagram dan Camera Anda, kemudian memplot foto-foto tersebut dalam tampilan Peta. Di bagian samping, Timeline akan muncul, menunjukkan kapan anda mengambil foto-foto tersebut.

Fabric App image 2

Ketika proses “Import” selesai, Anda kemudian dapat menggesek untuk melihat jurnal harian Anda. Aplikasi ini melacak hal-hal seperti orang-orang yang telah anda temui, tempat-tempat yang anda kunjungi, dan momen-momen yang direkam dari hari itu, yang mana ditampilkan sebagai lingkaran berwarna-warni yang Anda dapat tekan saat dalam tampilan jurnal.

Fabric juga memiliki bagian Sosial, Jika Anda “Add” teman, maka aplikasi ini akan memulai pelacakan setiap kali Anda berdua hang out bersama.

Fabric App image 3

Kedepannya, tujuan apikasi ini adalah untuk memungkinkan pengguna dapat merekam apa saja yang mereka ingin ingat, entah itu catatan, lagu, atau apa pun. Dan mereka bekerja pada cara yang berbeda untuk membantu anda dalam memunculkan masa lalu anda yang berbeda dari cara Timehop pada Facebook yang memungkinkan anda mengingat kembali di hari yang sama satu tahun yang lalu atau beberapa tahun yang lalu.

Sebaliknya, Fabric akan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti “kapan terakhir kali saya melihat ibu ?,” misalnya.

“Dalam jangka waktu yang benar-benar panjang, kami ingin menjadi solusi memori yang kuat. Anda ingin dapat “mencari” melalui otak Anda pada suatu titik tertentu, yang kita pikir bahwa akan ada. Kami mencoba untuk mengambil langkah pertama ke arah itu, ” kata Arun.

Saat ini Arun dan Nikolay merupakan dua karyawan full-time di perusahaan yang mereka dirikan.


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.