Pengertian Expansion Card Komputer, Fungsi dan Hal Penting Lainnya

 Zhul Al Gray |  Update 18 March 2017 |   0 Comment
Pengertian Expansion Card Komputer, Fungsi dan Hal Penting Lainnya

Expansion Card (Kartu Ekspansi) adalah printed circuit board (papan sirkuit cetak) yang dapat disisipkan ke dalam electrical connector (konektor listrik), atau expansion slot (slot ekspansi) pada motherboard komputer, backplane atau kartu riser untuk menambahkan fungsionalitas ke sistem komputer melalui Expansion Bus.

Expansion Bus (bus ekspansi) adalah Bus komputer yang memindahkan informasi antara perangkat keras internal sistem komputer (termasuk CPU dan RAM) dan perangkat periferal. Expansion Bus merupakan kumpulan kabel dan protokol yang memungkinkan untuk ekspansi komputer.

Fungsi Expansion Card Komputer

Tujuan utama Expansion Card adalah untuk meningkatkan kemampuan yang ada pada motherboard. Penerapan Expansion Card meningkat dengan cepat di dunia komputasi karena memberi kemampuan untuk pengguna dalam menyesuaikan kinerja komputer.

Komputer pertama dengan kemampuan ekspansi, Altair-8800, diperkenalkan pada tahun 1975. Setela debut Altair-8800, Intel mulai memproduksi slot ekspansi dalam skala besar untuk digunakan di sektor korporat. Intel meluncurkan Slot PCI (Peripheral Component Interconnect) nya sebagai pengganti ISA (Industry Standard Architecture) pada tahun 1991. Kemudian diikuti oleh bus AGP (Accelerated Graphics Port) pada tahun 1997. Bus AGP dirancang khusus untuk video. Pada tahun 2005, kedua PCI dan AGP digantikan dengan PCI Express.

Jenis-Jenis Expansion Card pada Komputer

Expansion Card terdiri dari beberapa jenis, berikut diantaranya:

1. Video Card (Kartu Video)

pengertian expansion card komputer, video card

Juga dikenal sebagai graphic card, bertanggung jawab untuk menghasilkan gambar untuk tampilan visual seperti monitor komputer atau layar laptop. Meskipun semua motherboard memiliki grafis yang terintegrasi, namun Video Card khusus dapat menyediakan grafis berkualitas tinggi dan kecepatan yang lebih baik. Video Card dapat menyediakan fungsi seperti rendering grafis 3D dan 2D kualitas tinggi, kemampuan untuk terhubung ke TV dan kemampuan untuk menampilkan grafis di beberapa layar monitor.

Video Card khusus dilengkapi dengan RAM dan sistem pendinginan sendiri, sehingga mengurangi ketergantungan pada motherboard dan memberikan kekuatan pemrosesan yang lebih untuk digunakan hanya untuk tampilan dan pengolahan grafis. Video Card juga dapat membantu komputer secara keseluruhan untuk berjalan lebih cepat dan lebih efisien karena kurangnya daya RAM sistem yang diambil oleh tingginya permintaan program grafis.

2. Video Capture Card (Kartu Video Capture)

pengertian expansion card komputer, video capture card

Video Capture Card digunakan untuk memungkinkan komputer dalam mengkonversi sinyal video analog ke dalam bentuk data video digital. Banyak TV tuner card ganda sebagai video capture card, yang memungkinkan pengguna untuk merekam transmisi TV sementara sedang disiarkan dan ditonton.

Disertakannya video card khusus dalam suatu sistem sangat penting karena sirkuit yang dibutuhkan untuk mengkonversi video analog ke video digital merupakan sangat khusus dan berperforma tinggi. Data harus didigitalkan dan dimodifikasi untuk memperhitungkan perbedaan warna dan dikodekan ke format yang sama sekali berbeda, serta memisahkan aspek yang berbeda dari video komposit jika di-capture.

3. Sound Card (Kartu Suara)

pengertian expansion card komputer, sound card

Juga dikenal sebagai audio card, berhubungan dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan suara dan sinyal audio pada komputer yang berada di bawah kendali program. Termasuk memungkinkan aplikasi pada komputer untuk memutar musik, program yang mengedit video atau audio, perangkat lunak presentasi, perangkat game dan program jenis lain yang memainkan audio.

Kemampuan untuk memainkan suara seringkali diintegrasikan ke dalam motherboard komputer, namun itu bukan cara terbaik untuk mendapatkan suara berkualitas tinggi (high-quality sound). Sound card mengkonversi data suara digital ke dalam format analog, yang kemudian diteruskan ke perangkat eksternal yang dapat memutar suara seperti headphone atau speaker.

