13 Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak dan Tahan Lama

 Admin |  Update 12 April 2017 |   0 Comment
Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Di era digital saat ini, memiliki sebuah laptop merupakan hal yang penting, bahkan untuk beberapa orang laptop merupakan kebutuhan pokok. Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dan hiburan yang bisa didapatkan melalui laptop. Oleh karena itu, saat akan membeli laptop Anda harus memperhatikan spesifikasi laptop agar sesuai dengan kebutuhan Anda – cara merawat laptop agar tidak cepat rusak dan tahan lama.

Lalu setelah memiliki laptop, yang harus Anda lakukan adalah merawat laptop anda agar tidak cepat rusak dan tahan lama. Nah, untuk melakukannya berikut beberapa cara merawat Laptop agar tidak cepat rusak dan tahan lama.

1. Jangan Menaruh Sesuatu yang Berat di atas Laptop

Cara merawat Laptop yang pertama agar tidak cepat rusak dan tahan lama adalah tidak menaruh sesuatu yang berat di atas laptop. Menaruh sesuatu yang berat seperti beberapa buku di atas laptop merupakan ide yang buruk, hal ini bisa membuat hardware laptop rusak.

Misalnya karena beban yang berat, layar laptop akan bersentuhan dengan keyboard dengan keras sehingga akan menyebabkan goresan pada layar laptop.

2. Jangan Menaruh Laptop di Tempat yang Sempit

Cara merawat Laptop agar tidak cepat rusak dan tahan lama yang kedua adalah tidak menaruh laptop di tempat yang sempit. Anda sebaiknya menaruh laptop di tempat yang besar karena tempat yang terlalu sempit akan menimbulkan tekanan yang dapat merusak laptop.

Saat memasukkan laptop ke tempat tertentu misalnya ke dalam tas, sebaiknya jangan dipaksakan jika ruang untuk laptop tidak cukup.

3. Jangan Menaruh Laptop di Suhu yang Ekstrim

Cara merawat Laptop selanjutnya adalah memperhatikan dimana Anda menaruh laptop, apakah ada di tempat yang panas atau dingin. Anda sebaiknya menghindari menaruh laptop di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin karena ada beberapa komponen laptop yang sensitif terhadap suhu ekstrim.

Jangan juga menaruh laptop di tempat yang disorot sinar matahari secara langsung, atau jangan meninggalkan laptop anda di mobil saat parkir di bawah rerik matahari. Suhu yang direkomendasikan untuk laptop adalah 5-35 derajat Celcius.

4. Hindari Menaruh Medan Magnet di Dekat Laptop

Hindari menaruh barang-barang yang memiliki medan magnet di dekat laptop. Misalnya speaker tanpa pelindung (Unshielded Speaker System) atau handphone. Jika Anda menggunakan smartphone sebagai hostpot portable maka paling tidak jarak antara laptop dengan smartphone sekitar 15 cm.

5. Gunakan UPS Jika Anda Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

Saat Anda menggunakan laptop tanpa memasang baterai maka sebaiknya gunakan UPS. Uninterruptible Power Supply, atau disingkat UPS memiliki baterai yang dapat penyimpanan daya sehingga saat aliran listrik mati/terputus secara tiba-tiba maka UPS akan menyuplai daya sementara, dengan demikian anda bisa menyimpan dokumen yang sedang anda kerjakan dan mematikan laptop secara normal.

Saat ini, beberapa UPS sudah dilengkapi dengan stabilizer didalamnya sehingga bila aliran listrik di tempat anda tidak stabil maka UPS yang memiliki fitur stabilizer dapat menstabilkan aliran listrik yang masuk ke laptop.

6. Mematikan Laptop dengan Benar

Cara merawat laptop selanjutnya adalah matikan laptop dengan benar, jangan sering-sering matikan laptop dengan paksa, misalnya dengan melepas baterainya.

7. Hindari Permukaan yang Empuk saat Meletakkan Laptop

Saat menggunakan laptop, jangan diletakkan di tempat yang empuk (misalnya sofa, kasur, tumpukan baju, dan lainnya). Kerena bila Anda meletakkannya di tempat yang empuk maka akan menghambat sirkulasi udara pada laptop sehingga membuat laptop overheat.

8. Perhatikan Engsel Monitor

Jangan menutup laptop dengan terlalu keras, begitu juga sebaliknya, jangan membuka laptop terlalu keras karena dapat menyebabkan kerusakan pada engsel monitor.

9. Jangan Membongkar Laptop Sendiri, Kecuali Anda Seorang Teknisi Komputer

Bila Anda bukan seorang teknisi komputer, Jangan sekali-kali membongkar laptop anda sendiri. Sebaiknya, jika laptop rusak maka bawalah ke Service Center atau orang yang ahli memperbaiki laptop. Jika Anda membongkarnya sendiri, Anda mungkin akan melakukan kesalahan fatal dan laptop Anda mengalami rusak permanen alias tidak bisa diperbaiki.

10. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Game Berat

Kebiasaan buruk inilah yang sering dilakukan oleh pemilik laptop yang hobi bermain Game. Menggunakan laptop untuk bermain game berat dalam waktu yang lama dapat menyebabkan komponen di dalam laptop mengalami overheat. Selain itu, kebiasaan buruk tersebut salah satu penyebab baterai laptop anda cepat bocor.

11. Jangan Menaruh Minuman Terlalu Dekat dengan Laptop

Bila Anda menaruh minuman terlalu dekat dengan laptop dan minuman tersebut tumpah maka pastinya akan mengenai laptop. Minuman yang tumpah pada laptop dapat menyebabkan kerusakan permanen pada hardware di dalam laptop.

Hal ini disebabkan karena air merupakan musuh utama dari barang elektronik. Sebaiknya jauhkan minuman dari laptop Anda. Bila perlu, gunakan keyboard protector agar dapat mencegah resiko masuknya cairan pada celah-celah keyboard.

12. Pasang Screen Protector pada Layar Laptop dan Bersihkan secara Rutin

Disarankan untuk memasang screen protector atau pelindung layar untuk melindungi layar laptop dari cairan tertentu yang dapat merusak layar atau benda keras yang dapat menyebabkan goresan pada layar. Bersihkan layar laptop anda secara rutin dari debu-debu yang menempel dengan cairan dan lap khusus pembersih layar.

13. Jangan Sembarangan Men-Download dan Meng-Install Software yang Tidak Dikenal dari Internet

Cara merawat laptop yang terakhir adalah tidak men-download dan tidak meng-install software yang tidak dikenal dari internet. Men-download software yang tidak dikenal dari internet sangatlah berbahaya karena banyak hacker (Black Hat) yang menyebarkan Malware (Program jahat seperti Virus, Trojan, Spyware, dll) melalui internet dan menyamarkannya menjadi software tertentu yang dapat menarik minat pengguna komputer untuk mendownloadnya.

Sangat disarankan untuk meng-install Antivirus pada laptop dan lebih berhati-hati ketika men-download apapun dari internet. Gunakan Program Firewall untuk melindungi komputer anda terhadap serangan dari internet jika anda sering mengakses internet.


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.