Sound Card juga harus mampu memproses beberapa suara pada saat yang bersamaan, memisahkannya menjadi chanel audio. Hal ini memungkinkan konfigurasi suara yang berbeda untuk diproduksi, seperti suara surround dan stereo sound. Sound Card modern yang menyediakan suara canggih campuran (advanced sound mixing) seperti kadang-kadang disebut sebagai Hardware Audio Accelerator dan dapat menyediakan fitur seperti positional audio dan 3D sound.

4. USB Card (Kartu USB)

pengertian expansion card komputer, usb card

USB Card digunakan untuk menyediakan port koneksi tambahan ke komputer dengan menghubungkan USB Card ke motherboard. USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus, dan merupakan jenis port yang paling umum ditemukan di komputer modern. Peripheral seperti printer, keyboard, flash drive dan mouse dapat ditempelkan ke komputer melalui port ini.

USB card diperlukan jika komputer tidak memiliki port USB, atau pengguna membutuhkan port USB yang lebih banyak untuk tujuan tertentu. Koneksi USB lebih cepat dalam transmisi data dan dengan cepat menjadi standar industri yang umum untuk komunikasi cross-platform.

5. Modem Card (Kartu Modem)

pengertian expansion card komputer, modem card

Modem card memungkinkan komputer untuk mengirim sinyal analog carrier dalam membawa informasi digital, dan mendekode kebalikan dari sinyal ini sebagai balasan untuk memperbanyak data digital asli. Cara yang paling umum untuk melakukan hal ini di masa lalu adalah dengan menggunakan sinyal listrik yang ditransmisikan melalui saluran telepon, meskipun sistem yang lebih modern seperti satelit, WiFi, ponsel dan modem mobile broadband juga menggunakan jenis komunikasi ini.

Modem nirkabel dapat tertanam dalam perangkat atau sebagai eksternal, dan dapat dikunci agar hanya menerima jenis sinyal frekuensi tertentu, misalnya hanya mereka dari satu penyedia jaringan tertentu.

Modem broadband modern tidak terbatas hanya menggunakan saluran telepon (dial-up), tetapi juga bisa menggunakan satelit, kabel televisi dan kabel listrik untuk mengirimkan sinyal data. Ini tentunya jauh lebih maju dari modem model “dial-up” lama, dengan transmisi data yang jauh lebih cepat dan jangkauan saluran yang tersedia diperluas untuk digunakan secara bersamaan.

Modem biasanya diklasifikasikan berdasarkan banyaknya data yang mampu ditransfer dalam waktu tertentu, umumnya bit per second (bps) atau byte per second (B/s), dan ukuran kecepatan ini dapat digunakan untuk membandingkan modem yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

6. TV Tuner Card (Kartu TV Tuner)

pengertian expansion card komputer, tv tuner card

TV tuner card adalah kartu yang disisipkan ke dalam komputer untuk memungkinkan perangkat dalam menerima sinyal televisi. Expansion card jenis ini biasanya berupa PCI, mini PCI atau PCIe, atau terkadang perangkat USB eksternal. Kebanyakan TV tuner card memiliki prosesor yang terintegrasi untuk mengurangi tekanan pada komputer.

TV tuner card dapat berupa analog atau digital tergantung pada jenis televisi yang pengguna ingin gunakan, dan ada banyak hybrid tuner yang mampu beralih di antara dua jenis ini. tuner card High-end sering memasukkan chip khusus untuk encode dan decode data yang ditransmisikan, namun kartu yang lebih kecil dan lebih murah kecil kemungkinannya untuk memiliki kemampuan ini karena dibutuhkan kekuatan tinggi untuk menjalankannya.

7. Network Card (Kartu Jaringan)

pengertian expansion card komputer, network card

Juga dikenal sebagai Network Interface Card atau LAN Adapter, adalah expansion card yang memungkinkan komputer untuk terhubung ke jaringan komputer seperti LAN (Local Area Network) atau WAN (Wide Area Network). Expansion card jenis ini sangat populer di komputer model lama, di mesin yang lebih modern hampir semua komputer memiliki network interface yang dibangun langsung ke dalam motherboard.

Hal ini terjadi karena lebih murah dan lebih nyaman untuk menggunakan koneksi standar Ethernet, yang mana mudah dipasang langsung dari motherboard dan tidak harus memerlukan expansion card terpisah lagi. Untuk alasan ini, network card jarang digunakan pada komputer model baru kecuali dalam keadaan khusus di mana berbagai jenis koneksi jaringan diperlukan.

Selain 7 jenis expansion card diatas, masih ada beberapa card yang lain diantaranya wireless card, storage card, firewire card, dan serial and parallel card.

 

KEMBALI KE ARTIKEL UTAMA

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.